[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: PANDUAN MEMBUAT PASIVE INCOME DENGAN PRODUK INFORMASI BISNIS
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Friday, November 04, 2016

PANDUAN MEMBUAT PASIVE INCOME DENGAN PRODUK INFORMASI BISNIS

<alt img src='gambar.jpg' width='100' height='100' alt='<alt img src='gambar.jpg' width='100' height='100' alt='PANDUAN MEMBUAT PASIVE INCOME DENGAN PRODUK INFORMASI  BISNIS PRODUK'/>
Kebanyakan orang begitu percaya bahwa informasi sebuah bisnis  adalah produk turunan internet, namun faktanya,  informasi dari pengusaha itu telah ada sejak ratusan tahun. Perbedaan mencolok di dua masa itu adalah hanyalah pada bentuk informasi dan cara menyampaikannya.  


Kalau era sekarang model penyampaian produk informasi bisnis  menggunakan saluran elektrik terutama email. Berbeda dengan masa sebelumnya yang condong menyampaikan informasi itu  hanya melalui pos.

Lantas apa bentuk produk informasi yang disampaikan itu ?  

Baca juga
3 Pilihan Model Bisnis Online

Produk informasi  itu merupakan produk yang bisa dikreasikan atau dibuat dari rumah. Beberapa contoh diantaranya  seperti :
  1. Buku-buku
  2. Laporan manual/hasil penelitian
  3. Kursus-kursus
  4. Seminar
  5. Audio
  6. Video Tutorial 
  7. Bahan pelatihan   
Keuntungan Produk Informasi

Bisa dilihat  bahwa ternyata segala sesuatu yang hanya berbentuk informasi  dapat mendatangkan nilai ekonomi.  Ada beberapa keuntungan jika anda memiliki produk seperti itu :
 
#1. Anda mudah membuatnya 
Misalnya jika produk informasi berbentuk dokumen maka  dokumen itu dapat diubah ke dalam bentuk PDF atau ebook untuk dijual melalui website bisnis anda.  

Begitupun soal produk yang berbentuk audio atau video. Ada banyak sumber daya online yang bisa digunakan untuk mencetak, CD dan DVD, semisal  Createspace, Lulu dan banyak lagi.
 

Apalagi era sekarang dengan pesatnya perkembangan dunia gadget, pembuatan sebuah video semakin mudah saja dengan menggunakan perangkat smartphone yang anda miliki.
 

#2. Akses pasar mudah
Pesatnya perkembangan jagat dunia marketing digital  maka telah memperluas jangkauan pasar produk informasi. Pasalnya  biaya operasional yang digunakan termasuk sangat murah atau bahkan bisa dibilang  tidak ada bila dibandingkan model pemasaran konvensional.
.
#3.Sumber pendapatan bersifat pasifKeuntungan lainnya, yaitu anda hanya sekali membuat produk informasi   tetapi dapat menjualnya berulang-ulang kali (passive income)

Kelemahan Jual Produk Informasi

Seperti dengan semua ide-ide bisnis rumah, ada beberapa kelemahan  menjual produk informasi yaitu:

#1.Mereka dapat  menghabiskan waktu. Menata  ide anda dan kemudian menciptakan produknya sudah jelas akan membutuhkan waktu. 


#2.Produk Sejenis Mudah ditemukan. Artinya sisi inovasi untuk sebuah produk informasi sangatlah sulit  dibuat.  Kalau tidak berbentuk dokumen maka disisi seberangnya sudah pasti berbentuk audio/video.

Bagaimana Memulai Bisnis Produk Informasi

Pengetahuan anda bisa datang dari sumber mana saja, apakah itu dari pendidikan, pengalaman kerja, atau hanya sekedar hobi.

Begitu juga ketika memulai bisnis produk informasi, anda akan menemukan pengetahuan baru tentang hal itu.  Langkah pertama yang perlu anda buat adalah  membuat daftar hal-hal yang Anda tahu  dari informasi itu. Itu dapat dilakukan setelah anda memiliki :

#1.Apakah informasi bisnis itu layak dan membuat orang tertarik serta bersedia membayarnya. 
Untuk dapat memastikan ide bisnis itu cukup layak, maka lakukan pencarian kata kunci di search engine  terkait ide bisnis anda. Berapa banyak orang yang suka mencari topik bisnis anda.
  
