[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: TIPS MEMBUAT WEBSITE BISNIS ANDA BEKERJA
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Monday, October 31, 2016

TIPS MEMBUAT WEBSITE BISNIS ANDA BEKERJA

Pikiranku
Bisnis online sudah menjadi buah bibir sejak 1 dasawarsa terakhir. Semenjak berkembang pesatnya dunia digital, maka mau tidak mau telah menyeret pelaku-pelaku bisnis untuk terjun menekuni model pemasaran online ini dengan membuat website bisnis. 


Menariknya, banyak teman reriungan saya berkata bahwa website bisnis mereka tidak bekerja dan mereka  tidak memperoleh sesuatu dari website itu.

Baca juga
Rahasia Strategi Pemasaran Online Paling Ampuh
 
Titik masalah ini sederhana saja, sebetulnya terletak pada  desain website itu, apakah penampilannya baik dari segi isi maupun tampilannya  cukup memukau  bagi pengunjung sehingga mampu  mendorong mereka berbuat sesuatu seperti yang anda inginkan. 


Secara ringkas untuk membuat website bisnis anda bekerja keras, maka ada 7 pertanyaan dasar yang tidak boleh anda lewatkan   :
   
#1) Apakah website yang anda miliki tampilannya berkesan profesional? 

Penampilan website adalah saluran yang secara tidak langsung memberi citra kepada diri anda, apakah anda tipikal orang profesional atau tidak. 

Ciri khas utama sebuah website profesional dapat dilihat  dari ada tidaknya fitur pendukung di dalamnya. Biar berkesan profesional website bisnis anda wajib memuat 10 macam fitur pendukung, yaitu  
  • Fitur sosial media (facebook, twitter, linkedin)
  • Fitur halaman kontak
  • Fitur halaman pencarian
  • Fitur Keamanan Pembayaran
  • Fitur Pembayaran online
  • Fitur bookmark untuk berlangganan
  • Fitur online chat
  • Fitur term of service
  • Fitur menu
  • Fitur halaman komentar
  • Fitur halaman FAQ
  • Fitur halaman about (diri penulis) 
Lihat juga
Rahasia Menulis Gila  
#2) Apakah website bisnis anda menyediakan konten yang  apa adanya ?


Orang-orang yang datang bertamu  ke website bisnis anda tentunya bukan sekedar jalan-jalan tanpa tujuan.  Mereka ingin membaca  informasi menyangkut bisnis Anda. Jadi sajikan konten yang benar-benar berhubungan dengan produk yang anda tawarkan sedetail mungkin
 
Misalnya, jika website bisnis anda menawarkan produk bubuk kopi maka selain menuturkan  apa manfaat produk kopi itu, berikan juga informasi tambahan tentang resep membuat kopi yang enak.

#3) Apakah website bisnis anda membuat mudah  orang untuk menghubungi anda  ? 

Sangatlah bodoh kalau anda selaku pebisnis sampai tidak membuat halaman mandiri yang mencantumkan nomor telepon  atau alamat email anda. Ini sama halnya dengan bunuh diri. 

Jadi pastikan website bisnis anda  memiliki informasi kontak yang lengkap, termasuk alamat rumahnya. 

#4) Apakah website bisnis anda menyediakan pilihan pembayaran secara online secara memadai bagi pelanggan ?

Terkadang kegagalan terjadinya sebuah transaksi online dipicu karena masalah sepele soal cara pembayaran. Bisa anda bayangkan bagaimana repotnya melakukan transaksi pembayaran dengan  harus bolak-balik ke bank sedangkan saat bersamaan ada urusan lain yang mesti diselesaikan juga.

Jadi jika anda ingin orang  membeli produk Anda maka anda harus membuatnya semudah mungkin bagi mereka.  Pastikan bahwa di website bisnis anda menyediakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit atau  pilihan pembayaran online lainnya 
 
#5) Apakah website bisnis anda cukup aman untuk melakukan transaksi pembayaran secara online ?

Bertransaksi secara online, muaranya ditutup dengan melakukan aksi pembayaran tunai. Tapi muncul suatu keraguan, apakah cukup aman melakukan pembayaran secara online, jangan-jangan rekening kita yang dibobol.

Untuk itu saya bagikan tips mengenali ciri-ciri website bisnis yang sudah dilengkapi dengan fasilitas kemanan.
  
  • Salah satu ciri utama website bisnis yang aman adalah telah dilengkapi dengan sertifikat SSL. Tanda-tandanya,  mempunyai tampilan  sebagai berikut: https://url.com/. Huruf “s” kecil yang ditulisan https berarti secure atau aman.  
  • Ciri khas lainnya  yaitu adanya tanda gembok di sisi kiri alamat website yang terpampang.  
  •  
#6) Apakah anda melakukan optimasi website untuk mesin pencari ? 

Sekarang website bisnis anda sudah menampilkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Lantas sudahkah anda menunjukkan jalan bagi calon konsumen yang mengarah website bisnis Anda?  
 
Pertanyaan yang sangat bagus, bagian yang kita bicarakan ini,  point pentingnya seberapa mudahnya   mesin pencari menemukan  website bisnis anda. Adakah websitenya berada di halaman 1 mesin pencari ?  

Baca juga
Panduan optimalkan konten blog untuk pembaca dan mesin pencari

Kunci jawabannya adalah key word (kata kunci), buatlah judul artikel dengan menggunakan kata kunci yang tepat, di cari banyak orang namun memiliki tingkat persaingan yang rendah. Jangan lupa juga memperhatikan tingkat kerapatan keyword tersebut di dalam artikel yang anda tulis.

Tentang bagaimana mencari kata kunci yang tepat tersebut, dapat anda baca pada artikel sebelumnya yang sudah saya ulas secara mendalam.

Baca juga
 
#7) Apakah website bisnis sudah terintegrasi ke media sosial ?


Kehadiran berbagai situs media sosial masa sekarang ini  semakin memperkokoh pengakuan keberadaan  bisnis Anda. Takarannya dapat dilihat dari banyak sedkitnya jumlah tweet atau like yang menyukai website bisnis anda. Ini akan secara tidak langsung   mempengaruhi peringkat website  bisnis di mata mesin pencari.


Semakin tinggi peringkat suatu website baik secara global maupun regional indonesia maka berpeluang untuk menempati halaman 1 mesin pencari.  Itu berarti website bisnis anda siap-siap akan kebanjiran pengunjung bak banjir bandang.
 

Kesimpulan


Tujuan dari dibuatnya website bisnis tak dapat disangkal lagi adalah untuk menyediakan konsumen  potensial bagi bisnis anda.   Untuk itu  sejatinya  anda mampu menjawab  tujuh pertanyaan seperti yang dituturkan sebelumnya secara memuaskan.  

Jika itu benar terjadi, maka saya cuma dapat berkata selamat,  website bisnis anda sudah mulai bekerja mencetak uang bagi anda.   

See Also
7 Steps Make You Website Business Work 



Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...