[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: MEMBONGKAR BAHAYA RADIASI HP
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Senin, Oktober 22, 2018

MEMBONGKAR BAHAYA RADIASI HP


Oleh : Ilyas Ahmad



pikiranku
Di zaman modern sekarang ini, telepon genggam atau smartphone atau orang menyebutnya hp sudah sering dijumpai di masyarakat, hp sekarang ini adalah bagian dari kehidupan mereka sehari – hari.

Pagi siang malam selalu ada hp menemani aktivitas kita, misalnya jika anda seorang pegawai kantor hp berfungsi untuk mencatat jadwal – jadwal kantor, dokumen, dan hal lainnya mengenai pekerjaan, atau bagi anak muda sebagai media berkreasi misalnya membuat konten – konten melalui jejaring sosial, atau orang – orang lain membaca berita, skor bola, mendengarkan musik dan melihat video di internet melalui perangkat ini, hp sekarang ini sudah menjadi hal yang penting  bagi seseorang dan tidak bisa lepas dari genggaman.

hp memang bermanfaat bagi manusia, namun bukan berarti tidak ada bahaya yang ditimbulkan oleh hp, misalnya mengganggu konsentrasi apabila digunakan saat berkendara, atau mengganggu kecerdasan seseorang karena terlalu sering bermain hp dan mengurangi minat baca. Namun bukan itu bahaya yang akan kami bahas disini,  ada bahaya besar dari penggunaan hp yang perlu diingat oleh setiap orang yang menggunakan, yakni radiasi hp.

Bagi anda pernah mendengar kata istilah bahaya radiasi. Mungkin anda mendengar istilah ini ketika melihat film atau berita mengenai ledakan nuklir atau bom atom. Radiasi sejauh orang kenal adalah hal yang mengakibatkan sesuatu buruk yang menimpa seseorang akibat ledakan atau sesuatu yang menyebabkan radiasi itu.

Radiasi hp dalam kenyataan penggunaan memiliki bahaya radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia apabila penggunaannya tidak digunakan secara baik. 

Baca juga

Bukan radiasi nuklir atau sinar gamma seperti yang di film – film, pada radiasi hp ada beberapa bahaya yang menimpa pada radiasi ini, cirinya, penyebab serta efek dari radiasi ini. Semua sudah kami rangkum dalam ulasan di artikel berikut ini, yang kami rasa cukup bermanfaat apabila anda memperhatikan poin – poin mengenai bahaya radiasi hp berikut.

1.  Apa Itu Radiasi HP

pikiranku
Sebelum mengetahui tentang radiasi hp, sedikit kami jelaskan mengenai apa itu radiasi secara umum. Radiasi adalah merupakan perambatan energi dari sumber energi ke lingkungannya tanpa membutuhkan panas, misalnya perambatan panas, cahaya dan induksi radio.

Radiasi hp yang dihasilkan dari ponsel merupakan hasil radiasi gelombang elektromagnetik, yang merupakan hasil dari transmiter yang ada dalam ponsel (transmiter adalah alat perubah suara menjadi gelombang yang kemudian dipancarkan keluar melalui antena) gelombang ini dialirkan melalui udara sekitar.

Gelombang radio inilah yang menimbulkan radiasi elektromagnetik. Apabila anda terlalu sering memakai ponsel anda tentu otomatis akan terkena bahaya radiasi hp melalui gelombang elektromagnetik yang dipancarkan tadi.



 
Handphone pada dasarnya adalah sebuah radio yang mengirimkan signal dalam bentuk gelombang ke stasiun pemancarnya, pancaran sinyal ini disebut radiasi hp.

Sinyal yang dikirim membentuk semacam medan magnet pemicu radiasi hp. Organisme hidup, juga menghasilkan medan elektromagnetik secara alami. Medan magnet pada hp dapat memengaruh medan elektromagnetik tubuh/organisme sehingga memiliki dampak apabila hp dipakai terus menerus akan berbahaya bagi kesehatan tubuh, medan magnet inilah yang menjadi penyebab dari radiasi hp.

Secara sederhana radiasi hp merupakan pancaran gelombang elektromagnetik dari pemancar di hp ke tubuh manusia yang menggunakannya.

Pada dasarnya gelombang yang dipancarkan hp ke manusia bervariasi, angka 1900 Mhz (Megahertz) adalah frekuensi umum yang dipakai hp sekarang ini, apabila menggunakan teknologi 4G maka frekuensi yang dipakai juga lebih besar.

