-->

Kamis, Desember 13, 2018

CARA MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA INGGRIS DI WHATSAPP MESSENGER

menerjemahkan teks bahasa inggris Salah satu aplikasi favorite warga netizen termasuk saya sendiri adalah menggunakan aplikasi gratis whatsapp messenger untuk saling berkirim pesan dengan teman sereriungan, menggantikan fasilitas short message send (SMS). Nah, kalau teman yang kita kirim pesan itu warga Indonesia, itu tidak masalah, tapi bagaimana kalau teman itu teman dari dunia seberang sana yang hanya paham dengan bahasa inggris. 

Ini tentu akan membuat kita repot yang memiliki asupan pengetahuan kosa kata bahasa inggris pas-pasan.

Biasanya yang kita lakukan adalah dengan diam seribu bahasa, tidak mau sedikitpun membalas chatingan yang masuk di whatsapp messenger. 

Sebenarnya kita bisa saja copy paste teks bahasa inggris itu dan diterjemahkan secara terpisah lewat google translate, namun pekerjaan ini akan sangat repot, bahkan jempol bisa bisulan karena pasti akan menguras waktu yang lama, bolak-balik antara google translate dan whatsapp messenger. 
 
Disini pokok masalahnya, yang akan saya ulas cara menerjemahkan teks bahasa inggris di whatsapp messenger.

Kelebihan whatsapp mesengger

Aplikasi whatsapp messenger merupakan aplikasi cerdas bersifat default yang sudah menjadi bawaan semua smartphone cerdas masa kini sejak pertama kali dijual ke pasar.

Apa saja sebenarnya kelebihan WhatsApp Messenger itu ?

Baca juga

10 smartphone terbaik yang banyak diburu orang

Sangat banyak, tapi disini cukup saya urai hal-hal yang bersifat umum dan sudah diketahu banyak orang, seperti :
  1. Biaya tambahan tidak ada, maksudnya disini jika kita sudah menginstall aplikasi whatsapp messenger itu maka kita bisa semau-maunya menggunakannya, tidak ada biaya lain yang harus kita pikul.
  2. Tersedia fasilitas multimedia, maksudnya kita berkirim pesan tidak hanya bersifat teks, tapi bisa juga dalam lain, misalkan bentuk foto, atau pun video.
  3. Bisa membuat grup chat, maksudnya kita sekali mengirim pesan atau chating ria dalam room yang sama,
  4. Bebas dari biaya roaming, maksudnya saat mengirim sebuah pesan ke teman kita yang ada di luar negeri, tidak ada biaya tambahan lag isms internasional.
  5. Tidak perlu log in / log out, maksudnya disini aplikasi whatsapp messenger sudah bersifat otomatis, sepanjang teman anda menggunakan fasilitas whatsapp messenger, maka otomatis kita sudah chating bersama. Tidak perlu ada invite atau add sebagaimana pada aplikasi BBM. Dan masih banyak lagi fitur-fitur whatsapp messenger yang bisa digunakan.
Lantas, bagaimana menerjemahkan teks bahasa inggris di whatsapp messenger  itu ?  
 
Sabar, caranya cukup mudah silahkan simak ulasan saya berikut ini :

Menerjemahkan Teks Bahasa Inggris

Pembaca, cara menerjemahkannya cukup mudah, kita hanya perlu bantuan sedikit dengan menginstall aplikasi google translate. Silahkan unduh aplikasi itu lewat playstore, sesudah di unduh, install seperti yang biasa anda lakukan.

Sesudah terinstall sempurna aplikasi google translate itu maka otomatis akan terintegrasi secara langsung dengan whatsapp messenger yang ada di handphone android anda. 

Cuma aplikasi ini tidak kelihatan bak orang berkulit putih yang terserang penyakit panu. Sulit di lacak keberadaannya dimana.

Untuk dapat menggunakannya, tekan lama di whatsapp messenger teks bahasa inggris yang mau diterjemahkan, sampai muncul warna biru muda di area teks itu dan muncul kotak salin di pojok kanan atas, lihat contoh di bawah ini :




Tekan kotak salin yang ada di pojok kanan atas dan secara otomatis akan muncul icon google translate yang sudah anda install tadi dipojok kanan atas. Lihat contoh berikut :






Tekan icon google translate itu, maka kita akan di bawa masuk ke area terjemahan google translate. Teks bahasa Indonesia yang diawal tadi sudah anda tekan, otomatis akan di terjemahkan ke dalam teks bahasa inggris, lihat contoh




Langkah selanjutnya, tinggal klik tanda bullet di pojok kanan atas maka akan muncul pilihan salin. 





Klik tanda salin itu dan sesudahnya pindah kembali ke layar whatsapp messenger anda dan tekan agak lama di kolom teks pesan sampai muncul pesan tempel. 



Klik pesan temple itu, maka hasil terjemahan bahasa inggris akan berpindah kamar ke layar whatsapp messenger anda. Selesai

Bagikan artikel ini