[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: EFEK TAG HREFLANG UNTUK TRAFFIC BLOG DAN BROKEN LINKS YANG BELUM DIUNGKAP
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Sunday, December 17, 2017

EFEK TAG HREFLANG UNTUK TRAFFIC BLOG DAN BROKEN LINKS YANG BELUM DIUNGKAP


Pikiranku
Kalau kita sering memantau perkembangan kesehatan blognya dengan menggunakan web mastertools, pasti suatu saat akan menemukan istilah tag hreflang. Saat di akun web mastertools, coba  iseng-iseng klik di bagian search traffic terus menuju ke international targeting, nah jangan kaget, istilah tag hreflang akan anda jumpai di situ. 

Terdengar sangat asing tag satu ini dan pasti ada sebongkah pertanyaan yang bergelayut dalam pikiran kita , apa sebenarnya tag hreflang itu, lantas  apa juga efek buruknya jika tidak memasang tag hreflang ?

Pengertian Tag Hreflang

Tag hreflang sebenarnya  salah satu bentuk meta tag yang sering kita tempelkan di bagian template sebuah situs. Mengingat manfaatnya yang besar untuk SEO tidaknya sebuah situs, para  webmaster google  sejak tahun 2011 sudah menganjurkan agar meta tag jenis ini digunakan pada lama sebuah situs.

Dapat disimak melalui  https://support.google.com/webmasters/answer/189077?hl=id

Kita tinggalkan sejenak apa kata pakar webmaster google itu. Tag hreflang sebetulnya merupakan bahasa atau istilah yang dipakai oleh google sebagai sebuah simbol untuk menunjukkan bahasa suatu negara. Maksudnya begini, kalau blog kita berbahasa indonesia maka simbol yang dikenal oleh mesin pencari google adalah id, pun untuk blog berbahasa inggris untuk negara amerika serikat adalah us-en.

Baca juga
Panduan Optimalkan Konten Blog Untuk Pembaca dan Mesin Pencari

Gunanya, simbol-simbol ini untuk memberitahukan kepada robot pencari  saat merayap bahwa bahasa blog kita misalnya menggunakan bahasa indonesia atau inggris dengan target yang kita bidik di negara Indonesia atau Amerika Serikat.

Jadi kalau tag hreflang ini tidak di pasang ditemplate blog kita, lantas darimana mesin pencari akan tahu bahasa yang digunakan oleh blog kita. Ini akan membuat robot pencari bingung untuk menerjemahkan semua posting artikel dalam blog. Coba mikir!!

Setiap negara memiliki simbol-simbol tersendiri dalam cara pandang mesin pencari google, dua diantaranya sebagaimana  sudah saya utarakan sebelumnya.
Untuk kode tag hreflang negara  lain dapat di cari di wikipedia.com

Efek Buruk  Tidak Memasang Tag Hreflang

Berkembang sebuah pertanyaan baru, kalau kita tidak memasang tag hreflang bagaimana ? apakah ada efek buruknya di blog kita ?

Ini pertanyaan kritis, dan saya salut bagi yang sempat berpikir seperti itu. Ini tak bisa dianggap masalah sepele, karena bisa jadi ini menjadi salah satu sumber petaka tidak kunjung naiknya traffic blog kita.

Kembali lagi ke pertanyaan tadi, tentu ada pengaruhnya bagi sebuah blog yang tidak memasang tag hreflang ini. Dalam pantauan saya sejauh ini, efek buruknya adalah berupa :
1.    
  1. Target pembaca yang dibidik oleh blog kita masih kabur alias  tidak jelas sehingga orang yang berkunjung ke blog, jumlahnya sangat sedikit 
  2. Jumlah artikel yang terindeks oleh mesin pencari google, tidak sesuai dengan jumlah artikel yang kita posting. 
  3.  Kita tidak bisa memantau traffic blog kita karena tidak ada data yang tersedia di laman web mastertools 
  4.  Menjadi sumber munculnya broken links bagi situs yang berplatform blogspot.
Beberapa penjelasan blogger di beberapa situs yang saya baca, nampaknya menganggap tag hreflang tidak ada pengaruhnya pada traffic blog. Ini pemikiran keliru, tapi saya hargai pendapat mereka seperti itu.