Perlu diingat radiasi hp berbeda dengan radiasi yang dihasilkan oleh sumber radioaktif seperti sinar Gamma atau X- Ray, radiasi hp hampir sama dengan radiasi yang dipancarkan radio atau televisi, namun sama – sama akan diserap oleh tubuh.

2.  Penyebab Terjadinya Radiasi hp



   

pikiranku
Pada poin sebelumnya telah kami jelaskan sedikit mengenai radiasi hp secara umum, pada poin kali ini kami akan bahas mengenai penyebab dari radiasi hp itu sendiri.

Pada dasarnya hp merupakan perangkat elektronik dan selular yang memiliki komponen – komponen yang mendukung teknologi selular tersebut. Salah satu komponen utama dari hp yang menjadikan sebuah hp berfungsi ialah transmiter.

Transmiter adalah sebuah alat berupa pemancar kecil yang berguna untuk memancarkan gelombang radio (ponsel menggunakan gelombang radio seperti halnya tv atau radio) yang dipancarkan dari atau ke hp.



 

Pada perkembangan teknologi hp sekarang ini kebanyakan menggunakan transmisi jenis GSM (Global System Mobile) yang mana frekuensi yang dihasilkan dari teknologi jenis ini bervariasi antara 800 sampai 3000 Mhz.

Pada perkembangan selanjutnya teknologi transmisi ini berkembang ke teknologi GPRS, 3G, 4G dan LTE, dimana teknologi itu kebanyakan menggunakan frekuensi di atas 1000 Mhz, atau dengan frekuensi 1900 Mhz (pada jenis 3G/4G), walaupun teknologi berkembang mengenai jenis frekuensi, semuanya memiliki andil dalam memunculkan radiasi hp.

Berdasarkan jenis gelombang di atas, menjadikannya sebagai penyebab utama dari radiasi hp yang terjadi pada manusia.

Secara garis besar, energi total yang diserap dari radiasi hp di dalam tubuh manusia adalah tergantung beberapa hal antara lain :

1.  Frekuensi dan panjang gelombang medan elektromagnetik.
2.  Polarisasi medan Elektromagnetik.
3.  Konfigurasi (seperti jarak) antara badan dansumber radiasi hp.
4.Keadaan paparan radiasi, seperti adanyabenda lain di sekitar sumber radiasi hp seperti logam atau plastik.
5.Sifat-sifat elektrik (listrik) tubuh (konstandielektrik dan konduktivitas). Hal ini sangattergantung pada kadar air di dalam tubuh, jika tubuh memiliki banyak air maka radiasi hp akan lebih cepat/banyak terserap.

Berdasarkan 5 faktor di atas, yang menjadi faktor utama dari penyebab terjadinya radiasi hp ialah frekuensi dan panjang gelombang yang ditransmisikan oleh pemancar pada hp. Semakin tinggi frekuensinya maka semakin besar radiasi hp terserap oleh tubuh manusia sehingga  berpotensi serius menimdulkan dampak bagi kesehatan.

3.  Efek Radiasi hp Pada Manusia

Sebagai pengguna aktif ponsel dan berdasarkan penjelasan pada poin di atas, tentu ada efek yang dirasakan oleh manusia apabila menggunakan handphone terlalu sering sehingga terkena efek radiasi hp.

Efek radiasi hp kami bagi menjadi dua bagian besar, yakni efek psikologis dan efek fisiologis atau efek fisik. Untuk efek psikologis dari radiasi hp adalah sebagai berikut :

Timbul Stress



 
pikiranku

Efek Radiasi hp dipengaruhi salah satunya dengan adanya konten pada ponsel. Ini akan mempengaruhi diri seseorang secara psikis, dan hal yang paling umum terjadi berupa  stress.

Gangguan Konsentrasi



 
pikiranku
Apabila radiasi hp terjadi terlalu sering dalam waktu singkat akan mengurangi konsentrasi seseorang sehingga daya ingat pada otak akan menurun. Berbeda dengan membaca, pada penggunaan hp akan memunculkan radiasi hp pada bagian otak sehingga otak terpapar radiasi sehingga konsentrasi seseorang akan terganggu.

Gangguan Psikis Lainnya

Selain gangguan konsentrasi dan stress, pada beberapa kasus muncul adanya gangguan psikis, terutama pada anak yang menjadi hiperaktif karena bahaya radiasi hp lebih berbahaya pada anak dibandingkan orang dewasa.

