[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: BAGAIMANA CARA MEMBUAT BLOG DENGAN MUDAH
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Senin, Oktober 22, 2018

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BLOG DENGAN MUDAH

Oleh : Febry Cell80
 
Pikiranku
Pada penjelasan ini saya akan mengulas secara rinci tentang bagaimana cara membuat  blog. Karena mungkin banyak sekali yang masih bingung bagaimana cara membuat  blog website.

Di era yang serba online saat ini dunia blogging semakin di minati oleh banyak orang. Pasalnya banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat dengan membuat blog. Di samping itu akan memberikan kepuasan tersendiri karena kita bisa berbagi informasi dengan orang lain.

Oleh karena itu banyak orang yang ingin berkecimpung dalam dunia blogging. Jika anda mempunyai ingin tahu cara  membuat  blog tidak salah jika anda membaca artikel ini.

Lantas bagaimana caranya?

Untuk melanjutkan anda harus mengetahui hal hal apa saja yang perlu anda pelajari dan pahami terkait cara membuat  blog.

 

HAL HAL YANG PERLU DI PELAJARI SEBELUM MEMBUAT BLOG


Pikiranku
Untuk membuat  blog, ada beberapa hal dasar yang wajib hukumnya anda pahami. Hal hal ini sangat diperlukan sebagai ilmu dasar untuk membuat  blog. Walaupun tidak sepenuhnya menguasai, setidaknya ilmu dasar ini akan  akan memberikan panduan yang jelas tentang cara membuat blog.

Lalu apa sajakah hal hal harus di pahami sebagai ilmu dasarnya, simak penjelasan berikut :

1.          Mengetahui dasar membuat konten
 
Hal yang paling penting dan wajib dalam membuat blog adalah bisa membuat konten atau isi. Yang paling diutamakan adalah konten berupa artikel.

Setidaknya anda harus bisa membuat atau menulis sebuah artikel. Walaupun anda tidak seberapa menguasai dalam hal ini. Karena kalau anda sudah terjun ke dunia blogging lambat laun anda akan mahir dalam membuat artikel. 

Baca juga

Artikel harus hasil tulisan anda sendiri, bukan menjiplak dengan copy paste tulisan orang lain. Karena ini merupakan pelanggaran dalam kategori berat, jika artikel yang kita terbitkan itu di blog merupakan hasil copy paste. 

Apalagi jika anda membuat blog menggunakan domain gratis platform blogspot, blog anda bisa kena penalti oleh pihak google. Karena hal itu sangat melanggar kebijakan google.

Terlebih jika tulisan yang anda copy itu memiliki hak cipta, ini akan menjadi masalah besar. Karena sang pemilik bisa saja melakukan penuntutan.

Mulai dari itu, sekarang belajarlah untuk menulis artikel. Untuk diterbitkan di blog, usahakan membuat artikel yang isinya berkualitas. Artinya jangan membuat artikel yang topik dan isinya asal-asalan.

Selain artikel, konten yang bisa di sajikan dalam blog bisa berupa video atau gambar. Dalam menerbitkan sebuah artikel sebaiknya sertakan setidaknya 1 gambar. Selain artikel akan lebih bermakna, gambar menjadikan tampilan halaman akan lebih menarik.
 
2.          Mengetahui dasar mendesain blog

Setelah memiliki kemampuan dasar untuk membuat konten, selanjutnya bagian penting lain dari cara membuat blog yang perlu anda pelajari adalah ilmu dasar dalam mendesain blog. Desain blog bisa berupa membuat kotak menu, membuat tombol navigasi, mengedit tema, membuat header blog dan lain-lain.

Namun anda tidak perlu berkecil hati jika merasa tidak punya kemampuan melakukan hal tersebut. Karena hal ini bisa di pelajari dan di kerjakan sambil berjalan. Artinya yang penting anda buat dulu sebuah blog dan mulai menerbitkan artikel baru belajar mendesain blog setelahnya.

Karena setelah kita mendaftar dan membuat blog baru, menu-menu tersebut sudah ada pada template atau tema standar bawaan blog . Tema standar bawaan blog tersebut juga bisa kita ganti dengan tema standar lainnya,  yang sudah tersedia. Bahkan ada banyak situs atau blog yang menyediakan template gratis maupun berbayar yang bisa anda ambil untuk di terapkan di blog.

