[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: TIPS PARA AHLI UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Tuesday, September 13, 2016

TIPS PARA AHLI UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

Pikiranku
Menjadi langsing adalah idaman hampir sebagian besar wanita di kolong langit ini. Seolah-olah itu hal yang tak bisa  di tawar-tawar lagi dan merupakan harga mati yang perlu diperjuangkan.

Saking kepincutnya ingin menguruskan badan biar tampak langsing, banyak cara yang dipilih dan dilakukan untuk menurunkan berat badan agar bisa tampil memukau dengan body yang langsing aduhai.


Mulai dari menegak obat-obat pelangsing sintetis kendati itu nyawa taruhannya, sampai dengan menegak jenis obat herbal.

Kenapa kaum hawa getol sekali ingin langsing ?

Hasil penelitian yang terangkum di beberapa jurnal mengatakan bahwa ada hubungan erat antara berat badan dengan tingkat percaya diri seseorang.

Artinya, semakin naik berat badan seseorang maka saat bersamaan rasa percaya diri kaum wanita ini akan semakin turun.

Penyebab berat badan naik 

pikiranku
Naiknya berat badan sebenarnya akibat kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak terbakar habis. Musababnya, akibat gerak tubuh yang dilakukan oleh seseorang hanya sedikit malah cenderung hampir tidak ada sama sekali.

Para pakar gizi menyebutkan 1 porsi piring nasi putih secara rata-rata  beratnya 100 gram mengandung  kurang lebih kalori 175 kkal.

Jadi kalau dalam sehari anda makan sebanyak 3 kali, berarti ada 300 kalori yang masuk ke tubuh. 

Belum lagi dengan kalori dalam lauknya, misal nasi putih tambah telur, sate ayam, maka jumlah kalori bisa mendekati 900 kkal.

Jadi sangat mustahil ada berat badan yang naik hanya 1 hari saja.

Perlu anda ketahui setiap 1 Kg berat badan, itu berarti anda menimbun 7700 Kkal sehingga bisa dihitung total kalori dalam tubuh berdasarkan kenaikan berat badan.

Katakan, berat badan ideal anda agar tampak langsing adalah 50 Kg. Sesudah berapa bulan atau tahun kemudian berat badannya naik menjadi 60 Kg, maka   kurang lebih tubuh anda kelebihan 77.000 kkal.

Apa yang menyebabkan kalori itu menumpuk ?

Ini pertanyaan yang bagus, itu sudah dijelaskan di awal, musababnya karena aktivitas pembakaran kalori  melalui gerak tubuh yang sangat rendah.

Berapa sih besar kalori yang terbakar untuk setiap jenis pekerjaan ? 

Jumlah kalori terbakar 

Dalam situs liputan6.com dibeberkan  berapa kalori yang terbakar untuk setiap jenis  pekerjaan yang dilakukan seperti 
  1. Mengetik bakar 34 Kalori 
  2. Mengarahkan lalu lintas 68 Kalori
  3. Pertanian, mengejar sapi atau ternak lainnya dan  mengemudi 68 kalori 
  4. Menjahit, jahit tangan 68 kalori 
  5. Bartender 88 kalori
  6. Membersihkan wastafel dan toilet 102 kalori 
  7. Sedot debu 136 kalori
  8. Tukang 170 kalori
  9. Pekerjaan berdiri 170 kalori
  10. Tukang pijat 204 kalori
  11. Mengajar pendidikan jasmani, olahraga, kelas olahraga 204 kalori 
  12. Memetik buah 238 kalori
  13. Menari 258 kalori
  14. Pekerja bangunan 340 kalori
  15. Perawat kuda 340 kalori
  16. Pengemudi truk 374 kalori
  17. Pemadam kebakaran 748 kalori 
  18. Penyelam profesional 748 kalori 
Kembali lagi pada contoh penumpukkan 77000 tadi, maka untuk menurunkan berat badan anda secara cepat (kurang lebih 3 bulan) ke posisi 50 Kg, anda harus melakukan aktivitas sebagai penyelam atau pemadam kebakaran.

