[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: CARA CEPAT DAN AMAN MENDAPAT UNTUNG DARI PERDAGANGAN KURS MATA UANG
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Sunday, December 03, 2017

CARA CEPAT DAN AMAN MENDAPAT UNTUNG DARI PERDAGANGAN KURS MATA UANG


Pikiranku

Geliat pergerakan ekonomi dunia tak bisa ditampik memiliki kontraksi yang kuat terhadap perekonomian Indonesia. Sebagai konsekwensi menganut sistem ekonomi pasar terbuka, melalui  proses impor dan ekspor barang,  hal ini tentu sangat berpengaruh sekali. Nilai tukar mata uang atau istilah gaulnya dengan kurs mata uang adalah salah satunya terpengaruh itu, dimana kurs mata uang ini merupakan faktor pembentuk   harga jual dan beli suatu komoditi di pasaran.

Walaupun tampak dunia dewasa ini berkesan sudah tak memiliki batas lagi, namun nyatanya semua negara didunia masih memiliki pembatas dengan kurs mata uang. Ini menjadi faktor pendorong utama terjadinya transaksi mata uang antar negara.

Apa sebab perlu terjadi transaksi kurs mata uang itu ?

Musababnya dipicu dari  faktor sumber daya yang terbatas di tiap negara, sehingga itu perlu pasokan dari negara lain yang kelebihan sumber daya.

Dalam titik ini, maka mau tidak mau setiap negara harus melakukan transaksi menggunakan mata uang negaranya masing-masing.

Tidak kurang ada 116 jenis mata uang didunia saat ini yang berlaku. Sayangnya, 116 jenis mata uang itu hanya berlaku di lokasi dan tempat tertentu saja. Semisal, mata uang rupiah Indonesia hanya berlaku di Indonesia saja, pun dengan  mata uang euro hanya berlaku di negara belahan dunia eropa sana.

Nah, pertanyaan kritisnya, bagaimana mata uang suatu negara bisa diakui dan berlaku di negara lain ?

Jawaban atas pertanyaan besar ini, adalah sangat tergantung pada permintaan dan penawaran yang masuk di pasar uang.

Jika permintaan akan mata uang tertentu banyak di pasar uang maka otomatis kurs mata uangnya menjadi tinggi dan begitupun sebaliknya dengan asumsi jumlah mata uang yang beredar tidak bertambah.
 
Sejauh yang saya ketahui, apabila kurs mata uang suatu negara menjadi lebih tinggi, akan  menyebabkan  nilai ekspor komoditi barangnya bertambah lebih mahal dan sebaliknya nilai impornya pun bergeser ke posisi lebih murah.

Lantas apa saja sebenarnya sumber penyebab  kurs mata uang selalu bergerak naik turun  ?

Sebab Kurs Mata Uang Naik Turun

Pikiranku
Ada banyak sumber penyebab kurs mata uang  suatu negara menguat dan melemah.  Namun dalam teori ekonomi makro yang pernah saya dalami, penyebabnya datang dari 6 hal  berikut :

1.  Laju Inflasi antar negara

Inflasi menunjukan trend kenaikan harga-harga komoditi di suatu negara. Dampaknya, akan berpengaruh terhadap kurs mata uang negara itu sendiri.

Mengapa ?

Karena di moment seperti ini akan banyak sekali uang yang beredar yang digunakan untuk membeli suatu barang. Kalau barang yang diproduksi dalam negeri tidak ada masalah, tapi kalau barang yang dibeli adalah hasil produksi negara lain, misalnya dari Amerika Serikat, maka otomatis oang yang hendak membeli barang itu memerlukan mata uang dolar.

Nah kalau yang meminta dolar terlalu banyak orangnya sedangkan jumlah dolar yang tersedia di pasar uang cuma sedikit, sesuai hukum permintaan dan penawaran, nilai dolar akan naik dan saat bersamaan nilai rupiah akan turun.

2.  Suku Bunga Berlaku

Bank central di sebuah negara, kalau di Indonesia adalah bank Indonesia dan Di Amerika Serikat bernama the fed merupakan lembaga keuangan negara yang mengendalikan hal-hal yang terkait dengan kurs mata uang suatu negara.

Saat terjadi inflasi, maka kebijakan moneter yang diambil adalah dengan menaikan suku bunga perbankan. Tujuannya, agar para investor yang memiliki modal tertarik dan berminat menyimpan uangnya di bank.

Akibatnya, jumlah uang yang beredar akan turun drastis, sehingga kurs mata uang negara itu akan menguat.

Maka dari itu hubungan antara suku bunga dan inflasi dan kurs mata uang tak ditabukan, sangat erat dan kental

3.  Jumlah Hutang Publik

Tidak hanya pemerintah yang berhutang ke negara lain, tapi publik atau akrab dibilang sektor swasta kerap juga berhutang ke pengusaha negara lain.

