[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: TINDAKAN AWAL MENGHEMAT BATERAI PADA SMARTPHONE
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Kamis, Oktober 11, 2018

TINDAKAN AWAL MENGHEMAT BATERAI PADA SMARTPHONE



Oleh Febry cell80

TINDAKAN AWAL  MENGHEMAT BATERAI PADA SMARTPHONE       
      Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas secara detail tentang tips bagaimana cara menghemat baterai pada smartphone android termasuk iPhone. 
 
Dan akan saya terangkan apa penyebab daya baterai pada smartphone tersebut  cepat berkurang beserta penjelasan nya.


Tapi sebelumnya kita bahas dulu tentang baterai yang seperti apa yang sebaiknya harus di pilih, agar bisa di pakai tahan lama  tidak cepat habis pada smartphone yang digunakan.

Karena hampir rata-rata smartphone yang sudah di pakai dalam kurun waktu yang lama, pasti daya baterai nya akan cepat berkurang atau boros tidak seperti waktu smartphone tersebut masih baru-baru di pakai.

Namun bagi kita yang awan tidak tahu jenis atau merk baterai seperti apa yang kualitas bagus.

Di samping itu juga dalam mencari handphone yang hendak di beli pasti yang kita cari adalah merk dan tipe handphone nya, bukan merk baterainya.

Untuk masalah baterai kita percayakan saja dengan pihak pabrik pembuat handphone tersebut. Karena mereka yang lebih tau merk dan jenis baterai seperti apa yang kualitas nya bagus.

Jadi yang harus kita cari dan pilih adalah ukuran kapasitas baterai tersebut. Bukan merk baterai.

Supaya daya baterai tidak cepat habis,  sebaiknya jangan cari handphone yang memiliki kapasitas baterai yang kecil. Agar nantinya handphone tidak sering kehabisan daya atau lowbat.

Namun bagi anda yang sudah terlanjur membeli handphone dengan kapasitas baterai yang kecil atau yang sedang-sedang saja, sebaiknya anda baca penjelasan artikel ini tentang bagaimana cara menghemat baterai.

Untuk bisa menggunakan perangkat android dan perangkat handphone lainnya, agar bisa di nyalakan dan di operasi kan harus memerlukan daya baterai.

Tanpa adanya daya atau baterai tidak terisi, mustahil handphone bisa di hidupkan.

Kemampuan seberapa lama baterai tersebut bertahan sampai daya akan habis kembali, itu tergantung dari kapisatas penyimpanan daya yang di miliki oleh baterai tersebut.

Semakin besar kapasitas penyimpanan maka pemakaian baterai tersebut akan semakin bisa bertahan lama. Untuk ukuran kapasitas daya baterai mengggunakan satuan mAh.

Tips :
Jika membeli smartphone, sebaiknya lihat kapasitas baterai. Usahakan cari smartphone yang memiliki kapasitas daya baterai nya besar minimal 3000 mAh.

Memang ukuran kapasitas baterai berpengaruh terhadap harga sebuah handphone, semakin besar kapasitas nya ada kemungkinan harga beli handphone tersebut akan semakin tinggi.

Baca juga

Tapi bila kita tahu bagaimana cara merawat atau memelihara baterai atau melakukan tindakan yang di anjurkan, besar kemungkinan baterai akan tetap awet setidaknya kinerja baterai tetap optimal sehingga daya akan tetap hemat.

Tips bagaimana cara menghemat baterai ini sebenarnya tindakan yang dilakukan adalah hal-hal yang simpel dan mudah. Tapi sayangnya hal tersebut masih banyak yang belum tahu.

Dan walaupun sebagian besar orang tahu bahwa tindakan tersebut akan menyebabkan kondisi baterai menjadi kurang sehat, akan tetapi aktivitas tersebut masih tetap di lakukan.

Sebagai contoh : kebanyakan orang akan tetap mengoperasikan handphone walaupun handphone tersebut sedang di cas.

Padahal aktivitas ini tanpa di sadari akan mengurangi performa baterai. Memang prosesnya tidak berpengaruh langsung. Tapi aktivitas ini akan memperpendek umur baterai.

Oleh karena cegah hal ini sedini mungkin, kurangi atau hindari pengoperasian handphone pada saat di cas.

Sebenarnya hal yang sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan baterai agar tetap hemat dalam pemakaian adalah masalah pemeliharaan.

Jadi pemeliharaan adalah tindakan awal agar kesehatan atau performa baterai tetap terjaga. Salah satu contoh tindakan pemeliharaan adalah menghindari mengoperasikan handphone ketika di cas seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Melakukan pemeliharaan terhadap baterai sebenarnya bukan hal sulit. Tapi memang kebanyakan dari pengguna smartphone tidak tahu akan hal tersebut.

