-->

Senin, Desember 16, 2019

PENELITI LIPI : UNGKAP KANDUNGAN TANAMAN BAJAKAH AMPUH OBATI PENYAKIT KANKER

"kandungan tanaman bajakah untuk kanker"
Belakangan ini,  pesohor pengobatan medis dikejutkan dengan kehadiran tanaman bajakah yang diklaim sebagai  obat kanker yang   cukup ampuh untuk mengobati penyakit kanker. Setelah ditelusuri, memang benar tanaman bajakah ini merupakan hasil penemuan dari tiga siswa SMA 2 negeri Palangkaraya Kalimantan Tengah.

Namun, benarkah tanaman bajaka itu merupakan obat kanker ?

Kandungan tanaman bajakah

Memang sudah menjadi kebiasaan turun temurun masyarakat  yang tinggal di di lokasi ditemukan kayu bajaka untuk mengkonsumsi air rebusan tanaman bajaka ini. Tidak sedikit bukti yang memperlihatkan bahwa orang pengidap penyakit kanker bisa sembuh secepat kilat, cukup dengan minum air rebusan kayu bajaka.  

Apa sebenarnya kandungan tanaman bajakah ini sampai bisa menyembuhkan penyakit kanker ?

Diungkapkan oleh Ahmad Fathoni, seorang peneliti di Laboratorium Kimia Bahan Alam Pusat Penelitian Bilogi LIPI  bahwa tanaman bajakah ini mengandung senyawa antioksidan yang cukup banyak, beberapa di antaranya saponin, flavonoid, fenolik.

Nah, salah satu manfaat dari senyawa antioksidan itu sendiri  adalah menghindari proses rusaknya sel tubuh manusia akibat radikal bebas. Jadi cukup jelas, anti oksidan dalam kandungan bajakahlah yang menjadi sumber pemicu orang bisa sembuh dari penyakit kanker.

Mari kita urai satu persatu manfaat senyawa antioksidan dalam tanaman bajakah itu  

1.Senyawa Saponin

Senyawa Saponin menurut Deore dalam bukunya Properties and pharmacological applications of Saponins. Pharmacology, banyak terkandung dalam tanaman telah lama digunakan untuk pengobatan tradisiona. Pun Kuroda dalam penelitiannya yang tertuang dalam bulletin  Chemical and Pharmaceutical  di Jepang mengatakan bahwa saponin bermanfaat sebagai antitoksik atau anti kanker. Jadi cukup masuk akal kalau dikatakan tanaman bajakah bisa menyembuhkan kanker

2.Senyawa flavonoid

Seorang professor ilmu nutrisi dan biologi di University of Arizona Cancer Center Donato Romagnolo, PhD, menjelaskans secara terang benderang  bahwa senyawa flavonoid bermanfaat  untuk melindungi terhadap  serangan penyakit kanker yang mematikan.

3.Senyawa felonik

Terungkap dari hasil penelitian Suresh K.K.  melalui bukunya  Antioxidant Potential Of Solvent Extract Of Kappaphycus al varezii (Doty) Doty-An Edible Seaweed bahwa senyawa felonik merupakan salah satu senyawa yang berperan sebagai antioksidan.

Lucunya, banyak pakar kesehatan di luar sana yang mengaku bahwa penelitian terkait dengan tanaman bajakah belum pernah dilakukan, sehingga mereka masih ragu dengan mujizat tanaman bajakah yang konon katanya mampu menyembuhkan penyakit kanker.

Dalam pikiran waras saya, lantas, apa yang dilakukan oleh Universitas Pendidikan Bandung yang berani mengutus kedua siswa penemu khasiat bajakah ke ajang   World Invention Olympic (WICO) di Seoul, Korea Selatan di anggap belum cukup. 
 
Pada kenyataannya dalam ajang tersebut hasil penelitian mereka berdua kembali menoreh raihan medali emas.
 
Jadi lupakan, bual-bual para ahli tersebut karena mereka belum terlibat langsung dengan urusan penelitian kandungan bajakah.

Sebab penyakit Kanker

Penyakit kanker sudah bukan istilah yang asing lagi bagi sebagian masyarakat, karena ini menjadi momok yang begitu menakutkan terutama bagi kaum hawa. Kanker itu sendiri dalam berbagai literature medis dikatakan sebagai adanya pertumbuhan  tidak terkontrol sel-sel tubuh manusia  yang menyerang pada sel-sel sehat yang lain.   

Akibatnya, akan mengganggu metabolism tubuh manusia yang ditandai :

1.   Muncul benjolan di tempat tertentu
2.   Merasa nyeri
3.   Muka pucat dan terasa lemas dan lelah
4.   Berat badan menurun
5.   Diserang batuk yang terus menerus
6.   Buang air besar dan air kecil terganggu

Nah, ada beberapa sebab yang diduga kuat oleh kalangan pakar kesehatan sebagai sumber utama yang memicu munculnya kanker, diantaranya yaitu
 
1.Kebiasaan merokok
2.Terinfeksi virus
3.Menggunakan hormon tertentu dalam jangka panjang
4.Terkena radiasi atau zat kimia tertentu
5.Sering terpapar ultra violet

Dalam model pengobatan barat, solusi bagi orang yang sudah mengidap penyakit kanker biasanya ditawari dengan tindakan operasi atau kemoterapi. Namun faktanya, bagi orang yang ingin mengobati penyakit kanker lewat jalur operasi, justru membuat sel-sel kankernya bertambah ganas.

Pilihan lewat pengobatan kemoterapi, sedikit banyak membantu mengendalikan meluasnya sel-sel kanker menyerang sel sehat lainnya, namun resiko yang muncul justru berpotensi munculnya penyakit kanker darah (leukemia) sebagai efek berkurangnya sel darah merah akibat proses penyinaran.

Cara paling aman satu-satunya kalau anda ingin hidup lebih lama di muka bumi ini adalah dengan pengobatan herbal. Tanaman bajakah sejatinya adalah pilihan terbaik saat ini untuk mengobati penyakit kanker karena sudah terbukti secara kasat mata mampu mengobati penyakit yang paling ditakuti banyak orang, kanker.
 
Artikel lain

Bagikan artikel ini