Saat para pemilik bisnis kecil menengah (UKM) menjalankan sebuah strategi pemasaran produk mereka, maka itu dilakukan melalui cara yang tidak biasanya.
Pemasaran kreatif atau (marketing creative) adalah salah satunya memberikan sebuah cara unik dan efektif agar bisa berhubungan dengan client tertentu dibanding metode tradisional.
Cara ini merupakan sebuah taktik pemasaran yang bisa membantu sebuah bisnis berkembang lebih cepat dan terpenting sekali merk dagang produknya dikenal luas pelanggannya.
Baca juga
panduan menggunakan facebook untuk promosi bisnis
Nah untuk membantu anda yang berniat mencoba taktik pemasaran kreatif ini maka dalam ulasan ini akan di bahas beberapa hal terkait dari marketing creative itu sendiri, yuk ikuti ulasannya
Pemasaran kreatif
Dari namanya saja sudah bisa di tebak bahwa teknik pemasaran ini mengandalkan pada daya imajinasi dalam sebuah kampanye produk ke para pelanggan.
Tujuan ini dilakukan, agar para pelanggan bisa membedakan produk yang anda punya dengan produk dari perusahaan lain.
Ide-ide kreatif berkaitan dengan produk yang di jual dituangkan dalam sebuah kampanye sehingga terlihat menarik dan bisa memancing rasa penasaran pelanggan buat memakainya.
Tidak dapat disangkal, memang tidak mudah menemukan sebuah ide yang kreatif itu karena akan menguras energi pikiran begitu banyak.
Jadi pemasaran kreatif itu intinya, sebuah teknik menjual produk yang didasarkan pada kreativitas merancang sebuah iklan kampanye yang betul-betul unik dan berbeda namun mengeluarkan ongkos yang cuma sedikit atau hemat.
Lantas mengapa pemasaran kreatif itu menjadi penting ?
Bagian ini menjadi alasan utama pelaku usaha wajib menerapkan marketing creative saat menjual produknya ke pasar. Beberapa alasan dimaksud yaitu
1. Meningkatkan label brand produk
Jika kampanye produk cukup unik, maka otomatis pelanggan akan mudah mengingat merk dagangnya dan diharapkan mereka kemudian menjadi pelanggan yang loyal.
2.Membedakan dari pesaing
Sudah mahfum diketahui bahwa beragam produk sejenis sudah tersedia di pasar dengan berbagai merk berbeda. Katakan sebuah produk sabun mandi, ada rupa-rupa merk dagang yang saat ini diperjualbelikan di pasar.
Nah bila kita punya produk tertentu dengan tingkat persaingan tinggi, maka jalan keluar satu-satunya adalah membuat kampanye produk yang benar-benar unik sehingga pelanggan dapat mudah mengingatnya serta setia untuk terus membeli produk.
3. Meningkatkan penjualan produk
Point ketiga ini berkaitan dengan point satu dan dua yang sudah dijelaskan sebelumnya, karena ini menjadi muara utamanya.
Sebuah penelitian studi kasus dilakukan Ahmad Nadhim Musyarof dkk, yang dimuat dalam jurnal penelitian ekonomi, akuntansi dan perpajakan volume 1 nomor 3 tahun 2024 berjudul "strategi kampanye kreatif untuk meningkatkan penjualan" diungkap adanya peningkatan penjualan yang signifikan dari perusahaan sepatu needshoe sebesar 25% dari penjualan sebelumnya.
Menarik bukan ?
Sampai disini, mungkin terbersit dalam pikiran, lalu bagaimana membuat kampanye marketing creative itu ?
Cara mengembangkan kampanye pemasaran kreatif
Cara membuat sebuah kampanye pemasaran produk yang kreatif beberapa cara yaitu.
1. Ikuti trend isu di sosial media
Beragam isu selalu menghiasi wajah lalu lintas informasi di sosial media, nah itu menjadi peluang untuk mendapatkan ide-ide kreatif buat bahan materi untuk kampanye produknya.
Semisal : isu pelanggan produk kecantikan yang mengalami kerusakan wajah akibat memakai produk tertentu. Isu ini kita ambil, dan gunakan pada kampanye produk kita sendiri sekiranya anda punya produk kecantikan juga.
"Solusi cantik dan sehat tanpa tersiksa" itulah contoh kampanye produk yang akan kita usung.
2. Gunakan hastag tertentu
Hastag merupakan sebuah simbol tertentu yang biasanya di pakai warganet berhubungan dengan topik tertentu.
Manfaatkan hal ini pada kampanye produk, karena saat ada orang yang mencoba searching topik tertentu menggunakan kata kunci tertentu dan itu menjadi simbol hastag yang kita pasang, maka otomatis kampanye produk kita akan muncul dalam laman pencariannya.
3. Bagikan video testimoni
Video merupakan barang bukti yang mampu mengubah persepsi pelanggan terhadap sebuah produk. video testimoni yang berisi penjelasan produk haruslah benar-benar unik baik dari materi yang dibicarakan, thumbail yang dijadikan maskot video itu, serta deskripsi video yang berisi menjelaskan latar belakang orang yang menjadi saksi utama dalam video yang diunggah.
Bagikan video itu melalui berbagai saluran media sosial yang tersedia seperti youtube, videmo atau platform lainnya.
Bisa juga di tempuh strategi secara streaming artinya testimoni dilakukan lewat siaran langsung melalui media sosial sehingga orang yang nonton lebih percaya.
4. Libatkan pelanggan
Cara yang satu ini di rancang melalui sebuah kegiatan tertentu, misal anda produsen sepatu, maka bisa membuat sebuah kampanye lomba design sepatu sehingga masyarakat akan berbondong-bondong mengirim design sepatu yang dibuatnya.
Kegiatan ini secara tidak langsung akan memperkuat hubungan emosional antara produsen dan pelanggan produknya.
Itulah beberapa ulasan singkat soal marketing creative, semoga ada manfaatnya.
Baca juga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,