-->

Minggu, Juni 19, 2016

12 JURUS KUNCI MENULIS ARTIKEL

cara menulis artikel
Hal yang paling diidam-idamkan seorang blogger manapun di dunia cuma satu, blog yang dimilikinya memiliki pengunjung yang berjibun, bak sebuah pasar yang lagi kebanjiran order pembeli. Berharap sedemikian tinggi dengan optimis yang meluap-luap, boleh boleh saja tapi ada syaratnya yaitu harus menulis artikel yang berkualitas oke.

Pertanyaannya, bagaimana memproduksi atau menulis artikel yang ok dan disenangi pembaca ? Bagian ini yang kita akan ulas secara gamblang. 

Saya yakin, bagi yang punya hobi menulis artikel tentu sudah khatam dengan cara menulis yang benar agar terindeks search engine, namun apakah itu cara yang cukup ampuh dan tepat untuk meningkatkan posisi blog kita,  itu soal lain yang harus dibuktikan.

Jurus Kunci Menulis Artikel

Untuk itu, pastikan anda sudah mengantongi  12 jurus kunci menulis artikel berikut.
  1. Sudahkah anda ketika menulis artikel, membuat judul artikel yang menarik, heboh dan mampu mengundang rasa penasaran pembaca ?. Urungkan niat, jika judul artikel  yang dipublikasikan terlalu landai sudah begitu kalimatnya juga terlalu panjang. 
  2. Sudahkah anda ketika menulis artikel melibatkan pembaca dalam paragraf pertama artikel yang ditulis ? Ingat seseorang akan mau melanjutkan membaca artikel ketika paragraf pertama sudah menampilkan sejumlah pertanyaan kunci ke pembaca. Artinya, pembaca diposisikan sebagai roh artikel yang kita tulis.
  3. Apakah materi artikel yang dimuat isunya aktual dan ada manfaatnya ke pembaca. Kalau cuma bolak-balik membahas perkara ecek-ecek dengan padanan kata yang terlalu kaku seperti sebuah karya ilmiah, maka yang didapat pembaca cuma merasa kantuk luar biasa.
  4. Sudahkah artikel anda menambahkan   foto, video maupun audio didalamnya? hasil penelitian menunjukkan, panca indera mata manusia selalu digunakan lebih dulu di banding panca indera lainnya. Jadi, wajib menulis artikel memasang sebuah foto, gambar atau video.
  5. Sudahkah anda memasang link internal saat menulis artikel tersebut ? Link internal akan sangat berguna memberikan penjelasan ke search engine adanya artikel lain yang bertautan pada obyek ulasan yang hampir sama.
  6. Sudahkah anda memasang tag/kata kunci yang benar dari artikel itu ? Bagi domain com, tag biasanya dipasang sesudah kita selesai menulis artikel, tujuanya agar pembaca mudah menemukan artikel sejenis dalam blog kita dengan pokok perkara yang beda-beda tipis.
  7. Sudahkah anda mengedit permalink ? Permalink berhubungan dengan judul artikel yang kita pasang. Search engine saat melakukan perayapan, cuma akan  membaca 4 suku kata dari sebuah judul artikel. Jadi hindari menggunakan judul artikel yang panjang dan melelahkan, nanti akan terpotong secara otomatis oleh robot search engine.
  8. Sudahkah anda mengunakan sub judul dalam artikel ?  Menulis artikel yang panjang, memang sangat disukai search engine namun akan membuat pembacanya pusing dan keteteran bak ayam yang dihajar lawannya jika tidak ada batas perhentian sejenak di sebuah artikel. Sub judul, diberikan sebagai sebuah jeda kepada pembaca agar mudah memahami  keseluruhan artikel. 
  9. Sudahkah anda membaca berulang-ulang ejaan yang digunakan dalam artikel ? Kesalahan ejaan terkadang memunculkan tafsir yang berbeda, makanya sesudah menulis artikel harus dibaca ulang keseluruhan isinya.   
  10. Apakah ketika menulis artikel, kontent artikelnya bersifat abadi atau jangka panjang ? Maksudnya hal yang dibahas, diperkirakan akan selalu menjadi kebutuhan pembaca dalam jangka panjang
  11. Sudahkah ketika menulis artikel, obyek artikel yang dibahas memenuhi tujuan yang anda inginkan ?  Artinya Jika artikel ini dimaksud sebagai sebuah pesan kepada pembaca untuk membeli produk yang anda tawarkan, maka sudahkah isinya menjelaskan kelebihan-kelebihan produk itu.
  12. Sudahkan anda melihat sekilas keseluruhan yang terkait artikel  itu ? meliputi judul, sub judul, pemberian tag/kata kunci, dsb
Mungkin terlihat membosankan membaca artikel ini, tapi satu hal yang bisa saya garansikan, anda sudah dijalur yang benar untuk menulis artikel yang bermutu.

Baca juga   
Rahasia Menulis Gila
 
Update Oktober 2023
 
Selain 12  jurus menulis artikel yang sudah diurai tadi, langkah penting perlu anda perhatikan juga adalah pemilihan kata kunci. Tanpa kata kunci saat menulis artikel maka itu cuma buang-buang waktu saja, bakal sepi pembaca.

Karena itu pilihlah kata kunci yang tepat, kriterianya volume penelusuran tiap bulannya tinggi (minimal 1000) dan tingkat persaingannya rendah.

Nah  setelah selesai menulis artikel dan siap di posting, periksa isi artikel itu dengan menggunakan tools artikel pilar di situs jawaraspeed.com. Biasanya saat kita menulis artikel karena saking enaknya menulis, ternyata kata kunci yang dijadikan sasaran untuk ditulis, justru setelah diperiksa justru kata sambung (dan, yang, adalah) muncul sebagai kata kunci utama.

Sebabnya, karena duplikasi kata sambung itu lebih banyak dari kata kunci yang dibidik. Itulah alasan kenapa periksa lagi artikel yang ditulisnya lewat tools artikel pilar.
Bagikan artikel ini