Singkat kata, kalau mau berat badan tubuhnya ideal dan tampak langsing maka jumlah kalori yang masuk saat anda makan dan jumlah kalori yang terbakar saat bersamaan harus sama.

Alan Aragon, M.S., konsultan nutrisi majalah Men’s Health mengatakan kalori dan lemak adalah sumber pemasok energi yang sangat cepat bagi tubuh manusia

Jadi kalau sumber energi tidak digunakan, hampir bisa dipastikan akan menumpuk.

Dituturkan lebih lanjut, kalori  sering digunakan oleh tubuh juga untuk membantu proses peleburan lemak dan protein guna menjadi energi.

Maciej Buchowski, Ph.D, profesor riset di pusat kedokteran di Vanderbilt University mengatakan untuk setiap 100 kalori yang di konsumsi, tubuh kita hanya menggunakan 5-10 kalori untuk proses pencernaan. 

Adapun lemak, tubuh kita menggunakan lebih sedikit lagi. Sedangkan protein menjadi jawara untuk urusan pembakaran kalori, tubuh kita memerlukan 20-30 kalori dalam proses pencernaan.

Intinya, kalori dan lemak akan selalu menumpuk dalam tubuh kita cepat atau lambat.  Apalagi jika itu tidak diimbangi dengan aktivitas yang mampu membakar kalori dan lemak tersebut. 
  
Benarkah produk yang beredar dipasaran merupakan cara cepat menguruskan badan  ?

Tips membuat tubuh langsing.
pikiranku

Tidak sepenuhnya benar, itu tergantung masalah yang tubuh anda alami.  Semisal,  beberapa produk herbal  yang ditawarkan di pasaran, system kerjanya  dengan membuang lemak dalam usus maka itu sangat cocok bagi kaum wanita yang mengalami masalah penumpukan lemak. 

Pendek kata, penggunaan produk herbal untuk menguruskan badan biar  langsing tidak akan sama untuk setiap orang. Untuk obat pelangsing sintetis alias obat kimia, sangat tidak disarankan.

Berikut beberapa tips jitu yang para ahli sarankan untuk menurunkan berat badan.
  1. Mengkonsumsi lebih banyak makanan mengandung protein (gandum, kedelai,almond). Ingat kebutuhan kalori untuk mencerna makanan protein akan sangat tinggi.  
  2. Konsumsi air putih lebih banyak. Tujuannya agar memperbanyak proses pembuangan lemak dalam usus.
  3. Aktivitas harus lebih beragam (menyapu, berlari, menjahit dsb)
  4. Konsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi  (sayur-sayuran, buah-buahan)
  5. Gunakan piring kecil saat makan. Tujuannya sudah jelas, biar porsi makanan kita lebih sedikit.
  6. Hindari ngemil saat tidur malam. Malam hari  tubuh kita praktis tidak melakukan kegiatan apa-apa, sehingga kalau ada karbohidrat dan lemak yang masuk ke tubuh maka itu cenderung  membuat tubuh cepat bengkak.
  7. Kurangi jam istirahat siang. Jam tidur yang berlebihan akan mengurangi aktivitas sehingga menjadi salah satu sumber penyebab berat badan menjadi naik.
  Kesimpulan
Mendapatkan postur tubuh yang langsing dan membuat mata tidak berkedip menjadi incaran kaum wanita. Bagi yang berat badannya sudah terlanjur naik,  ini akan menjadi masalah besar yang kerap mengganggu.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu bukan jalan keluar terbaik dan cenderung lebih bersifat coba-coba saja. Sudah begitu hanya menghambur-hamburkan uang.

Ada 7 sederhana yang dapat anda lakukan dengan biaya murah. Cara-cara ini banyak direkomendasikan para ahli nutrisi yang bila anda lewatkan begitu saja, berarti anda rugi besar. 

Anda cukup disiplin saja dan teratur mengikuti instruksi-instruksi yang  mereka berikan, dijamin 100 persen akan berhasil.

Baca juga : 
 
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...