[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: MENGUNGKAP RAHASIA APLIKASI PLAYSTORE - GOOGLE PLAY
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Senin, November 12, 2018

MENGUNGKAP RAHASIA APLIKASI PLAYSTORE - GOOGLE PLAY


pikiranku





Android saat ini merupakan teknologi terbarukan dan di daulat banyak orang sebagai raja dari segala smartphone yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Di dalam Android selain harganya yang cukup terjangkau dan akses yang mudah, murah bahkan gratis dibanding smartphone lainnya (misal Apple atau Blackberry) juga didukung oleh aplikasi pendukung yang cukup banyak dan ditampung dalam sebuah marketplace aplikasi berupa aplikasi Playstore atau google play. Aplikasi Playstore ( google play ) bisa dibilang adalah pusat dari segala aplikasi yang ada di Android, jika anda ingin menginstal sesuatu aplikasi haruslah menginstal lewat aplikasi Playstore atau google play.

Aplikasi Playstore (Google Play) adalah sebuah konten digital dari Google yang mewadahi / melingkupi toko online untuk produk seperti lagu/musik, aplikasi, buku, games, atau aplikasi lainnya berbasis cloud

Dengan kata lain aplikasi Playstore atau google play adalah sebuah tempat dimana aplikasi – aplikasi dan konten lainnya berkumpul untuk dapat diakses dan dinikmati oleh pengguna Android pada umumnya. Akses terhadap aplikasi Playstore (Google Play) ini cukup mudah karena biasanya dalams setiap smartphone Android anda sudah terpasang secara default aplikasi Playstore tersebut. 

Baca juga
Layanan aplikasi Playstore atau google play dapat dinikmati bukan hanya pada handphone Android saja, tapi juga mencakup media /perangkat lain seperti website, Android TV, dan tentunya Android itu sendiri.

Aplikasi google play atau playstore  pertama kali dikenalkan ke publik bermula dari adanya pengembangan Android oleh Google, sekitar tahun 2008 dengan nama Android Market. Kemudian pada 2009  hingga 2010 Android Market sebagai cikal bakal aplikasi Playstore mulai menambahkan dukungan pada aplikasi berbayar dan dimulainya Google Ebook Store di Android market. 

Sekitar tahun 2011 Google meluncurkan Google Music dan Android Market mulai memberikan fitur penyewaan film dan buku. Dikarenakan terlalu banyak aplikasi market dari Google mulai dari Android market, Google Music hingga Ebook, maka pada 2012 Google menggabungkan semua market tersebut ke dalam satu platform bernama aplikasi Playstore atau Google Play. 

Di peluncuran pertamanya aplikasi Playstore atau google play sudah menampung sekitar 450.000 aplikasi dan game yang siap didownload oleh pengguna.

Pengembangan yang dilakukan Google tidak berhenti sampai peluncuran aplikasi Playstore saja, namun dalam  aplikasi Playstore sudah bisa melakukan berbagai hal semisal  dari pembelian aplikasi, musik, buku, dan konten lainnya. 

Pengguna Android sekarang ini memang menggunakan google play sebagai pusat segala kebutuhan, bak seperti   toko online lainnya Apple AppStore atau Windows Store.

Diperkirakan saat ini sudah lebih dari 2 juta konten aplikasi tersebar di aplikasi Playstore, baik yang berbayar maupun yang gratis, itu belum termasuk konten lainnya seperti foto, film, musik, buku, dan lainnya. 

Untuk pengembangan sendiri Google senantiasa mengembangkan fitur aplikasi Playstore ke semua perangkat, bukan hanya handphone dan tablet tapi merambah ke perangkat lain seperti Android TV, Android Wear (Jam Tangan), Android Auto (Kendaraan) dan perangkat lainnya.

Cara Download Aplikasi Playstore - google play



 
 cara download  aplikasi playstore - google play
Sebelum pada inti tulisan ini, sebenarnya aplikasi Playstore atau google play pada dasarnya sudah terpasang pada masing – masing perangkat Android anda. Aplikasi Playstore ini sebenarnya  sudah terintegrasi secara default dengan aplikasi dari Google lainnya seperti Gmail, Gmaps, Google Drive, dan aplikasi sejenis. Aplikasi Playstore atau google play bisa dibilang aplikasi yang sama vitalnya dengan aplikasi tersebut sehingga memang menjadi bagian yang terpasang saat handphone baru dibeli.

Tanpa adanya aplikasi google play di handphone anda tentu sangat merugikan pengguna Android karena merupakan salah satu komponen penting dari sebuah Android. Sebab anda tidak dapat mendownload aplikasi lainnya yang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Playstore tersebut. 