Baca juga
Kumpulan Cara Blogger Meningkatkan Traffic

Tapi kalau dikaitkan dengan perubahan platform blogspot.com menjadi blogspot.co.id  maka efek buruk tidak memasang tag hreflang akan terasa sampai ke tulang sum-sum.

Ini sebuah pengalaman yang saya alami sendiri, ketika mencoba mengecek jumlah broken link  blog saya, maka terbaca platform blog saya bukan blogspot.co.id tapi blogspot.de (de adalah tag reflang negara jerman).  

Mengapa ini terjadi ?

Musababnya, karena robot pencari google semau-maunya menerjemahkan artikel blog kita, dikira menggunakan bahasa Jerman

Sialnya juga akibat perubahan otomatis platform dari blogspot.co.id ke blogspot.de,  ini dianggap broken links sehingga  secara berantai, mudah saja di tebak, ujung-ujungnya  pasti traffic blog akan hancur lebur, jongkok.

Masalah lain juga, kalau jumlah broken link dalam sebuah situs terlalu banyak maka sangat merusak reputasi di mata search engine google. Jelas, page authority situs itu sangat rendah, dianggap tidak profesional dan hanya asal urus.  

Cara Memasang Tag hreflang

Kalau sudah seia sekata dengan pikiran saya, maka tiba di cara memasang tag hreflang yang benar itu seperti apa. 

Banyak referensi yang bertebaran di jejaring daring script pemasangan tag hreflang itu modelnya seperti apa. Tapi saya kurang setuju dengan script tag hreflang yang sudah mereka bagikan.

Saya sendiri lebih suka meramu hreflang menggunakan bantuan tools hreflang generator di alamat https://www.aleydasolis.com/english/international-seo-tools/hreflang-tags-generator/

Saya pikir menggunakan bantuan tools akan lebih akurat script penulisan tag hreflang, jauh dari kesan seperti kata pepatah membeli kucing dalam karung. 

Untuk cara menggunakan cukup mudah, setelah masuk ke laman situs tersebut segera isi form yang tersedia seperti  alamat url blog,  kemudian di form berikutnya  pilih opsi bahasa yang digunakan di blog dan  tahapan terakhir pilih negara tujuan yang dibidik .
pikiranku

Isikan di bagian form yang bertuliskan  “add an additonal language/country url version” kalau anda berniat untuk memperluas cakupan pembaca dari negara target yang lain semisal negara Philipina, Singapura, Brunei..

Setelah semua form sudah komplit terisi, klik di bagian yang bertulis “generate the hreflang tags for these urls”. Tunggu beberapa saat, maka di bagian bawah akan tersaji tag hreflang blog anda yang siap untuk dipasang dalam template.

Untuk pemasangan dalam template,  tahap-tahapnya adalah
  1. Masuk ke akun blog
  2. Pilih menu thema dan klik edit template
  3. Cari tag dan tempatkan di bagian bawahnya tag hreflang yang sudah dibuat tadi dengan bantuan tools hreflang generator.
  4. Setelah sudah dipasang, maka masuk ke akun web mastertools dan ubah di bagian international targeting. Pilih negara yang dibidik sesuai pilihan negara saat membuat tag hreflang dengan bantuan tools hreflang generator tadi  


Pikiranku
Sekarang tugasnya anda tinggal duduk manis menuai hasilnya 

Baca juga
 Sumber, Dampak dan Cara Menghapus Broken Links Blog Secara Cepat
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

1 comment:

  1. Saya sudah memasang tag hreflang di blog saya, tapi beberapa minggu kemudian ada pemberitahuan di google search console bahwa 'x-default' - tidak ada tag kembali. Saya bingung apa maksudnya itu gan. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...