-->

Senin, Agustus 19, 2024

PENTING, KEPEMIMPINAN DALAM BISNIS, INI ALASANNYA

kepemimpinan dalam bisnis Kepemimpinan merupakan kata kunci penting pada organisasi karena menjadi pintu gerbang menuju sebuah kesuksesan. 

Saking pentingnya, banyak orang sering membicarakan kepemimpinan di mana mereka bekerja, menilai bagaimana bos mereka memimpin mereka  baik itu di instansi pemerintah maupun perusahaan.

Dalam artikel ini akan difokuskan ulasannya pada kemimpinan dalam bisnis, mengapa begitu penting ?

Kepemimpinan Itu Penting

Tugas utama seorang pemimpin  mendengarkan, memberikan inspirasi, menunjukkan tujuan yang ingin dicapai kata Profesor ahli keuangan Jerome Tailard  dari kampus babson di wellesley massachusetts.

Baca juga

Mengenal karakter pemimpin

Adapun menurut rekan sejawat profesor jerome, Arthur M.Blank endowes dikatakan  kepemimpinan bisa muncul dalam rupa-rupa bentuk yakni, kepemimpinan transformasional, kepemimpinan yang bersifat melayani dan kepemimpinan kewirausahaan. 

Lebih lanjut dikatakan arthur, sejatinya seorang pemimpin itu harus  mampu menjaga kekuasaan dan pengaruh pada pengikut setianya. Dan saat ini kepemimpinan kewirausaahan menjadi topik yang paling banyak diminati, pasalnya banyak melahirkan solusi kreatif dan inovatif  pada organisasi.

Kepemimpinan dalam Bisnis

Pada lingkup organisasi, kepemimpinan yang hebat memiliki visi terukur yang diturunkan secara nyata dalam misi-misi, program kerja dan kemudian menukik pada dorongan motivasi pada karyawannya untuk melaksanakan program itu secara giat.

Disinilah keterampilan dan seni seorang pemimpin dibutuhkan, karena terkadang dalam sebuah organisasi bisnis, dijumpai orang-orang yang nakal dan tidak mau patuh dengan aturan main yang ditetapkan.

Ingat,  kepemimpinan  merupakan  teladan juga bagi orang yang dipimpinnya, jadi mutlak pemimpin itu  menunjukan moral dan etika  yang baik, bersedia belajar pada orang lain, sehingga dapat menjadi contoh dan di duplikasi  para karyawan.

Lantas mengapa Keterampilan memimpin Itu menjadi penting ?

Ada beberapa alasan kuat yang menjadi pondasi pentingnya keterampilan ini yaitu

  1. Mendorong moral kerja
  2. Untuk membentuk budaya perusahaan 
  3. Mendorong munculnya inovasi baru
  4. Membangun komunikasi  intensif
  5. Buat menyelesaikan konflik 

Kabar baiknya keterampilan memimpin dapat dipelajari melalui berbagai program kepemimpinan yang banyak ditawarkan oleh lembaga pendidikan informal.

Seorang profesor manajemen Jay Rao  dari kampus babson di wellesley massachusetts mengungkapkan, bahwa kepemimpinan kewirausahaan bisa ditunjukkan dengan menjadi seorang manajer resiko yang baik, mampu membuat perencaaan secara matang, dan selalu siap menyelesaikan berbagai badai  krisis yang datang.

Cara Menunjukkan Sikap Kepemimpinan

Sikap kepemimpinan  itu sebuah cermin tindak tanduk seseorang pemimpin tertinggi di lingkungan organisasi yang dipimpinnya. Nah, ada beberapa cara bagi anda seorang yang posisinya CEO mempertontonkan kepemimpinannya.

Menurut direktur fakultas center for engaged learning and teaching  Nan Langowitz dari school of business babson,  ada 3 cara menunjukkan anda seorang pemimpin sejati yaitu

  1. Selalu mendengarkan dan mempelajari apa yang di dengar
  2. Selalu memberdayakan tim kerjanya melalui pembinaan terus menerus
  3. Fokus mencari solusi positif atas berbagai keadaan dan masalah

Untuk mencapai sebuah pola kepemimpinan yang betul-betul efektif maka pemimpin itu perlu memiliki 

  1. Kecerdasan emosi yang stabil, 
  2. Rasa percaya diri 
  3. Wawasan pengetahuan yang luas
  4. Integritas diri yang teruji.

Dengan empat sifat ini, maka bisa dipastikan bisnis yang dijalankannya maka akan mudah menerobos benteng kemustahilan dan menuju pada kesuksesan.

Baca juga

12 kesalahan manajemen keuangan patut di hindari

Artikel Terkait

Bagikan artikel ini