Namun kalau anda ingin tampilan blog lebih menarik sesuai dengan keinginan. Dan ingin menambahkan menu-menu tertentu dalam blog, anda perlu belajar untuk mendesain blog.

Setelah membuat blog, sebaiknya anda segera pelajari dan bisa langsung di praktekan tentang cara mendesain blog. Sudah pasti lama kelamaan anda akan mampu untuk mendesain blog sendiri di kemudian hari.

Kita lanjut kan ke ilmu dasar yang ketiga.
 
3.          Mengetahui dasar dasar HTML CSS dan javascript

Sebenarnya untuk pemula hal ini tidak terlalu wajib.  Walaupun anda masih awan dan kedap dengan sentuhan bahasa pemograman semisal   HTML CSS dan Javascript , ini bukan suatu kendala serius yang bakal menyulitkan dalam membuat dan membuat  blog.

Memang untuk bagian  ini anda harus memahami walaupun tidak sepenuhnya. Karena untuk membangun dan merubah tampilan blog, kita setidaknya memahami tentang HTML CSS dan Javascript.

Tapi tak ubahnya seperti poin yang kedua, ini bisa di pelajari sambil berjalan. Jika anda terus menerus bekerja membangun blog milik anda, sambil terus mempelajari cara mendesainnya, anda akan tahu atau paham dengan sendirinya tentang HTML CSS dan javascript.

Untuk mengedit tema, atau mendesain blog cara yang mudah adalah cukup menambahkan widget yang telah di sediakan. Namun dengan cara ini fitur terbatas. Kita tidak bisa sepenuhnya mendesain sesuai dengan keinginan. Untuk bisa mendesain blog sepenuhnya anda harus masuk ke menu edit HTML. Di sinilah di butuhkan kemampuan dalam hal HTML CSS dan Javascript.

Setelah anda mengetahui ilmu dasar tentang cara membuat blog, langkah selanjutnya tentukan platform yang akan di pakai untuk mendaftarkan blog.

MEMILIH JENIS PLATFORM BLOGGING


Untuk memulai membuat  blog, anda perlu memilih jenis platform blogging yang akan di gunakan. Platform blogging ini di bedakan menjadi 2 yaitu :

    Platform blogging gratis

Membuat blog menggunakan platform blogging jenis ini caranya lebih mudah. dan tentunya kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Karena kita mendaftarkan melaui subdomain mereka. Platform blog jenis ini direkomendasikan untuk pemula.

    Platform blogging berbayar
Membuat blog memakai platform blogging berbayar, anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli domain atau alamat blog dan menyewa hosting untuk membuat sebuah blog tersebut. kita harus mempersiapkan kartu kredit / kartu debit atau bisa juga melalui rekening PayPal sebagai sistem pembayarannya.

Jika menggunakan platform blogging gratis anda cukup mendaftarkan akun lalu anda bisa langsung membuat alamat blog yang di inginkan sesuai ketersediaan dan bisa langsung membuat blog.

Sebelum melanjutkan saya jelaskan sebentar apa itu domain dan hosting.

Pengertian domain secara sederhana adalah suatu alamat yang gunakan sebagai akses menuju blog atau website. Sebagai contoh : www.bedah-hp.com, www.namablog.com, dan lain lain.

Sedangkan hosting pengertian sederhananya adalah tempat mengelola atau menyimpan file-file blog atau website tersebut.

Bisa di ibaratkan hosting adalah sebuah rumah sedangkan domain adalah alamat menuju rumah tersebut. 

Baca juga

Sebenarnya untuk memiliki domain dan hosting kita harus mengeluarkan biaya, untuk membeli sebuah domain atau menyewa sebuah hosting.

Muncul pertanyaan di ubun-ubun kita,  mengapa untuk membuat blog atau website bisa gratis?

Membuat blog melalui platform blogging gratis ini sebenarnya kita di ibaratkan 'menumpang' domain dan hosting milik orang lain. Pemilik domain inilah yang mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting tersebut.

Membuat blog menggunakan platform blogging gratis tersebut artinya kita mendaftar ke sub domain milik mereka. Maka dari itu alamat yang kita buat akan mengikut sertakan nama domain mereka.

