-->

Jumat, Desember 06, 2019

4 KEMAMPUAN FREELANCER YANG DICARI PERUSAHAAN

"kemampuan freelancer"
Jadi freelancer tampaknya di era milenial ini sudah jadi pilihan oleh sebagian besar para pemburu pekerjaan,  dan ini kelihatannya tawaran cukup menarik untuk dikerjakan.
 
Tidak terikat tempat dan waktu untuk bekerja, tapi mampu meraup pendapatan, siapa yang tidak suka.   Gayung bersambut, untuk alasan efisiensi banyak perusahaan pun tertarik mempekerjakan karyawannya dengan model freelance.

Merunut dari data yang dirilis oleh CNBC di situs resminya pada tanggal 18 November 2019, terungkap jelas bahwa ada 3 kemampuan  freelancer yang banyak dibutuhkan perusahaan. Apa saja kemampuan itu :

1.Kemampuan data Analis

58,9 persen perusahaan mencari freelancer yang memiliki kemampuan data analis.  Tampaknya cukup mereka sadari bahwa data merupakan tulang punggung sebuah perusahaan sehingga harus dikelolah secara serius oleh tenaga professional

2.Kemampuan Virtual Assistant

55.6 persen perusahaan mencari freelancer yang memiliki kemampuan di bidang virtual assistant. Terdengar cukup elegan istilah virtual assistant tapi secara sederhana cakupan pekerjaannya hanya membantu seorang sekretaris perusahaan  dari jarak jauh. Misalnya, membuat press rilis berita, pidato, research internet dsb.

3.Kemampuan  mengoperasikan Microsoft office

Kalau yang ketiga ini, 54,2 persen perusahaan mencari tenaga freelancer yang tahu persis cara bekerja mengunakan aplikasi Microsoft office. 

Artikel lain
Lowongan pekerjaan tanpa ijazah sarjana

Sebenarnya tidak hanya 3 kemampuan freelancer itu yang dibutuhkan perusahaan, mereka juga tak jarang membutuhkan kemampuan freelancer  dibidang teknologi informasi, rekayasa dan modifikasi system, sehingga itu saran saya ada baiknya anda memiliki aneka macam pengetahuan dan keterampilan. 


Terpisah dari 3 kemampuan freelancer itu, jika berkiblat di benua Amerika Serikat, konsultan manajemen multinasional Mckinsey   memperkirakan bahwa saat ini berkisar 27 persen pekerja lepas di Amerika merupakan pekerja freelancer dan ini dari tahun ke tahun akan terus bergerak naik.
 
Ini pertanda bahwa era digital telah merubah  model orang bekerja, yang tidak senang lagi bekerja secara permanen, tapi mereka ingin bebas bekerja bagai burung.  


Lepas dari data statistik itu, jika anda sudah menetapkan hati atau bertekad menjadi freelancer maka perlu saya sampaikan disini beberapa hal penting yang perlu anda siapkan secara matang.  Namun sebelum lanjut, ada satu pertanyaan yang menggelitik kepada saya dari seorang kawan sereriungan, apakah boleh jadi freelancer  tanpa skill sama sekali ?  

Jawabannya, rasanya mustahil bisa dapat job tanpa melakukan apa-apa. Di era milenial ini standar pekerja freelancer yang dicari perusahaan  cukup tinggi. Jadi solusinya, cuma segera persiapkan saja hal-hal berikut ini ? 

1.Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik

Upah yang tinggi selalu diberikan pada tenaga freelancer yang mengerjakan hal-hal sulit. Jadi miliki pengetahuan sebanyak mungkin di beberapa area pekerjaan yang banyak dibutuhkan perusahaan. 
 
Pun soal keterampilan olah dua jarinya harus mulus, tidak hanya Microsoft office yang wajib anda kuasai tapi kembangkan untuk menguasai aplikasi lain, semisal adobe photoshop, Microsoft Axapta, SAP, Oracle. Khusus 3 yang disebutkan terakhir merupakan  aplikasi yang banyak dipakai oleh perusahaan  karena menggabungkan beberapa fitur sekaligus dalam satu aplikasi.

2.Komunikatif dan informatif

Terkadang suatu perusahaan membutuhkan tenaga freelancer yang ahli dalam negosisasi sehingga itu kemampuan berbahasa  yang baik menjadi suatu tuntutan. Ada banyak kursus komunikasi di luaran sana yang dapat anda ikuti sehingga mampu mengasah kemampuan olah mulut. 

3. Memiliki peralatan kerja pendukung 

Peralatan kerja adalah alat bantu yang harus sudah tersedia saat melirik untuk terjun dalam dunia freelancer. Saat mendapat job, bagaimana  mungkin anda bisa bekerja, sedang alat kerjanya harus pinjam sana sini. 

4.Harus Displin dan bertanggung jawab

Pepatah kuno mengatakan “time is money”, pas benar disematkan pada perusahaan yang berorientasi bisnis. Mereka tidak mau membuang  waktu secara percuma tanpa menghasilkan apa-apa. Anda sebagai pekerja lepas (freelancer) yang dikontrak perusahaan wajib memperhatikan hal ini, sehingga itu anda harus displin dan bertanggung jawab biar tidak mudah dipecat. 

Website Untuk Freelancer Indonesia

Sekarang ini sudah banyak bertebaran website yang menawarkan aneka pekerjaan secara online, namun umumnya pekerjaan tersebut seputar dengan dunia teknologi informasi. Berikut saya rangkum 6  jenis pekerjaan yang banyak ditawarkan kepada freelancer
  1. Penulisan dan penerjemahan artikel
  2. Grafis dan Design
  3. Web dan pemograman
  4. Visual dan audio
  5. Pemasaran dan periklanan
  6. Konsultasi
Pembaca, jika anda memiliki salah satu dari 6 kemampuan di atas, selamat anda berpeluang untuk menjadi freelancer.

Lantas, dimana bisa mendapatkan pekerjaan itu ? 

Karena sebeetulnya saya juga sering menawarkan beberapa project kekecilan pada freelancer, maka tidak perlu kaget saya cukup tahu persis dimana tempat berkumpulnya freelancer sebagai berikut :

  1. Project.co.id
  2. Sribulancer.com
  3. Fastwork.id
Ketiga situs ini banyak sekali menawarkan pekerjaan kepada siapa saja yang ingin tambah-tambah penghasilannya secara part time.  Tidak usaha ragu tidak di bayar, kabar  baiknya anda  selalu di bayar tepat waktu saat pekerjaan itu selesai. 

Penutup

Benar kata orang bijak, dunia semakin tanpa batas, kita mudah saja mendapatkan informasi pekerjaan hanya dalam satu genggaman saja. Jadi tunggu apa lagi, segera perbaiki kemampuan diri anda jika memilih jalur freelancer sebagai penopang hidup 

Bagikan artikel ini