-->

Senin, Agustus 07, 2023

INI DIA MAKANAN SEHARI-HARI MEMBUATMU GEMUK, YUK CARI TAHU

oleh Zulfasalsabila
 
"makanan membuat gemuk"
Menurunkan berat badan merupakan impian kebanyakan, terutama orang yang memiliki bobot badan  terbilang cukup besar, dan tentunya untuk dapat menurunkan angka dalam timbangan maka diperlukan proses yang tidak instan. Terutama masalah konsumsi makanan, apakah semua makanan bisa membuat gemuk ? biar nggak salah pemahaman yuk kita cari tahu dulu

Apa itu makanan

Makanan merupakan sesuatu yang dikonsumsi oleh setiap mahkluk hidup kemudian diserap oleh tubuh sehingga menjadi energi yang membuatnya dapat beraktifitas. Penyebutan kata makanan digunakan dalam setiap makhluk hiduppun berbeda, Ketika makanan untuk konsumsi hewan disebut  “pakan“ dan dikonsumsi oleh manusia dibilang  “pangan“

Kandungan makanan  diperlukan setiap mahkluk hidup pun juga perlu diperhatikan, mulai dari segi nutrisi sampai kebersihannya pun harus dijaga, agar apa yang dimasukkan kedalam tubuh dapat diproses dengan baik.

Hal paling krusial dalam aspek makanan dan berimbas pada kesehatan adalah nutrisi  didalamnya semisal nutrisi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan serat.

Semuanya sangat berpengaruh, oleh tubuh dipakai buat menjaga kesehatan ataupun  keseimbangan ubuh, karena setiap jenisnya memiliki fungsi berbeda.

Dilihat dari asal  makanan, makanan terbagi menjadi beberapa kelompok, yakni nabati  berasal dari tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijan dan hewani yang berasal dari hewan seperti daging, susu, telur.

Tentunya setiap makanan memiliki kandungannya berbeda, tidak semua makan bisa membuat berat badan naik, tetapi ada makanan yang dikatakan sebagai makanan sehari-hari atau dijadikan sebagai makanan pengganti saat sedang proses penurunan berat badan. Tetapi makanan yang dikonsumsi berlebihan maka akan menjadi faktor terjadinya kenaikan berat badan.

Makanan yang membuat gemuk 

Berikut makanan  dikonsumi sehari-hari ternyata dapat membuatmu gemuk 

1.  Kentang

Kentang merupakan sayuran  biasa ada pada dapur ibu rumah tangga, Kandungan kentang  cukup baik, mengandung karbohidrat, sodium, protein, vitamin A, vitamin C, zat besi an vitamin B6, dan tidak mengandung lemak juga kolesterol sehingga tidak jarang  menjadikannya sebagai makanan dikala diet. 

 

Para penikmat sayuran kentang terbilang cukup banyak, karena rasa dari kentang itu sendiri, ditambah dengan banyaknya kreasi yang justru membuat olahan kentang menjadi lebih nikmat untuk dikonsumsi.

 

Olahan kentang yang selalu menggiurkan, mulai dari olahan yang dijadikan lauk pauk dan jajanan ringan. Karena rasanya yang membuat orang ketagihan bisa menjadikan seseorang makan tanpa kendali yang tidak terasa sudah habis saja, yang justru menjadikan kentang tersebut yang awalnya baik menjadi makanan pemicu kenaikan berat badan.

 

2.  Tepung terigu

Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, tepung sudah menjadi makanan sehari-hari, mulai dari makanan diet ataupun makanan yang dapat meningkatkan berat badan seperti gorengan.

 

Proses tepung terigu yang berasal dari endosperma gandum dan digiling halus menjadi bubuk, berbeda halnya dengan tepung gandum yang berasal dari gandum secara utuh sehingga memiliki hasil  lebih bertekstur.

 

Maka kandungan karbohidrat dalam tepung terigu dapat meningkatkan kadar gula darah tubuh,sehingga mampu menurunkan fungsi insulin. Hormon insulin yang membantu penyerapan glukosa dalam sel tubuh agar gula darah lebih terkendali. Sehingga kandungan gluten yang tinggi dalam tepung terigu menjadi makan yang kerap dihindari oleh orang yang ingin menurunkan berat badan

 

3.  Susu

Minuman yang biasa dikonsumsi di pagi hari sebagai pengganti sarapan dengan harapan berat badan dapat turun. Tetapi memilih untuk mengkonsumsi susu agar dapat menurunkan berat badan tidak asal enak dilidah.