Sebagai contoh jika kita membuat blog melalui platform blogspot, maka nantinya alamat blog yang kita daftarkan dan dapatkan adalah 'namablog.blogspot.com' bukan 'namablog.com' karena kita mendaftar pada domain blogspot. 

Ada banyak pilihan penyedia layanan blogging dengan platform gratis. Berikut daftar beberapa platform blogging gratis yang paling populer, silahkan anda pilih :

                 Blogger :  www.blogger.com (blogspot.com)
                 Wordpress : wordpress.com
                 Tumblr : www.tumblr.com
                 Medium : www.medium.com
                 Weebly : www.weebly.com

Platform blogging tersebut yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah platform blogspot dan platform wordpress. Blogger adalah merupakan platform tertua di dunia blogging. Namun di banding platform wordpres, blogspot lebih banyak di gunakan oleh para blogger baik di blogger di negeri kita ini maupun blogger di seluruh dunia.

Mengapa demikian..? 

Karena sebagian besar para blogger tujuan membuat dan membangun sebuah blog selain untuk berbagi informasi adalah untuk di monetisasi.

Yang di maksud monetisasi  adalah menghasilkan uang yaitu dari blog tersebut. Untuk memonetisasi sebuah blog bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dan untuk memonetisasi sebuah blog yang terbilang sangat diburu oleh para blogger adalah menjadi publisher di google adsense. 

Dan satu-satunya blog menggunakan platform blogging gratis yang bisa di terima menjadi publisher google adsense adalah blog yang ber platform blogspot. Sebab platform blogspot atau ini memang di kelola pihak google.

Cara membuat blog yang kedua adalah melalui  platform blogging berbayar. Jika anda memilih metode berbayar maka anda harus mempersiapkan biaya untuk membeli domain atau menyewa hosting. 

Perlu anda tahu kelebihan memilih platform blogging berbayar ini, domain akan menjadi milik kita sendiri, tidak 'menumpang' dengan orang lain. Nama domain atau alamat blog yang kita buat tidak di ikuti nama domain orang lain. tergantung kesediaan dari nama domain tersebut sudah digunakan atau belum. Jadi alamat blog nantinya bisa menjadi : namablog.com, namablog.net, namablog.id dan lain lain.

Keuntungan yang lain fitur-fitur sebagai pendukung untuk membangun blog tersebut lebih lengkap. Disamping itu setelah membuat dan membangun sebuah blog melalui platform blogging berbayar akan lebih mudah untuk melakukan monetisasi blog tersebut. 

Karena ada sebagian pihak adsense tidak mau menerima blog platform gratisan sebagai publisher (penerbit iklan) mereka. Dan untuk mendaftar sebagai publisher di google adsense blog dengan platform blogging berbayar lebih berpeluang cepat di terima.

Untuk platform blogging berbayar juga banyak situs situs yang menyediakan. Berikut ini beberapa pilihan platform blogging berbayar yang bisa anda pilih.

                 wordpress premium link wordpress.org
                 wix link www.wix.com
                 Squarespace  link www.squarespace.com
                 Joomla link www.joomla.org
                 Drupal link www.drupal.org

Harga sewa hosting yang di tawarkan masing-masing penyedia layanan berbeda-beda. Dan sistem pembayarannya pun berbeda-beda, ada yang di hitung sewa bulanan dan ada yang dihitung sewa tahunan.

Untuk sewa tahunan harga yang paling murah adalah sekitar US$1 tergantung akhiran yang di pakai ( .com .net .id .org  ) atau akhiran lainnya.

Bagi anda yang baru pertama kalinya hendak membuat blog, ada baiknya anda menggunakan platform blogging gratis terlebih dahulu. Sambil anda belajar membangun dan mendesain blog tersebut. Setelah anda sudah banyak memahami dalam hal membangun blog,  jika anda berminat bisa mencoba membuat blog dengan platform berbayar.

Tapi terserah anda hendak memilih platform yang mana, tergantung dengan tujuan utama anda membuat blog.

Setelah menentukan salah satu platform langkah selanjutnya adalah 

Mengunjungi situs
 Buka dan kunjungi salah satu platform blogging yang sudah di pilih
 
Mendaftarkan akun.
Selanjutnya mendaftar akun pada platform blogging tersebut. Untuk mendaftar akun di perlukan alamat email yang valid. 