Selanjutnya tindakan apa yang harus di lakukan, agar baterai bisa hemat dalam pemakaian, silahkan lanjutkan membaca penjelasan ini.

Untuk melanjutkan, ada baiknya kita simak dulu hal-hal apa saja yang menyebabkan baterai boros atau daya nya cepat berkurang.

Penyebab Daya Baterai cepat berkurang atau boros





Pada awal kita membeli sebuah handphone baru, sudah pasti baterai yang terpasang kondisi nya masih baik dan optimal.

Akan tetapi secara lambat laun baterai tersebut akan mengalami penurunan performa bahkan baterai bisa rusak karena pemakaian.
Kondisi seperti ini prosesnya bisa berlangsung cepat dan bisa juga secara lambat. Tergantung dari bagaimana pemakaian si pemilik handphone.

Penyebab performa baterai cepat menurun dan melemah sehingga daya akan cepat habis ini, karena tanpa di sadari kita melakukan suatu aktivitas yang kurang benar pada handphone tersebut.
Untuk itu sebaiknya kita fahami dulu, apa penyebab baterai menjadi boros atau daya cepat habis.

Dan penyebab performa baterai cepat menurun sehingga baterai menjadi boros adalah hal-hal berikut ini :

1.  Banyak aplikasi yang terinstal di handphone

Ini adalah penyebab pertama kenapa daya baterai  cepat habis alias boros. Kasus seperti ini sepertinya sudah menjadi umum.
Karena sebagian besar pengguna smartphone baik android maupun iPhone tidak menyadari dan tidak mengerti bahwa dengan menginstal banyak aplikasi pada handphone akan menjadikan daya baterai cepat berkurang.

Saya akan menjelaskan mengapa menginstal banyak aplikasi berpengaruh terhadap daya baterai.

Pada sebuah smartphone sudah pasti di lengkapi dengan chipset atau prosesor dan juga RAM. yang tentunya saat smartphone di operasi kan, keduanya membutuhkan suplai daya.

Jika kita menginstal terlalu banyak aplikasi terlebih jika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, maka hal ini akan memaksa prosesor  bekerja lebih keras dan juga menghabiskan banyak ruang pada RAM.

Hal ini akan memicu pemakaian daya yang lebih besar pada kondisi tersebut.

2.  Menginstal aplikasi yang berukuran terlalu besar

Penyebab kedua daya baterai akan cepat berkurang adalah menginstal aplikasi yang ukuran memori nya terlalu besar.

Aplikasi yang mempunyai ukuran besar biasanya adalah aplikasi game.

Kenapa bisa demikian, apa pengaruhnya menginstal aplikasi ukuran besar dengan baterai jadi boros?

Hal ini prosesnya sama dengan yang saya jelaskan pada poin 1 tadi. Karena semakin besar ukuran aplikasi yang di instal, maka akan semakin banyak memakai ruang pada RAM dan akan memaksa prosesor bekerja lebih keras.

3.  Terlalu banyak multi task aplikasi

Penyebab yang ketiga adalah banyak multi task aplikasi pada perangkat anda.

Yang di maksud multi task adalah banyak aplikasi yang bekerja atau berjalan dalam kurun waktu yang sama.

Terkadang tanpa di sengaja kita membuka dan menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Ini maksudnya  adalah ketika kita membuka dan menjalankan sebuah aplikasi, terkadang kita lupa untuk menutupnya.

Lalu kita membuka lagi aplikasi yang lain dan tanpa sengaja, lupa atau tidak menutupnya. Begitu seterusnya hingga tanpa disadari banyak aplikasi yang berjalan.

Kondisi ini sama halnya dengan poin 1 dan poin 2. Yang akan berpengaruh terhadap kinerja prosesor dan RAM.

4.  Bermain game terlalu lama

Poin keempat ini sangat berpengaruh sekali dengan masalah penggunaan baterai.

Mengapa demikian?

Penjelasannya adalah seperti ini, kebanyakan aplikasi game memiliki ukuran memori yang besar tidak seperti aplikasi android atau iPhone pada umumnya.

Menjalankan aplikasi game secara garis besar sama dengan penjelasan pada poin 1, poin 2 dan poin 3 yaitu memacu sistem dan prosesor bekerja keras.

Dan aplikasi game ini bisa di katakan lebih besar lagi pengaruhnya terhadap kinerja sistem dan prosesor pada handphone.

Selain itu pada saat bermain game, juga akan memacu kinerja lampu layar handphone. Apa lagi jika game di mainkan dalam waktu yang lama, maka layar handphone akan terus-terusan menyala dan hal ini sudah pasti akan mengakibatkan daya baterai akan terkuras dengan cepat.

Sekarang kita lanjut ke penyebab berikutnya.

