[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: PANDUAN MEMPERBAIKI HANDPHONE ANDROID MATI TOTAL
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Kamis, November 22, 2018

PANDUAN MEMPERBAIKI HANDPHONE ANDROID MATI TOTAL



PANDUAN MEMPERBAIKI HANDPHONE ANDROID YANG MATI TOTAL
Sudah menjadi adab yang tak bisa ditampik lagi, yang namanya barang teknologi tinggi dan elektronik semisal handphone android akan selalu mengalami kegagalan system atau biasa yang dibilang dengan mati total. Ini merupakan hal yang wajar, karena memang akibat pemakaian manusia sehingga handphone android kesayangan kita mati total. Sangat mustahil, kalau  sebuah handphone android  yang tidak dipakai sama sekali lalu mengalami mati total saat baru pertama kali dihidupkan.


Dilihat dari akar masalahnya, ada dua penyebab sebuah handphone android mati total, yang pertama adalah tersebab karena aplikasi system handphone android itu sendiri yang mengalami kerusakan parah. Yang kedua karena faktor kerusakan hardware, mungkin karena sebab-sebab sering jatuh, terendam air atau sebab lainnya yang tidak disengaja.  

Nah jika handphone android anda mengalami mati total, jangan panik, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki handphone android tersebut, sebelum anda menyerahkan ke tukang service handphone.   

Sebelum masuk pada cara memperbaiki handphone android mati total sebagaimana judul posting ini, perlu saya sedikit ulas disini penyebab handphone android sampai mati total.

Penyebab handphone android mati total

Seperti yang sudah saya urai sebelumnya, bahwa ada dua penyebab handphone android sampai mati total yaitu, karena system android yang mengalami crash serta karena faktor hardware handphone android yang tidak lagi bekerja maksimal. Baik kita ulas satu-satu dua penyebab ini.

#. System handphone android mengalami crash

System opersi untuk handphone android pada garis besarnya menggunakan system kernel Linux yang rata-rata  menggunakan lisensi open source. System ini memamng dirancang sedemikian rupa untuk dapat digunakan secara bertatap muka dalam mode layar sentuh.  

Pada sebagian besar handphone android yang beredar di pasaran saat ini, berdasar pengamatan saya system operasi yang digunakan sama semuanya, yaitu kernel linux. Yang berbeda hanya versi kernel linux yang digunakan.

Sebagai contoh :

Android donut menggunakan kernel linux versi 2.6.29,
Android froyo menggunakan kernel linux versi 2.6.32
Android gingerbread menggunakan kernel linux versi 2.6.35
Android honeycomb menggunakan kernel linux versi 2.6.36

Mengapa selalu berubah system operasi handphone android ini ? tentunya ini disesuaikan dengan kebutuhan sebuah handphone android itu sendiri. Yang jelas sebuah handphone android itu di rancang untuk mempermudah kebutuhan manusia, sehingga tak bisa terelakan lagi akan menuntut penggunaan aplikasi handphone atau fitur yang semakin canggih lagi.

Pada point inilah, maka akan sangat berpeluang terjadinya crash atau system android mengalami mati total sebagai akibat incompatible (tidak bersesuaianya) antara aplikasi handphone yang satu dengan lainnya.   

Selain karena faktor aplikasi handphone tadi, virus juga menjadi salah satu penyumbang terbesar handphone android mati total. Saat ini sangat  banyak jenis virus yang beredar yang mampu merusak system operasi sebuah android, beberapa di antaranya :

-         Android plankton
-         Android bgserv
-         Trojan
-         Droid dream
-         Embed

# Hardware handphone android rusak

Untuk bagian ini, rasa-rasanya sangat tergantung dari cara anda memperlakukan handphone android kesayangan ini. Rata-rata kerusakan hardware terjadi karena benturan fisik baik itu karena jatuh, terendam air/minyak, charger yang terlalu lama melebihi standar waktu yang seharusnya.