 

Susu yang biasa dikonsumsi dengan berbagai rasa justru dapat meningkatkan berat badan, karena kandungan didalamnya memiliki kandungan yang bias dibilang sama dengan susu full cream.

 

Mengkonsumsi susu merupakan kebiasaan yang cukup baik dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, tetapi jika mengkonsumsi susu berlebihan juga tidak baik,karena susu full cream mengandung lemak jenuh cukup banyak sehingga tubuh beresiko kelebihan lemak jenuh dan resiko penyakit jantung.

 

Cobalah untuk mengkonsumsi susu yang rendah lemak seperti low fat dan skim milk, dengan kandungan gula dan kalori yang juga rendah. Menggunakan aturan minum yang baik sehingga apa yang dimasukan kedalam tubuh tidak berlebihan dan hasil yang baik.

 

4.  Junkfood

Istilah junkfood merupakan makanan cepat saji yang gemar dikonsumsi oleh anak milenial dan gen-z, kini sudah menjadi makanan sehari-hari. Tetapi kandungan didalamnya tinggi kalori, garam, gula dan kalori, menjadi makanan ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan

 

Sama halnya dengan makanan fast food, yakni istilah makanan  cepat saji mirip junkfood.

 

Banyaknya dampak negatif untuk pecinta junkfood dan fastfood ataupun orang yang gemar mengkonsumsinya dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetess, penyakit jantung, hingga stroke.

 

Beredarnya informasi mengenai dampak negative tidak berpengaruh para pecinta fastfood dan junk food, padahal justru makan seperti ini menjadi pemicu yang cukup tinggi menjadi kenaikan berat badan seseorang. Mengkonsumsinya sesekali tidak mengapa, asal jangan sampai terlena dan mengkonsumsi berlebihan. 

 

5.  Gula

Sudah menjadi bahan pokok masakan dapur, dari nikmatnya masakan ibu rumah tangga baik dari makanan yang asin atau manis pasti ada gula pasir yang ikut andil di dalamnya. Tidak hanya menjadi perasa, kini gula pasir menjadi bahan utama dari berbagai hidangan.

 

Manfaat gula pasir yang cukup banyak, selain dari membuat makanan menjadi nikmat, gula pasir juga dapat menjadi sumber energy didalam tubuh,karena sumber energy utama manusia dalam tubuhnya adalah gula sederhana atau glukosa, selain dari itu gula juga dapat meningkatkan suasana hati, karena kandungannya dapat membuat tubuh melepaskan serotonin, dimana hormon serotonin yang berfungsi membawa pesan antar sel didalam otak, sehingga menjadi peran penting dalam meningkatkan susasana hati menjadi lebih baik.

 

Banyaknya manfaat yang dimiliki gula pasir, tidak bisa dipungkiri lagi untuk mengkonsumsi gula pasir tidak boleh sembarangan. Berlebih mengkonsumsi gula pasir dapat membuat metabolisme tubuh juga menjadi tidak baik dan bias memunculkan penyakit seperti obesits, diabetes dan penyakit lainnya.

 

Mengkonsumsi gula pasir untuk orang dewasa berkisar 200 kalori, karena rata-rata kebutuhan energi orang dewasa adalah 2000 kalori. Dari perhitungan tadi bagi orang dewasa dianjurkan untuk mengkonsumsi gula pasir tidak lebih dari 50 gram sama dengan empat sendok makan tiap harinya.

 

Tentunya berbeda dengan batasan gula pasir anak  berusia diatas dua tahun, yang dianjurkan untuk mengkonsumsi gula kurang25 gram atau enam sendok teh per harinya. Berbeda juga dengan anak dibawah dua tahun yang lebih baik dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi gula pasir

 

6.  Nasi

Nasi putih yang sudah menjadi makanan pokok di negara asia terutama di negara Indonesia yang dijadikan sebagai sumber kaborhidrat, dan biasanya dihidangkan bersamaan dengan lauk pauk di sekelilingnya.

 

Manfaat yang dimiliki nasi putih cukup banyak mulai dari menjaga Kesehatan tulang, saraf dan otot karena beras putih mengandung magnesium yang membantu reaksi enzim dalam reaksi enzim

 

Berbeda halnya dengan  beras merah, nasi putih mempunyai tidak memiliki senyawa asam silfat yang menjadi anti nutrisi yang menjadi penyebab masalah pencernaan, karenanya nasi menjadi mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga dapat menjadi sumber energi

 

Nasi putih mempunyai beragam manfaat dalam tubuh, tetapi ketika dikonsumsi berlebihan maka akan ada efek yang terjadi dalam tubuh, nasi putih yang mengandung karbohidrat  akan mendorong peningkatan gula darah sehingga dapat menjadi pemicu diabetes melitus dan berat badan akan meningkat

 

Konsumsi nasi yang tidak seimbang dalam masa proses menurunkan berat badan sehingga menkonsumsinya menjadi sangat sedikit atau sangat banyak maka seiring waktu tubuh akan kekurangan asupan vitamin lainnya.