5.  Mengaktifkan data seluler

Aplikasi yang di instal pada sebuah handphone ada sebagian yang hanya bisa berjalan ketika kita mengaktifkan data seluler. Karena aplikasi tersebut memerlukan akses ke internet.

Jika data seluler aktif otomatis beberapa aplikasi yang memerlukan data seluler tersebut akan bekerja. Walaupun aplikasi tersebut tidak kita buka dan di jalankan.

Aplikasi tersebut akan tetap bekerja di latar belakang. Karena ada sebagian aplikasi yang jika data seluler aktif tetap akan bekerja walaupun tidak sedang di jalankan.

Biasanya yang seperti ini adalah aplikasi media sosial contohnya aplikasi facebook, aplikasi whatsapp, aplikasi twitter dan lain-lain.

Dengan demikian jika aplikasi-aplikasi tersebut bekerja, maka sudah pasti akan membutuhkan suplai daya. Sehingga daya baterai pun jadi cepat berkurang.

6.  Mengaktifkan gps

Poin yang keenan ini mungkin banyak yang tidak tahu atau tidak menyadari bahwa mengaktifkan fitur gps bisa menyebabkan daya baterai akan cepat berkurang.

Bagi yang belum tahu kenapa bisa demikian, hal ini prosesnya hampir sama dengan poin 5. Yaitu ketika fitur gps di aktifkan maka system yang terkait dengan fitur gps ini akan bekerja yang otomatis juga memerlukan suplai daya.

Oleh karena itu untuk menghemat pemakaian baterai agar tidak cepat berkurang, sebaiknya nonaktifkan saja fitur gps tersebut. Karena fitur ini di katakan tidak terlalu penting.

7.  Kondisi baterai sudah tidak normal

Inilah poin yang terakhir di mana poin ini adalah penyebab paling utama daya baterai cepat berkurang.

Setelah pemakaian dalam kurun waktu yang lama, atau ada hal-hal tertentu yang tanpa sengaja kita melakukan nya baterai sebuah handphone android dan juga iPhone akan melemah kondisi nya.

Artinya kinerja baterai tersebut sudah tidak maksimal terutama dalam hal menyimpan daya.

Yang seharusnya mampu menampung daya sesuai dengan kapasitas nya, karena kondisi nya sudah tidak normal maka baterai tersebut hanya bisa menampung daya yang kurang maksimal.

Karena beberapa komponen dalam baterai sudah melemah atau tidak berfungsi dengan baik.

Ciri-ciri yang bisa terlihat jika baterai tersebut sudah tidak normal biasanya bodi baterai mengembung tidak seperti bentuk aslinya. Dan biasanya akan cepat panas, walau hanya  sebentar di gunakan.

Itulah tadi beberapa hal yang menyebabkan baterai boros atau daya cepat berkurang. Setelah kita tahu penyebabnya, selanjutnya kita pahami bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini adalah tips bagaimana cara menghemat baterai beserta penjelasan nya.

Tips bagaimana menghemat baterai




tips bagaimana menghemat baterai
Bagi anda yang belum memiliki dan berencana hendak membeli smartphone, agar nantinya daya baterai tidak cepat habis tindakan awalnya sudah saya jelaskan di awal artikel ini.

Dan bagi anda yang sudah terlanjur memiliki smartphone baik android maupun iPhone untuk meminimalisir pemakaian dan untuk menjaga kesehatan baterai silahkan simak penjelasan berikut.

Mudah-mudahan dengan mengikuti penjelasan ini baterai pada handphone anda akan tetap stabil dan terjaga kesehatan nya. Sehingga baterai tidak boros dan tidak cepat rusak.

Berikut ini hal-hal yang bisa anda lakukan sebagai tindakan menghemat dan memelihara baterai pada smartphone.

1.  Hapus atau buang aplikasi yang tidak berguna

Tindakan pertama yang perlu di lakukan adalah menghapus beberapa aplikasi yang terpasang di handphone.

Karena sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab baterai menjadi boros adalah karena menginstal terlalu banyak aplikasi.

2.  Hapus atau lepas aplikasi yang berukuran terlalu besar


Seperti halnya pada poin 1 dan penjelasan nya sudah di terangkan sebelumnya. Bahwa memasang aplikasi yang berukuran terlalu besar akan berpengaruh terhadap pemakaian baterai.

Untuk itu, jika aplikasi tersebut bisa di katakan tidak terlalu penting kegunaannya maka sebaiknya lepas atau buang aplikasi tersebut.

3.  Hindari multi task

Tindakan selanjutnya andalah mengurangi multi task aplikasi. Seperti yang sudah di jekaskan sebelumnya apa pengaruh multi task terhadap pemakaian baterai.

Mulai dari sekarang biasakan lah untuk menutup aplikasi setelah menggunakan nya. Jangan hanya keluar aplikasi dengan cara pintas yaitu menekan tombol tengah atau tombol home.