Mendaftarkan nama domain atau alamat blog
Proses selanjutnya mendaftarkan nama domain, nama domain ini sekaligus akan di jadikan alamat blog.

Jika anda menggunakan platform gratis alamat blog akan mengikut sertakan domain mereka. Namun nanti nantinya nama domain bisa juga di upgrade ke domain berbayar, domain jadi milik kita sendiri. Sehingga alamat blog tidak di ikuti domain mereka. Tapi akan di kenakan biaya untuk menyewa hosting mereka.

Untuk membuat alamat blog usahakan nama disesuaikan dengan topik blog yang akan di buat. Misalnya kita akan membuat blog dengan topik smartphone android. 

Usahakan memilih nama blog seputar android contoh android02.com hpandroid.com dan lain lain.

Dan pada platform blogging berbayar, kita juga bisa memilih ekstensi atau akhiran yang di gunakan. Seperti .com .id  .org  .net dan pilihan ekstensi lainnya. Dan menggunakan ekstensi tersebut harga sewa nya akan berbeda-beda.
 
Membuat blog
Setelah sukses mendaftarkan alamat blog, langkah selanjutnya adalah membuat dan membangun blog. Akan tersedia panel yang di gunakan untuk membangun blog ,termasuk panel untuk membuat artikel dan berikut widget widget yang di sediakan untuk mendesain blog.

Setelah sukses mendaftar, sudah memiliki alamat, dan blog sudah siap di bangun, ikuti penjelasan selanjutnya sebagai proses cara membuat blog.

LANGKAH SELANJUTNYA UNTUK PROSES MEMBUAT  BLOG


pikiranku
Setelah sukses mendaftar dan blog siap di gunakan, hal hal berikut ini perlu dilakukan untuk melanjutkan proses membuat blog yang sudah di buat tadi. 

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah :

1.          Menentukan niche blog
Bagi anda yang masih pemula mungkin masih asing dengan istilah niche . Niche bisa di artikan topik. Topik untuk blog akan membahas tentang apa. Misalnya tentang android, tentang mobil, tentang kesehatan dan lain lain. 

Niche ini akan di jadikan acuan dalam menerbitkan konten blog. Jadi konten yang akan di terbitkan di sesuaikan dengan niche blog. 

Kita bisa saja menentukan beberapa niche pada blog. Namun sebaiknya kita terapkan satu niche saja. Agar blog terkesan fokus pada satu topik. Karena ini akan berpengaruh pada mesin pencari. Blog dengan satu niche akan lebih berpeluang tampil di halaman satu hasil pencarian. 

2.          Menentukan nama blog
Selanjutnya tentukan nama blog. Nama blog kalau bisa disesuaikan dengan topik blog. 

3.          Membuat deskripsi blog
Deskripsi blog juga di perlukan. Buatlah deskripsi atau keterangan juga di sesuakan dengan topik apa yang di tampilkan pada blog.

4.          Mendesain tampilan blog
Mungkin anda masih bingung bagaimana cara mendesain tampilan blog. Anda bisa mempelajari pelan pelan. Dengan mencari informasi dan mempelajari bagaimana mendesain sebuah blog.

Hal yang paling mudah yang bisa anda kerjakan terlebih dahulu adalah mengganti tema atau template blog. Karena ada beberapa tema bawaan blog yang tersedia dan bisa di terapkan di blog tersebut.
 
5.          Menerbitkan konten
Langkah berikut nya adalah menerbitkan kontent. Konten ini bisa berupa artikel, gambar atau video.

Konten yang paling utama diterbitkan adalah artikel. Buat dan terbitkanlah artikel yang berkualitas. Dan usahakan anda rutin atau sesering mungkin menerbitkan artikel. Agar blog anda menjadi kaya konten dan hal ini akan bisa mendatangkan banyak pengunjung.
 
6.          Mengembangkan blog
Sambil anda terus menerbitkan konten, berusahalah untuk mengembangkan blog. Mengembangkan blog ini termasuk mendesain blog dengan merubah tampilan, menambah widget tertentu, menambah menu pada blog dan termasuk mengembangkan konten pada blog.
 
Demikianlah tadi penjelasan secara rinci tentang bagaimana cara membuat blog. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. 
 
Baca juga
Arti, alasan, jenis topik serta cara menulis  artikel dan langkah membuat blog wallpaper

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...