#2. Jenis produk informasi Anda yang akan dibuat. 
Ini juga sangat kental hubungannya  dengan bagaimana anda akan mendistribusikan produkitu. Misalnya, jika anda berniat menjualnya di amazon maka produk informasi itu ada baiknya berbentuk  sebuah ebook Namun jika Anda berencana menjualnya sendiri melalui website bisnis anda maka cukup mengarahkan konsumen ke dalam bentuk keanggota berbayar

#3. Daftar hal apa saja yang perlu diikutsertakan dalam informasi anda.  
Jika informasi bisnis yang anda jual berbentuk sebuah panduan, maka urut-urutan informasi dari hulu ke hilir harus jelas dan tidak boleh melompat-lompat. Ini agar tidak membuat  orang yang membacanya menjadi bingung minta ampun.   

#4. Membuat produk berdasarkan outline Anda.
Maksudnya begini, Jika anda sedang menulis sebuah ebook maka semua hal yang anda jelaskan saling berkaitan dan berurut. 
Adapun jika anda membuat video, maka frame-frame video tersebut harus saling terkait dari teks atau audio yang di tampilkan. 
Contoh sederhana, video tutorial membuat kain, tetapi teks maupun audio suara yang anda munculkan di video tidak ada hubungannya sama sekali dari frame video yang muncul.
 
#5. Mengedit produk dan materi yang anda gunakan.  
Konsumen anda pasti ingin produk terbaik. Kalau produk itu sebuah e-book maka teliti kembali kata-kata yang digunakan, kesalahan hurufnya, tanda baca, susunan kalimatnya.

Pun tidak berbeda jauh dengan produk video, tampilannya harus terang dan jelas serta suara audionya tidak ribut.
 
#6. Membuat sebuah website.  
Bagian ini   adalah bicara tentang pemasaran online, maka di dalam website tersebut harus dibuat laman mandiri yang menyoroti dan menjelaskan semua manfaat produk informasi anda. 

Baca juga
Tips Membuat Website Bisnis Anda Bekerja
 
#7.Cantumkan nomor kontak anda. 
Ini memungkinkan  anda  tetap berhubungan dengan orang-orang yang membeli produk maupun tidak. Ke depannya jika ada produk baru yang anda tawarkan maka sudah ada calon-calon konsumen sebelumnya yang bisa di ajak kerjasama.

#8.Upload produk Anda.  
Jika Anda menjual langsung melalui situs Anda, maka upload produk anda ke hosting web Anda.
  
#9.Mengatur proses pembayaran atau link produk.  
Jika Anda menjual produk informasi itu melalui pihak ketiga, seperti Amazon, semua yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan link ke halaman produk Anda yang mengarah ke di website milik Anda.  

Jika Anda menjual dari website bisnisnya, maka perlu diatur proses pembayaran. Jika pilihan target konsumen tidak hanya Indonesia maka sediakan juga proses pembayaran  melalui PayPal. disamping itu pula dicantumkan nomor rekening  bank-bank umum yang ada di Indonesia.

Pilihan lain adalah dengan menggunakan metode internet bangking atau clickbank, yang saat ini sudah cukup populer digunakan.

#10. Promosikan produk anda.  
Sekarang tugas terakhir anda adalah membiarkan pasar tahu tentang produk informasi  itu. Ada banyak cara untuk memasarkan produk informasi, beberapa diantaranya seperti menjadi penulis tamu, blog walking, share social media

Baca juga
Rahasia Strategi Pemasaran Online Paling ampuh

Kesimpulan

Jadi dari semua hal yang sudah dijelaskan tadi maka dapat dibuat satu kesimpulan bahwa produk informasi menawarkan fleksibilitas yang luar biasa dalam hal kapan dan di mana Anda bekerja.

Pun potensi penghasilan yang bisa diraup cukup besar dan menjanjikan jika anda mampu membuat produk informasi bisnis yang hebat. Hebatnya juga, penghasilan yang berhasil anda gondol itu berjenis passive income, artinya uang yang bekerja untuk diri anda  

Baca juga
Trik Membuat Konsumen Tertarik Bisnis Online Anda
 
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...