Selain itu aplikasi yang berada di market dari aplikasi Playstore tidak akan  berjalan baik/normal apabila aplikasi Playstore tidak ada. Agar keadaan tersebut tidak terjadi, perlu bagi anda untuk mendownload aplikasi Playstore, dan ada tata cara yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut

    1. Langkah Sebelum Mendownload Aplikasi Playstore - google play

Persiapan untuk mendownload aplikasi Playstore atau google play sebenarnya sederhana saja, yakni persiapkan jaringan internet anda, apakah kuota anda terisi atau tidak. Selanjutnya lakukan persiapan pengaturan keamanan / security settings pada Android agar aplikasi Playstore dapat diakses nantinya di handphone Android anda (untuk cara ini kami bahas pada poin berikutnya)
   
    2.  Download APK Aplikasi Playstore - google play
Apabila persiapan pada langkah pertama sudah dijalankan, maka langsung saja anda mendownload aplikasi Playstore berupa apk file dari website resmi yang menyediakannya, langkahnya adalah sebagai berikut.
a. Buka website penyedia apk Android file, kami sarankan melalui website apkpure.com/m.apkpure.com karena terjamin dapat dipasang dan aman.
b. Cari aplikasi Playstore dengan mengetik “Playstore” atau “Google Play” kemudian jika sudah menemukan klik detail atau langsung download apk. 
c. Ikuti langkah selanjutnya, apabila ada notifikasi apakah ingin mengunduh apk ke handphone klik ok
d. Tunggu beberapa saat sampai file apk dari aplikasi berhasil didownload
 3.  Langkah Pasca Download Aplikasi Playstore - google play
    langkah selanjutnya ketika apk aplikasi google play sudah didownload adalah memasangnya ke handphone anda, untuk diaktifkan kembali agar berjalan seperti semula. Untuk teknis dari pemasangan ini akan dibahas pada poin berikutnya.

Catatan : cara download ini hanya berlaku jika aplikasi Playstore anda tidak terpasang dari handphone, hilang, atau terjadi error sehingga anda harus instal ulang aplikasi Playstore tersebut. Untuk kasus hilangnya aplikasi Playstore kami sudah membahas pada poin selanjutnya

Cara Mengatasi Aplikasi Playstore - google play yang Hilang

Cara Mengatasi Aplikasi Playstore - google play yang Hilang
Seperti telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa aplikasi Playstore atau google play merupakan hal vital dari sebuah handphone Android. Namun seringkali dijumpai handphone yang belum terpasang aplikasi Playstore atau hilang / terhapus dari handphone anda. Ada beberapa penyebab dari hilangnya aplikasi Playstore dari Android anda, antara lain dikarenakan kesalahan sistem Android, tidak sengaja terhapus, atau karena sebab lain sehingga aplikasi google play anda hilang dari sistem Android. 

Tentu saja hilangnya aplikasi google play merugikan dan mengganggu anda yang ingin menikmati segala aplikasi Android yang ingin dipakai atau dimainkan.

Namun anda tidak perlu khawatir atas hilangnya aplikasi Playstore ini, untuk mengatasi hal ini kami sudah merangkum beberapa cara untuk mendownload kembali aplikasi Playstore dan menggunakannya seperti biasa, berikut penjelasan lengkapnya(perlu diingat cara ini berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai cara mendownload aplikasi Playstore).
    
    1.  Ubah Pengaturan Pengamanan / Security Settings Android
Dikarenakan aplikasi Playstore tidak ada dan harus melakukan download dari pihak ke tiga (web dari luar), dan file berupa apk Android maka sebelum anda memasang aplikasi Playstore dengan cara mendownload dari internet, ubah pengaturan pengamanan aplikasi agar dapat melakukan instalasi aplikasi melalui pihak ke tiga / melalui apk ayng didownload. Langkah – langkanya adalah sebagai berikut :
a.   Buka Android anda, masuk ke menu settings / pengaturan Android
b. Pilih menu keamanan atau security (bisa berbeda tiap handhpone atau versi Android yang dijalankan)
c.   Pada bagian ‘Device Management’, aktifkan centang pada “unknown sources”, hal ini bertujuan untuk memberi izin bagi sumber aplikasi dari luar aplikasi Playstore (dari apk yang didownload)