Adapun Efek fisik karena radiasi hp adalah sebagai berikut :
a.   Insomnia dan gangguan tidur



 

pikiranku

Jika seseorang sering menggunakan ponsel pada malam hari, kebanyakan kasus terjadi insomnia (gangguan tidur) dikarenakan paparan efek radiasi hp.

Cahaya yang terang dan gelombang elektromagnetik penyumbang utama dari radiasi hp pada malam hari akan mempengaruhi diri seseorang sehingga terjadi gangguan tidur ini. Pada kondisi tidak terlalu parah gangguan tidur bisa terjadi pada seseorang, misalnya tidur tidak nyenyak atau terlalu larut malam.

b.   Sakit Kepala



 
pikiranku

Efek radiasi hp pada kadar tertentu bisa menyebabkan pusing di kepala seseorang, karena penggunaan hp di dekat kepala entah itu saat menelpon atau menatap langsung pada jarak yang terlalu dekat. Radiasi hp / gelombang elektromagnetik pada hp bisa menyebabkan pusing sama seperti radiasi hpyang memicu insomnia.

c.   Vertigo



 
pikiranku

Vertigo adalah kondisi seseorang dimana seseorang merasa sekelilingnya berputar - putar, bisa disebut pula halusinasi berputar atau ilusi bergerak.

Pada kondisi seperti ini bisa dibilang lebih parah dari sekedar pusing biasa, seseorang dengan vertigo harus mendapat penanganan serius. Radiasi hp adalah salah satu penyebab hal ini dikarenakan sedikitnya hormon melatonin dikarenakan terhambat oleh adanya radiasi hp tersebut.

d.  Gangguan reproduksi



 
pikiranku
Baik pada laki – laki ataupun wanita, penggunaan ponsel berlebihan akan mengganggu organ reproduksi. Radiasi hp terlalu sering berbahaya bagi tubuh dan dapat mengganggu produksi sperma pria atau sperma yang abnormal. Pada wanita radiasi hp cukup berbahaya apalagi bagi wanita hamil yang dapat melahirkan anak – anak dengan masalah perilaku seperti hiperaktif.

Belum ada bukti Ilmiah memicu kanker



 
pikiranku

Dalam beberapa pembahasan di artikel, penelitian, dan blog terdapat spekulasi bahwa radiasi hp berlebih dapat mengakibatkan kanker, entah itu leukimia, kanker otak, tumor, atau jenis kanker lainnya.

Belum ada pembuktian ilmiah hingga saat ini yang pasti membuktikan bahwa kanker dapat muncul karena efek radiasi hp.

Penyebab kanker sendiri banyak namun tidak dapat dipastikan karena hanya efek radiasi hp. Selebihnya para ahli kesehatan berpendapat bahwa efek radiasi hp berlebih dapat menimbulkan panas pada tubuh/ anggota tubuh tertentu.

Masih banyak efek yang terjadik akibat radiasi hp, namun kami tidak bisa menjelaskan lebih detail, intinya banyak hal buruk yang terjadi apabila sering menggunakan HPtanpa terkontrol sehingga mudah terpaparradiasi hp.

4.  Ciri – ciri Orang Terkena Radiasi hp

Sebenarnya pada diri sendiri tidak ada ciri khusus bagaiamana seseorang terkena radiasi hp, namun bila dikaitkan dengan efek yang menjangkiti seseorang akibat terkena radiasi hp, dapat kami rangkum dalam beberapa ciri berikut (sesuai jenis efek/penyakit yang ada) :

a.   Kepala mudah pusing (penyakit sakit kepala)



 
pikiranku

Apabila efek sakit kepala menjangkit anda akibat terkena radiasi hp, maka mudah pusing bisa jadi menjadi ciri awal dari gejala sakit kepala akibat radiasi. Biasanya pusing terjadi disertai oleh kepekaan terhadap suara dan cahaya.

