[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: WILAYAH BOL-MONG
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Sunday, June 05, 2011

WILAYAH BOL-MONG

<alt img src='gambar.jpg' width='100' height='100' alt='wilayah bolaang mongondow'/>

Kabupaten Bolaang Mongondow yang lahir pada tanggal 23 Maret 1954 di mana merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Propinsi Sulawesi Utara. secara geografis Kab. Bolaang Mongondow terletak pada koordinat antara 6000' - 9000’' Lintang Selatan dan 137030'-141000' Bujur Timur. 


Luas wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow adalah 350.624 Ha  atau  3.506,24 km2 yang terbagi dalam 12 kecamatan yaitu:   Dumoga Barat, Dumoga Utara, Dumoga Timur, Lolayan, Passi Barat, Passi Timur, Bilalang, Poigar, Bolaang, Bolaang Timur, Lolak, dan Sang Tombolang. Serta memiliki 2 (dua) Kelurahan dan 150 Desa  dengan total jumlah penduduk sebesar 219.572 jiwa. Batas-batasnya meliputi            :
Sebelah utara : berbatasan dengan laut Sulawesi
Sebelah timur : berbatasan Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara
Sebelah selatan : berbatasan dengan Kab. Bol-Mong Selatan dan Bol-Tim
Sebelah barat  : berbatasan dengan Bolaang Mongondow Utara

Seiring dengan nuansa reformasi dan otonomi daerah, telah dilakukan pemekaran wilayah   Kab. Bolaang Mongondow menjadi empat kabupaten dan satu kota yakni Kab. Bolaang Mongondow Utara, Kab. Bolaang Mongondow Timur, Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Kab. Bolaang Mongondow Induk dan Kota Kotamobagu. Pusat pemerintahan pasca pemekaran wilayah saat ini berada di wilayah Kecamatan Lolak yang kurang lebih berjarak tempuh 42 km dari pusat pemerintahan Kota Kotamobagu. 

Baca juga wisata alam di kabupaten bolaang mongondow

Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...