d.Jika sudah aktif maka bisa langsung ke langkah mendownload aplikasi Playstore
     2.  Download dan Pasang Aplikasi Playstore
Jika anda sudah melewati cara pertama mengenai pengamanan aplikasi, anda perlu mendownload aplikasi Playstore di website yang sudah menyediakannya. Caranya tidak perlu kami jelaskan kembali karena sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Jadi langkah selanjutnya jika anda sudah mendownload aplikasi Playstore dan ingin mengembalikannya kembali anda perlu memasangnya dengan cara berikut ini:
a.  Buka file apk aplikasi Playstore atau google play yang telah anda download, biasanya terletak di folder downloads
b. Kemudian akan muncul dialog apakah anda ingin menginstal aplikasi atau tidak, jika iya klik install 

c.Tunggu proses instalasi hingga selesai, waktu instalasi tergantung dari jenis handphone Android anda.


d.  Jika proses instalasi telah selesai, anda bisa langsung membukanya dengan klik open
 





   3.  Login dan Buka Aplikasi Playstore - google play
Jika langkah download dan instalasi telah terlewati maka buka aplikasi Playstore (google play) yang telah terpasang, lakukan login apabila diperlukan dan buka aplikasi seperti biasa. Jika ada aplikasi lain yang bermasalah bisa lakukan instalasi ulang atau ada pengaturan lainnya bisa anda lakukan kembali





Perbedaan Aplikasi Playstore Gratis dan Pro




Perbedaan Aplikasi Playstore Gratis dan Pro
Jika pada poin sebelumnya sudah membahas mengenai bagaimana aplikasi Playstore berjalan dan bagaimana cara mengatasi error dan hilangnya aplikasi, maka pada poin ini kami membahas sedikit mengenai aplikasi Playstore gratis dan Pro. 
 
Perlu diketahui bahwa keberadaan Android yang bersifat free atau bahkan open source memungkinkan orang untuk mengembangkan software dengan bebas dan tidak melanggar hukum. Begitu juga pada aplikasi Playstore atau google play ini, banyak pengembang yang telah melakukan pengembangan terhadap Playstore sehingga muncul beberapa modifikasi (mod) dari aplikasi Playstore yang ada / beredar di website tertentu. 

Salah satu pengembangan aplikasi Playstore ialah aplikasi Playstore Pro yang memiliki fitur sedikit berbeda dengan Playstore biasa atau aplikasi Playstore gratis. Aplikasi Playstore Pro memiliki kesamaan dengan aplikasi Playstore biasa/gratis yaitu sama – sama berfungsi sebagai tempat mendownload aplikasi atau game dalam Android, namun pada Playstore Pro memiliki sedikit perbedaan antara aplikasi Playstore gratis, antara lain sebagai berikut:

·        Aplikasi Playstore Pro dapat digunakan untuk mendownload aplikasi berbayar di Playstore biasa tanpa perlu membayar (gratis), sedangkan aplikasi Playstore gratis mengharuskan anda membayarnya terlebih dahulu.

·        Aplikasi Playstore Pro memiliki ukuran yang lebih kecil dari aplikasi Playstore gratis,
·        

        Aplikasi Playstore Pro tidak dapat didownload melalui laman resmi dari Google melainkan disebar bebas bak burung terbang di internet, di website atau forum.

Untuk menggunakan aplikasi Playstore pro caranya adalah mendownload dari web/blog yang menyediakan, kami tidak menyediakan namun anda dapat mudah mencari dan mendownload dengan mencarinya dengan keywoard “Download Playstore Pro Terbaru”. Perlu diingat bahwa aplikasi Playstore Pro perlu dipasang bersamaan dengan aplikasi Playstore gratis, sehingga aplikasi Playstore gratis bawaan dari Google jangan dihapus.

Baik Aplikasi Playstore pro maupun aplikasi Playstore gratis sebenarnya memiliki fungsi sama yaitu untuk mendownload aplikasi/game untuk handphone Android. Namun anda perlu mengetahui mengapa PlaystorePro ini muncul dikarenakan keberadaan aplikasi berbayar dalam Playstore yang gratis yang tidak bisa dinikmati oleh pengguna tertentu, lalu apa yang membedakannya dengan aplikasi gratis (free), kami merangkumnya dalam poin berikut.

  1. Aplikasi berbayar Playstore sedikit iklan atau bahkan dibandingkan aplikasi free.
  2. Aplikasi berbayar Playstore memiliki banyak fitur yang bisa diakses dibanding aplikasi free
  3. Aplikasi berbayar tidak memiliki batasan waktu/jumlah penggunaan dibandingkan free.
  4. Aplikasi berbayar dalam Playstore menawarkan bonus bagi penggunanya dibanding aplikasi yang gratis (free).
Bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi Playstore pro tidak ada larangan karena semua itu legal, namun jika memang ingin tetap membayar dengan aplikasi Playstore yang biasa (gratis) juga tidak masalah, semua kami kembalikan kepada anda.