Ciri ini bisa disebabkan oleh paparan radiasi hp / gelombang elektromagnetik dari hp yang menjangkit anda apabila menggunakan ponsel berlebihan.

b.   Mual – mual (penyakit sakit kepala)



 
pikiranku
Sakit kepala yang terjadi akibat radiasi hp juga memiliki ciri mual – mual pada seseorang. Mual pada seseorang ini bisa menandakan sakit kepala jenis tension (sakit kepala saat stress) atau cluster (sakit kepala disertai keluhan pada mata).

c.   Tidak bisa tidur (insomnia)



 

pikiranku

Pada efek insomnia akibat radiasi hp diawali dengan ciri tidak bisa tidur pada seseorang, sering terjadi di malam hari dan mengakibatkan kurang konsentrasi atau fokus pada seseorang di siang hari.

d.  Mudah marah (stress)



 
pikiranku

Apabila stress menjangkit anda biasanya diawali dengan mudah marah kepada orang lain, bisa jadi dikarenakan karena paparan radiasi hp mempengaruhi otak anda sehingga bisa terjadi stress yang dibarengi dengan gejala mudah marah.

e.   Tubuh lemas/kelelahan



 
pikiranku
Tubuh yang menerima paparan radiasi hp terlalu sering, akan mempengaruhi kondisi tubuh karena pengaruh gelombang elektromagnetik dari hp pada sel tubuh sehingga tubuh sering lemas, lelah bahkan mungkin anda bisa sering pingsan dikarenakan hal tersebut.

f.    Sering lupa



 
pikiranku

Hal ini berhubungan dengan paparan radiasi hp pada otak yang mempengaruhi sel pada otak anda, sehingga orang mudah lupa akan kejadian yang barusan terjadi pada dirinya sendiri.

g.   Ciri lainnya
Untuk ciri lainnya kembali lagi pada penyakit yang menjangkit atau efek yang terjadi akibat radiasi hp. Jika penyakit itu merupakan penyakit serius seperti kanker, hendaklah tidak mengaitkan langusng dengan radiasi hp karena bukan itu saja penyebabnya.

Apabila itu memang gangguan reproduksi pasti ada hal – hal berkenaan dengan organ reproduksi yang tidak beres dan dapat dirasakan oleh seseorang, semua kembali ke penyakit atau efek akibat dari radiasi hp tersebut.

5.  ALAT PENANGKAL RADIASI HP



 
pikiranku
Mengingat bahaya dari radiasi hp yang cukup besar, banyak orang atau pihak yang berusaha menangkal atau mengurangi bahaya dari radiasi ini karena sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi, tetapi di pasaran hanya terdapat satu alat yang bisa digunakan untuk menangkal adanya radiasi hp, alat itu kebanyakan adalah stiker radiasi.

Stiker anti radiasi yang biasa dipasaran bermanfaat untuk menetralisir partikel radiasi yang ada. Stiker yang biasa dijual di website e-commerce atau forum jual beli online ini dikatakan memiliki beberapa material yang dapat menetralisir dan menangkal adanya radiasi hp anda.

Caranya pun cukup mudah dengan menempelkan stiker tersebut ke salah satu bagian HP, misal casing belakang atau baterai, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak gelombang elektromagnetik yang ada dalam HP, harganya pun cukup terjangkau (berkisar 50 ribu hingga 300 ribu rupiah).

Stiker anti radiasi hp‘sebenarnya’ tidak mengurangi radiasi hp



 

pikiranku

Meskipun kelihatannya stiker ini mudah penggunaannya, namun di beberapa negara eropa hal ini justru diragukan bahkan dihindari penggunaannya karena berifat useless atau tidak memiliki manfaat dalam menangkal radiasi hp. Pada pengujian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Perancis (ANSES), penggunaan stiker ini sama sekali tidak memberikan dampak berarti pada pengurangan bahkan penangkal terhadap bahaya radiasi hp yang ada dalam pengujiannya.

Dengan kata lain penggunaannya sama sekali tidak ada efeknya., Apakah anda tetap akan membeli alat ini, percaya atau tidaknya kami kembalikan ke anda.

Namun sebenarnya ada beberapa cara pencegahan (bukan alat) yang dapat dilakukan oleh seseorang yang bisa mengurangi bahaya radiasi hp. Misalnya menghindari penggunaan hp berlebihan, menjauhkan ponsel dari kepala, gunakan ponsel dengan kadar radiasi rendah, menghindari anak – anak dalam menggunakan hp, serta beberapa cara lain yang dapat mengurangi/mencegah bahaya radiasi dari hp.

Kesimpulan :

Sejatinya hp sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari, dan tidak dapat dilepaskan dari seseorang sekarang ini. Namun kita harus tahu bagaimana dampak buruk alat ini lebih – lebih jika digunakan terlalu berlebihan, alangkah baiknya jika ponsel yang digunakan seperlunya sesuai kebutuhan.

Baca juga


Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...