Beberapa jenis kerusakan hardware handphone android yang dijumpai sering terjadi adalah :
-         Kerusakan port usb connector
-         Layar monitor pecah
-         Touchscreen tidak berfungsi baik
-         Memori handphone tidak terbaca

Cara memperbaiki kerusakan handphone android

Ada beberapa langkah yang perlu anda ambil untuk memperbaiki handphone android yang mati total :

1. Coba charge handphone
Persoalan baterai handphone merupakan masalah klasik yang mudah dijumpai, terkadang kita tidak menyadari saat malam hari menjelang tidur bahwa baterai handphone android kita, dayanya  tinggal tersisa 20 %.   Pagi harinya baru kita sadari bahwa handphone kita sudah mati total, langkah yang perlu anda lakukan coba charger kembali handphone android anda. Sebaiknya gunakan charger yang super cepat semisal dash charger, quick charge 4.0, oppo VOOC, Samsung adaptive charger, turbo power.

Jika cara ini sudah anda lakukan dan masih tidak berhasil. Coba lakukan langkah selanjutnya

2. Melepas baterai handphone android
Langkah kedua ini merupakan alternatif lain yang bisa anda lakukan pada kasus dimana handphone android  proses bootingnya  mengalami crash  .

Mencabut baterai handphone android merupakan tindakan agar system yang crash pada pemakaian terakhir tidak terbaca oleh system yang ada. Sebagaimana kita tahu bahwa system operasi handphone android maupun komputerisasi  secara otomatis selalu akan menyimpan setting yang diterapkan. 

Baca juga


Untuk itulah coba cabut baterai handphone android anda, diamkan selama beberapa saat dan baru pasang kembali. .

3. Lakukan Recovery Mode

Jika dua cara yang saya sampaikan sebelumnya masih gagal juga, pilihan untuk memperbaiki haandphone android yang mati total adalah dengan melakukan reset handphone melalui recovery mode.

Cara ini adalah alternatif terakhir yang bisa anda lakukan, tapi ingat sangat berbahaya karena akan menghapus semua data yang tersimpan di handphone android anda. Handphone android akan dibuat baru kembali seperti baru pertama kali di beli. 

Jika sudah keadaan mendesak dan terpaksa harus menggunakan cara ini, maka pastikan anda sudah melakukan back up data terlebih dahulu sebelum reset handphone android anda.  

Untuk masuk ke menu recovery mode caranya, dengan  mematikan handphone kemudian  menyalakan kembali. Proses menyalakannya tidak menggunakan prosedur biasa seperti pada keadaan normal namun,   dengan menekan secara bersama-sama  tombol volume bawah dan atas serta tombol power.  

Anda secara otomatis akan di bawa  ke dalam menu recovery mode, untuk navigasi gunakan  tombol volume dan pilih factory reset setelah itu ok dengan menekan tombol power .

Seandainya 3 cara yang sudah saya urai secara terang benderang di atas telah dilakukan, maka kemungkinan lain handphone android anda memang rusak cukup parah. Atas kondisi ini pilihan satu-satunya yang anda punyai adalah dengan menyerahkan handphone android ke tangan sang ahli service handphone
 
Tips merawat handphone android agar tidak mati total

Agar handphone android milik anda tidak mengalami gangguan serius bahkan mati total, berikut beberapa tips merawat handphone android yang benar :

# Update system operasi

Cara ini bisa dilakukan dengan membuka menu settings, kemudian pilih about system, downloadUpdatesManually, check update.

Mengupdate system handphone android akan membuat system operasi anda berjalan sempurna

# Install aplikasi handphone sesuai kebutuhan

Mengapa kita hanya menginstal aplikasi handphone android seperlunya, ini tujuannya :
-         Baterai handphone android tidak cepat habis
-         Terhindar dari ancaman virus

# Mengosongkan memori

Tidak bisa ditabukan saat memori internal handphone android anda sudah penuh akan membawa efek negatif yang berpotensi merusak komponen hardware handphone anda. 

Untuk itu, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan segera menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau pindahkan ke memori eksternal anda.

# Lakukan scan virus

Ancaman virus menjadi salah satu penyumbang handphone android bisa mati total. Apalagi dewasa ini varian virus yang beredar memiliki daya rusak yang tinggi terhadap system operasi handphone. 

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi, pastikan untuk melakukan scan virus secara berkala (1 bulan sekali). Gunakan saja aplikasi scan virus avast yang cukup ringan, dengan download langsung melalui playstore.

Baca juga

 
Demikian beberapa cara memperbaiki handphone android yang dapat saya bagikan pada posting ini semoga bisa bermanfaat
 
Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...