Contoh Aplikasi Playstore - google play Hemat Kuota

Dalam aplikasi Playstore atau  google play terdapat berbagai macam aplikasi yang tersedia di dalamnya, mulai dari aplikasi chating, games, multimedia dan lainnya. Dalam aplikasi Playstore terdapat aplikasi tertentu yang memerlukan akses internet untuk dapat menggunakannya. Akan tetapi seringkali aplikasi tersebut dalam penggunaannya sangat boros kuota internet sehingga cukup mengganggu bagi anda yang senang dengan hemat kuota internet atau tidak suka pemborosan.

Sebenarnya dalam aplikasi google play ini  sudah banyak aplikasi yang menjanjikan penggunaan kuota yang sedikit atau hemat kuota, sehingga kuota internet anda tetap aman meski digunakan setiap hari, kami membaginya ke dalam dua jenis yaitu Aplikasi pengemat kuota dan aplikasi dengan kuota minim.  

Keduanya tujuan sama namun memiliki cara yang berbeda, aplikasi penghemat kuota memiliki fungsi untuk menghemat kuota secara keseluruhan di smartphone, sedangkan aplikasi dengan kuota minim hanya menghemat kuota anda karena penggunaan kuota di aplikasi tersebut yang tergolong sedikit. Contoh aplikasi Playstore atau google play  hemat kuota akan kami sebutkan dalam poin di bawah ini:
     1.   Data Usage Monitor





pikiranku
Data Usage Monitor adalah sebuah aplikasi yang bisa melakukan monitor terhadap data internet anda, sehingga kuota tetap terjaga aman. Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu anda mengelola penggunaan kuota internet yang berlebih sehingga bisa diatur mana aplikasi yang perlu kuota lebih atau dikurangi kuotanya, aplikasi Data Usage Monitor dapat didownload melalui aplikasi Playstore secara gratis.
    1.   Datally
pikiranku

Aplikasi Playstore  besutan Google ini memiliki fungsi untuk menghemat kuota anda dengan cara melakukan kompres terhadap aplikasi yang banyak menyedot kuota.Menggunakan Datally akan menghemat kuota anda hingga 30% (klaim Google). Datally juga berfungsi sebagai pelacak penggunaan data, pengingat kuota, dan menentukan batas penggunaan kuota sehingga lebih hemat kuota.
    


     2.   Facebook Lite
pikiranku

Aplikasi Playstore dari Facebook ini adalah aplikasi Facebook dengan tampilan yang lebih sederhana dan gambar/video yang ditampilkan lebih minimalis sehingga tidak membebani kuota anda. Selain kuota yang dihemat, memori handphone Android anda pun akan dihemat dengan aplikasi ini.


    3.   Youtube Go




pikiranku

YouTube Go adalah aplikasi Playstore yang fungsinya sama dengan YouTube biasa namun dengan fitur pemilihan kuota untuk video yang akan diputar di YouTube Go, sehingga bisa diatur banyak sedikitnya kuota untuk video YouTube dan dapat menghemat kuota anda. Aplikasi ini dapat anda download di aplikasi Playstore secara gratis.

     5.   Opera Mini




pikiranku

Opera Mini memang sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi perambaan / web browser terbaik dengan penggunaan kuota yang sedikit. Pada Opera Mini terdapat dua fungsi utama yaitu pengaturan penghematan untuk video, gambar, juga teks. Fungsi utama lainnya adalah kita bisa memblok iklan pada browser. Sehingga penggunaan kuota di Opera Mini bisa dibilang minim jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Dengan segala manfaat ini Opera Mini yang hemat kuota ini dapat anda akses dan download secara gratis melalui aplikasi Playstore atau google play.

Sebenarnya masih banyak jenis aplikasi Playstore lain yang bisa dipakai untuk hemat kuota atau hemat kuota secara langsung, namun kami tidak bisa menyebutkan satu per satu dan anda juga dapat mencari sendiri melalui aplikasi Playstore atau cari lewat Google untuk informasi lebih lanjut.

Demikian tulisan kami mengenai aplikasi Playstore, semoga bisa menjadi bahan informasi dan bermanfaat bagi anda. Gunakanlah fasilitas aplikasi Playstore secara bijak dan benar agar bermanfaat bagi anda dan orang lain.

Baca juga

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...