[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: TIPS MENGGUNAKAN CAMERA SCANNER UNTUK SCAN DOKUMEN
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Minggu, November 25, 2018

TIPS MENGGUNAKAN CAMERA SCANNER UNTUK SCAN DOKUMEN

 TIPS MENGGUNAKAN CAMERA SCANNER UNTUK SCAN DOKUMEN
Sejak berkembangnya dunia digital, maka banyak cara pun di tempuh orang untuk mempermudah pengarsipan sebuah dokumen, entah itu berbentuk  file dokumen ataupun sebuah foto.  Cara yang paling  umum digunakan adalah lewat scan dokumen dengan menggunakan alat bantu yang namanya scanner. Namun cara itu sudah ditinggalkan, dengan hadirnya aplikasi camera scanner yang dikembangkan insig information.co.ltd

Camera scanner merupakan aplikasi yang dapat diperoleh secara gratis dengan cara download langsung di playstore handphone smartphone anda. Ukuran filenya terbilang cukup ringan antara 30 mb sampai dengan 45 mb sehingga dapat dijalankan di segala tipe smartphone.

Apa fungsi aplikasi camera scanner ini ?

Fungsi utamanya, sudah pasti untuk scan dokumen baik itu yang berbentuk teks ataupun sebuah foto dan di rubah ke bentuk PDF atau jpg.

Aplikasi camera scanner ini sering digunakan oleh pihak kepolisian yang bertugas dalam mengurus dokumen STNK kendaraan, sehingga bagi yang tidak memiliki aplikasi camera scanner dalam smartphone kesayangannya pasti akan kesulitan mengurus dokumen STNK mobil, karena akan sibuk kesana kemari mencari tempat untuk scan dokumen, baik itu KTP maupun STNK kendaraannya.
  
Kita tinggalkan soal STNK itu, lantas bagaimana menggunakan aplikasi camera scanner ini ? Berdasar urut-urutan peristiwa, syarat utamanya, aplikasi ini sudah harus terinstall lebih dulu di handphone anda.

Baca juga
 
Tentu untuk urusan cara download dan menginstall aplikasi di playstore bukan hal baru lagi bagi yang sudah khatam dengan dengan segala jenis aplikasi playstore.

Syarat lainnya, sesudah proses download aplikasi camera scanner adalah anda harus memiliki akun email. Bagian ini juga, saya yakin bagi pemilik smartphone pasti sudah punya, jadi tidak perlu lagi  saya ulas terang benderang di sini.

Sebenarnya ada banyak aplikasi playstore yang sejenis camera scanner dengan, semisal tiny sscanner, fast scanner, turboscan, pdf scanner. Namun saya pribadi lebih suka menggunakan camera scanner dengan inisial CS.

Mengapa saya menggunakan aplikasi camera scanner ini, musababnya  karena fitur yang tersedia, cukup familiar digunakan seperti :

Ø Dapat melakukan print secara langsung
Ø Mengatur ukuran hasil scan
Ø Memotong (crop) dokumen secara otomatis
Ø Memberi password pada hasil scan dokumen
Ø Upload hasil scan dokumen lebih mudah
  
Cara scan dokumen menggunakan camera scanner

Untuk proses scan dokumen lewat aplikasi camera scanner, sebetulnya tidak susah, sangat gampang bahkan bisa di bilang anak yang masih bau kencur pun sanggup melakukannya.

Biar tidak bingung, saya coba ulas satu persatu dengan asumsi aplikasi camera scanner sudah terpasang di smartphone anda.

Buka aplikasi camera scanner yang sudah terpasang (asumsi saya anda gunakan camera scanner CS) dan anda akan di bawa ke tampilan sebagaimana pada gambar di bawah ini

izinkan kamera scanner

Tekan tombol izinkan dan dilanjutkan pada tampilan berikut

izinkan kamera scanner akses foto

Di tutup terakhir dengan tampilan ini
 
selamat datang camera scanner
 
Daftar segera dengan menggunakan alamat email yang biasa digunakan, kemudian lakukan proses konfirmasi melalui email anda. Otomatis anda sudah terdaftar dan sudah bisa menggunakan aplikasi camera scanner ini.

Untuk melakukan scan dokumen, langkah-langkahnya adalah siapkan dokumen yang akan di scan, dan lakukan pemindaian dengan menekan  tombol pojok kanan bawah seperti pada gambar berikut.
pemindaian camera scanner

Hasilnya akan tampak seperti screen shoot di bawah, di mana dokumen yang di scan akan tampak di bingkai oleh garis segi empat.
scan dokumen

scan dokumen 1


Lakukan pengaturan panjang lebar objek yang di scan itu dengan menarik garis yang tampak. Jika sudah ok, tekan tombol centang di pojok kanan bawah, selamat scan dokumen anda sudah berhasil, tinggal memberi nama file seperti contoh pada screenshoot di bawah.

ganti nama file

Jika sudah beres dengan urusan memberi nama file, langkah terakhir  yang wajib di buat adalah tekan tombol centang sekali lagi maka otomatis dokumen yang di scan akan tersimpan dalam folder camera scan di dalam memori handphone anda dengan format jpg.

Hasil scan dokumen yang sudah dilakukan akan tersimpan dalam folder camera scan yang ada dalam kartu memori smartphone anda.

Pada kasus, scan dokumen dengan obyek yang sudah tersimpan lebih dulu di memori anda. Langkahnya, hanya dengan melakukan proses import dengan membuka menu yang ada di pojok kanan atas, perhatikan screenshot di bawah ini.

Kemudian lakukan langkah-langkah seperti biasa yang sudah saya urai sebelumnya untuk scan dokumen yang baru.

Demikian, tips menggunakan aplikasi camera scanner dalam melakukan proses scan dokumen, semoga bermanfaat.

Baca juga

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...