-->

Selasa, Oktober 10, 2023

FAKTA YESUS BUKAN TUHAN MENURUT BIBLE

YESUS BUKAN TUHAN

Sebelum membaca postingan ini tentang yesus bukan tuhan, ada baiknya merenung sedikit perbedaan manusia dan hewan. Bedanya cuma di akal, manusia dikarunia akal sebagai tempat diprosesnya  sejumlah informasi sehingga bisa membedakan mana benar dan  salah.

Sedangkan hewan, jelas anak kecil pun tahu tidak diberikan akal oleh tuhan sang pencipta, sehingga tidak butuh pendidikan sebab perilakunya tidak ada adab sedikitpun. 

Bagaimana menyangkut  keyakinan dalam hati ? 

Keyakinan bisa hadir di hati manusia, sebab ada informasi masuk ke  akal manusia dan dianggap mengandung kebenaran. Namun terkait agama untuk hal gaib, keyakinan bisa datang karena doktrin dalam kitab sucinya dan masih sulit dibuktikan secara nyata. 

Semisal keyakinan ada tidaknya surga neraka, tidak seorangpun manusia pernah berkunjung ke kedua tempat itu, selanjutnya balik lagi ke bumi. 

Nah untuk membuktikan informasi   masih mustahil itu, cara satu-satunya dengan melihat informasi lain yang setara. Jika dulu informasi disampaikan itu dianggap tahyul, kemudian  di masa sekarang bisa dibuktikan  kebenarannya, maka untuk soal ada tidaknya surga dan neraka pun diperlakukan serupa, diterima kebenarannya.

Kembali ke pokok tema postingan ini,

Yesus bukan tuhan adalah klaim umumnya umat muslim di seluruh punjuru dunia. Pasalnya informasi ini diberitahukan 1400 tahun lalu lewat 6 surat yang berada pada al-quran. Salah satunya dalam surat Az Zuhkruf ayat 59  “Dan (Isa) tidak lain hanyalah seorang hamba yang telah Kami beri karunia (kenabian) atasnya dan Kami menjadikannya sebagai teladan bagi Bani Israil.”

Baca juga 

Cara Belajar mengaji super cepat, 100% working

Penjelasan al-quran yesus bukan tuhan ini tentu tidak bisa di telan mentah mentah bagi umat nasrani, seperti menelan onde-onde seukuran besarnya mulut, musababnya karena al-quran tidak mereka percayai sebagai wahyu dari sang tuhan pencipta.

Kalau begitu, bagaimana kalau yesus bukan tuhan itu muncul  dalam isi  bible itu sendiri, masihkah tidak percaya juga ?

Pernyataan Yesus sendiri bukan tuhan

Di berbagai forum debat lintas agama muslim dan kristen, walau ada sejumlah bukti dalam bible menyatakan yesus bukan tuhan namun tetap saja para umat kristen punya dalih lain  menyatakan seolah-oleh yesus itu adalah tuhan, misal injil yohanes ayat 1:1.

Okey, mari kita masuk dulu ke ajaran bible tentang yesus bukan tuhan sang pencipta bumi dan langit.

1. Injil Yohanes, 12:49

Sebab Aku tidak berbicara dari kemauan-Ku sendiri melainkan Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan kepada-Ku apa yang harus Kukatakan dan Kusampaikan. Karena ajaran-Ku bukan berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Bapa yang mengutus Aku. Dialah yang memberi tugas kepada-Ku untuk menyampaikan ajaran ini

Kalau tidak tersumbat saluran berpikir dan kewarasaannya, isi bible ini sudah cukup menegaskan posisi yesus hanyalah sebuah utusan.

2. Injil matius, 19:17

"Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."

Ayat ini merupakan ucapan yesus sendiri, bahwa ada perintah Allah yang harus di patuhi. Tentunya saat yesus mengatakannya, jelas menempatkan yesus bukan tuhan.

Mustahil dalam saat bersamaan yesus akan berucap dalam posisinya sebagai 100% manusia dan 100% juga tuhan.

3.  Injil Yohanes, 8:17-18

Ayat 17 : Dan dalam kitab Tauratmu ada tertulis, bahwa kesaksian dua orang adalah sah;

Ayat 18 : Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." 

Ayat ini sangat jelas, menjelaskan yesus bukan tuhan karena jelas menceritakan adanya 2 pribadi berbeda. 

Ini sekaligus merupakan sanggahan  atas ayat paling istimewa umat kristiani yohanes 1 ayat 1 bahwa "Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah".

Sejarah Yesus jadi tuhan

Jika dikesampingkan sedikit keyakinan membabi buta  yesus adalah tuhan dan menggunakan kewarasan berpikirnya guna menelusuri jejak sejarah yesus menjadi tuhan maka kita akan tiba di konsili nicea tahun 325 M. 

Ada umpatan umat kristiani "siapa percaya yesus dinobatkan jadi tuhan di konsili nicea, bodoh". 

Ini benar-benar pernyataan miskin ilmu sejarah kekristenan, kosong melompong isi otaknya cuma  dipenuhi spekulasi sesat, jiwanya dipenuhi roh kegelapan.

Baca dong sejarah beragam konsili yang dilaksanakan sejak abad pertama, hal  itu tidak boleh dianggap tidak pernah terjadi. 

Jelas sekali dalam beragam literatur ilmiah ahli teologi kristen sendiri menguraikan sejarah panjang sebab musabab munculnya konsili termasuk pertikaian  perbedaan pendapat antara pendukung  mengatakan yesus itu bukan tuhan serta pendukung yesus itu tuhan.

Ringkasnya, sejarah yesus menjadi tuhan karena campur tangan raja konstantin dengan memaksa ditandatanganinya kredo, berisi pernyataan pengakuan yesus sama dengan tuhan. 

Siapa menolak untuk tanda tangan kredo, diancam diasingkan mengikuti arius pendukung loyalis yesus bukan tuhan.

Kalaupun masih tidak percaya juga, sejatinya saya sarankan periksa lagi ayat-ayat dalam bible. apakah sesuai dengan bible versi aslinya berbahasa yunani. Untuk versi bible asli, gunakan bible codec sinaiticus  merupakan  bible versi asli terjemahan yunani.

Baca juga

Pengetahuan modern dalam al-quran  

Bagikan artikel ini