4.  Kurangi durasi atau waktu dalam bermain game

Dan hal ini pun sudah di jelaskan sebelumnya apa dampak buruk nya bermain game terlalu lama terhadap kinerja baterai.

Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya kurangi durasi atau jangan terlalu lama bermain game. Demi menjaga kualitas baterai handphone.

5.  Matikan data latar belakang

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa ketika kita mengaktifkan data seluler pada handphone maka beberapa aplikasi akan bekerja walaupun aplikasi tersebut tidak sedang di gunakan.

Untuk menghindari hal tersebut maka kita perlu mematikan data latar belakang. Tujuannya untuk memblokir apllikasi agar tidak menggunakan kuota data ketika aplikasi tersebut sedang tidak di buka atau di gunakan.

Hal ini otomatis akan mengurangi pemakaian baterai. Dan agar cara menghemat baterai bisa lebih maksimal, sebaiknya segera matikan data seluler jika sudah tidak di gunakan.

Untuk mematikan data latar belakang pada masing-masing handphone caranya berbeda beda. Secara umum tombol tersebut terletak pada pengaturan jaringan atau pengaturan data seluler dan sebagai nya tergantung tipe handphone yang di pakai.

6.  Jangan mengoperasikan handphone ketika sedang di cas

Ini adalah poin yang paling penting yang sangat perlu di lakukan. Namun hal ini justru selalu di lakukan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Entah sengaja ataupun tidak.

Penjelasan penyebab baterai menjadi boros  pada poin 7 yang mengatakan karena kondisi baterai sudah tidak normal.

Dan Kondisi baterai tidak normal ini bisa di sebabkan banyak faktor. Karena faktor umur baterai yang sudah lama, atau karena faktor yang lain.

Jadi perlu anda tahu salah satu faktor penyebab kondisi baterai jadi melemah adalah mengoperasikan handphone ketika di cas itu tadi.

Ini karena hal tersebut akan memaksa komponen-komponen yang ada di dalam baterai bekerja extra keras. Sehingga akan menyebabkan umur baterai menjadi pendek.

Untuk menghindari hal ini, tindakan yang paling di anjurkan adalah mematikan handphone pada saat sedang di cas.

Itulah tadi tips bagaimana cara menghemat baterai beserta penjelasannya. Saya saran kan untuk mengikuti tips tersebut agar baterai tetap awet dan tahan lama. Terimakasih.

Baca juga

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

3 komentar:

  1. Sangat membantu tutorial nya pak..
    Sukses terus ya.

    BalasHapus
  2. Memainkan hp sambil charging bisa menurunkan performa baterai adalah mitos. Memainkan hp sambil charging hanya menurunkan performa pengisian daya, artinya waktu untuk mengisi daya semakin lama, bukan baterai yg semakin rusak.

    Hal yang paling signifikan menurunkan performa baterai adalah diantaranya :
    - daya baterai yg sering dibawah 10% bahkan nol/hp mati baru dilakukan pengisian, sebab pada saat baterai diisi dengan kondisi 10% dibandingkan baterai dengan kondisi di atas 10% berbeda, dimana pada saat baterai 10% atau bahkan benar benar kosong baru dilakukan pengisian membutuhkan voltase yg lebih besar dibandingkan kondisi baterai di atas 10% ini yg bisa menyebabkan performa baterai (li ion system) menurun
    - hindari pengisian hp baterai dalam waktu yg lama. Misalnya pada saat kita tidur, hingga bangun pagi hp di charging penuh, padahal baterai sudah 10%. Ini juga bisa menurunkan performa baterai.l, karena saat baterai sudah di atas 95% tetapi masih menerima voltase karena pengisian berkelanjutan bisa merusak li ion system pada baterai

    - Lebih baik dilakukan pengisian parsial. Artinya kondisi baterai masih 25% kita melakukan charging hingga 60% kemudian dimainkan lagi, sebelum 25% dicharging lagi, walau pun belum 100 % dipakai lagi. Itu lebih baik dibandingkan dengan mengisi semalaman hingga baterai full 100% dan menerima voltase dalam waktu yg berlamaan

    *Semoga penulis lebih banyak membaca lagi menegenai baterai hp, karena ada beberapa yg disampaikan tidak tepat, dan hanya mitos belaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bapak memang ahli mengenai baterai atau mungkin hanya ahli mengkritik. Tapi sebaiknya bapak bisa menempatkan bahasa mitos dengan benar.

      Hal-hal yang telah di tulis di atas adalah fakta.

      Berita yang mengatakan bahwa meletakkan handphone malam hari di atas makam baterai handphone akan mengecas dengan sendirinya itu baru mitos pak 😀

      Hapus

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...