 

Glukosa yang terkandung dalam nasi putih terbilang cukup tinggi jika dikonsumsi berlebihan, maka akan mengganggu produksi insulin dan metabolisme glukosa dalam tubuh yang sangat berpengaruh menyebabkan kenaikan berat badan resistensi insulin.

Pada intinya untuk menurunkan berat badan harus diperlukan keseimbangan tubuh dengan apa yang masuk dan apa yang keluar, Ketika yang dimasukan banyak maka harus ada aktifitas untuk mengeluarkannya kembali seperti olahraga dan lain sebagainya.

Makanan Sehat dan berimbang

Berikut adalah kriteria makanan sehat dan bergizi yang diperlukan oleh tubuh

1.  Karbohidrat

Karbohidrat merupakan yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga, yang dapat diambil dari berbagai tumbuhan seperti ubi, gandum, jagung, singkong. Perlu diperhatikan juga karena 60 persen dari asupan kalori dapat tergolong karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi. Agar tidak terjadi penyimpanan sumber tenaga berlebih yang tidak digunakan sehingga menimbun dalam tubuh. 

 

2.  Lemak

Lemak yang biasa dikatakan sebagai hal yang buruk ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh, karena lemak dapat digunakan ketika cadangan sumber tenaga didalam tubuh sudah habis. Dimana seseorang ketika mengkonsumsi makanan mengandung lemak  membuat tubuhnya merasa lebih cepat kenyang  berkepanjangan.

 

Tetapi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak pun harus diperhatikan agar tidak berlebihan dan menyebabkan obesitas, karena tidak sepenuhnya buruk untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak.

 

Makanan yang mengandung lemak terbagi menjadi dua, lemak jenuh yang didapat dari daging, minyak kelapa, susu, dan lemak takjenuh dapat didapat dari ikan, alpukat, kacang-kacangan

 

3.  Protein

Protein yang terserap dalam tubuh dapat menjadi zat pembangun untuk membentusel-sel tubuh yang rusak pada tubuh.umumnya tubuh manusia membutuhkan protein 10-15 % tiap harinya. Dan kandungan protein dalam makanan dapat diperoleh dari  protein nabati ataupun protein hewani. Protein yang masuk ke dalam tubuh akan diproses menjadi asam amino yang berfungsi membangun untuk membangun otot, organ tubuh, mengatur fungsi hormon. 

 

4.  Mineral

Untuk membentuk proses metabolisme tubuh yang baik diperlukan mineral yang menunjang proses menjadi lebih sempurna. Mineral dapat ditemukan dari dalam tanah yang dicerna oleh tumbuhan, sehingga mineral dapat diambil dari sumber tumbuhan seperti sayuran hijau dan hewan seperti udang, kalkun.

 

5.  Vitamin

Untuk menjaga ketahanan daya tahan tubuh, maka diperlukan berbagai vitamin didalamnya, dimana didalam  vitamin didalamanya memiliki kandungan yang berbeda-beda seperti kesehatan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B), menjaga imunitas (vitamin C), menyehatkan tulang (vitamin D), antioksidan (vitamin E), dan proses pembekuan darah (vitamin K).

 

Tetapi perlu diperhatikan untuk penyajian makanan, karena proses memasak dapat menghilangkan vitamin yang terkandung didalamnya. 

 

6.  Air

Air memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh manusia, karena 60% tubuh manusia terdiri dari air, maka tidak heran lagi jika banyak sekali penelitian mengharuskan seseorang minum 44.448 gelas air  setiap harinya atau setara dengan dua liter air minum.

 

7.  Serat

Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi didalamnya seperti biji-bijian, buah-buahan memiliki manfaat yang tidak kalah penting, karena makanan tersebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, juga sangat bagus untuk kulit, dan makanan ini juga baik untuk membantu mengurangi berat badan berlebih

Demikian ulasan seputar  makanan yang dapat membuat orang menjadi gemuk.

Baca juga

Tips para ahli menurunkan berat badan

Bagikan artikel ini