-->

Selasa, Oktober 11, 2016

PANDUAN MENCARI KATA KUNCI MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS

mencari kata kunci
Luar biasa, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan keheranan akibat peningkatan rangking yang cukup drastis dari blog ini dari awalnya sejak di buat cuma menduduki rangking 28 juta, seminggu kemudian naik menjadi 13 juta dan minggu berikutnya lagi menjadi 7 juta. 

Kenapa bisa ? 

Apa itu kata  kunci 

Para pakar SEO memberi arti kata kunci atau keyword  sebagai kata-kata yang sering dipakai orang dalam mencari sesuatu di search engine semisal google.

Lebih sederhananya coba perhatikan screenshot berikut 

Pada bagian form pencarian diisi 1 atau beberapa kata untuk pencarian otomatis, maka itulah yang dimaksud kata kunci. 

Baca juga
Cara Sederhana Optimalisasi Kinerja Blog 
 
Kata kunci tersebut bisa saja panjang (long tail keyword) atau juga pendek (2-3 kata saja), tergantung apa kepentingan tiap orang.
 
Cara Pakai Google Adwords 

Fasilitas google adwords merupakan salah satu produk bawaan google, yang sebenarnya untuk membantu seseorang  membuat iklan  di google dengan jumlah pencarian kata kunci terbanyak.

Apakah saya harus beriklan dulu ? 

Oh tidak, fasilitas ini bisa juga digunakan bagi blogger yang tidak berminat untuk beriklan. 

Apa kelebihan menggunakan google adwords  ini ? 

Sebenarnya untuk urusan cari mencari kata kunci tidak hanya google adwords, ada banyak tool yang mempunyai fungsi serupa google adwords, semisal ahref.com. Tapi sayangnya berbayar, sudah begitu jumlah kata kunci yang diijinkan untuk di cari cuma 2- 5 buah.

Berbeda dengan Google adwords yang tidak membatasi jumlah pencarian kata kunci, sobat bebas sesuka-sukanya mencari kata kunci apa saja. Perkara SERP atau tidak kata kunci itu, itu urusan lain lagi.

Bagaimana menggunakan google adwords ini ?
 
Sebelum menggunakan fasilitas google yang satu ini terlebih dahulu anda harus register membuat account walaupun mungkin sebelumnya anda telah mempunyai account pada google. 

Hal ini di sebabkan fasilitas yang satu ini penggunaannya adalah untuk  pemasangan iklan di google dengan konsekwensi pembayaran. alias tidak gratis. Tahap-tahapannya adalah sebagai berikut :
  • Masuk pada account google adwords  yang anda telah buat sebelumnya.Bagi yang sudah terdaftar di account google maka otomatis akan diarahkan sign ini ke form account google.
  • Pilih menu alat di bagian pojok kanan atas dan selanjutnya klik  perencana kata kunci, lanjutkan  
  • Isi form di bagian produk dan layanan anda dengan kata kunci yang rencana akan di bidik, bisa satu atau lebih kata kunci dengan dipisahkan koma. 
  • Masih di form yang sama, klik dapatkan ide yang ada di pojok sebelah kanan
 

  • Akan muncul hasil pencarian kata kunci itu di bagian bawahnya. Perlu diketahui jumlah itu adalah jumlah banyaknya pengunjung yang mencari kata kunci melalui search engine dan bukan menunjukan posisi SERPkata kunci di mesin pencari. Kata kunci dianggap bagus jika memiliki jumlah pencarian yang tinggi tapi dengan tingkat persaingan yang rendah
Kesimpulan 

Google adwords adalah fasilitas yang sangat membantu para blogger untuk mencari kata kunci yang tepat. Berapa pun jumlah kata kunci yang ingin di cari, tool yang satu ini akan selalu siap melayani, tanpa dibayar sepeserpun

Berbeda dengan tool pencari kata kunci lainnya, jumlah kata kunci dicari di patok hanya 2 - 5 buah. Lebih dari angka tersebut, sobat diwajibkan untuk bayar.  

Baca juga
Bagikan artikel ini