Duduk perkaranya, apabila hutang sektor publik itu sangat besar ke negara lain, misalnya ke Singapura, maka saat ingin membayarnya pasti akan butuh dolar  dalam jumlah besar.

Imbasnya, kurs mata uang rupiah terhadap dolar singapura akan merangkak naik.

4.  Stabilitas politik dalam negeri

Faktor politik kalau dipikir-pikir secara akal sehat bak kata pepatah bilang jauh panggang dari pada apa. Maksudnya, faktor politik sangat tidak berhubungan secara langsung  dengan naik turunnya kurs mata uang.

Tapi secara tidak langsung, faktor politik dalam negeri  ternyata bisa menjadi biang kerok hitam putih naik turunnya kurs mata uang. Tahun 1998 adalah contohnya, di mana demonstrasi besar-besaran mahasiswa yang ingin melengserkan kekuatan presiden Soeharto saat itu, ternyata membuat kurs mata uang rupiah terhadap dolar membumbung tinggi, hampir menyentuh Rp. 16.000/dolar.

Banyak investor asing yang membawa lari uangnya ke luar negeri, sehingga jumlah yang beredar di pasar uang menjadi sangat sedikit. Fakta yang tak bisa ditampik ini mendorong, kurs mata uang rupiah terhadap dolar pun meroket tajam.

5.  Neraca perdagangan

Kondisi perdagangan antar negara digambarkan lewat kacamata neraca perdagangan. Jika volume ekspor suatu negara lebih besar dari volume impornya berarti negara itu mendapat penghasilan yang diistilahkan devisa negara.

Baca juga

Pun sebaliknya jika volume impor yang lebih besar dari volume ekspor maka itu berarti devisa negara akan tergerus untuk kepentingan berbelanja.

Saat volume  impor naik itu, kita akan membutuhkan jumlah mata uang asing  yang lebih banyak untuk membayar, sehingga kurs mata uang rupiah ikut-ikutan juga terdampak.

Pengertian Kurs Mata Uang

pikiranku
Banyak orang suka sekali bermain kata-kata dengan menggunakan istilah kurs mata uang, saat di tanya apa yang dimaksud kurs mata uang itu, mereka hanya diam seribu bahasa.

Kurs mata uang sebetulnya merujuk pada perbandingan antara dua mata uang dari negara yang berbeda dimana dinyatakan dalam satuan nilai.

Mengapa harus dihitung kurs mata uang  itu ?

Sudah dijelaskan diawal, bahwa setiap mata uang hanya diakui penggunaannya di tempat tertentu. Jika ada dua negara yang hendak melakukan perdagangan, katakan Indonesia dan Australia, maka untuk mempermulus niat baik berdagang itu harus ada kurs mata uang diantara keduanya. Istilah yang paling pas untuk ini biasa dibilang kurs valuta asing

Celakanya, kurs mata uang itu tidak bisa ditentukan atas dasar kesepakatan di antara keduanya, ada mekanisme pasar uang yang berlaku dengan mengikuti hukum permintaan dan penawaran.

Sistem Kurs Mata Uang Indonesia

Di Indonesia sendiri, sistem kurs mata uang  telah 3 kali dilakukan perubahan. Awalnya menggunakan sistem kurs mata uang tetap, kemudian berganti menggunakan sistem kurs mata uang mengambang terkendali serta terakhir dengan sistem kurs mata uang mengambang bebas.

Apa alasannya sampai harus dilakukan perubahan 3 kali tersebut, tentu ada pertimbangan tersendiri menteri keuangan dan pihak bank Indonesia menyangkut keuntungan dan kerugian masing-masing sistem kurs mata uang ini.

Yang jelas, tujuan ditetapkan sistem kurs mata uang adalah
1.  Mempermudah saat transaksi pembayaran.
2.  Menjaga kemampuan daya  beli masyarakat.
3.  Mencari keuntungan jangka panjang.
4.  Menghindari resiko ekonomi global.
  
Prinsip Dasar Kurs Mata Uang

Dalam perdagangan kurs mata uang, hanya dikenal dua posisi untuk berdagang.

Posisi Beli
Posisi ini bisa diambil jika insting bisnis anda mengatakan dalam hati kecil bahwa kurs mata uang dasar akan bergerak naik.

Posisi Jual
Posisi ini bisa diambil jika insting anda mengatakan dalam hati kecil kurs mata uang dasar akan bergerak turun.

Yang dimaksud mata uang dasar adalah mata uang yang disebut pertama kali yang disimbolkan dalam penulisan misalnya Rp/USD.

Lepas dari itu, untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari kurs mata uang ini maka syaratnya insting kita harus peka dan terbiasa mengikuti isu-isu ekonomi global.   

Mengapa ?

Akar masalahnya, isu itu dapat membawa pengaruh baik dan buruk terhadap pergerakan kurs mata uang.

Isu kenaikan bunga bank central Amerika Serikat misalnya, jika  kita mengabaikan isu ini dan bersikeras melakukan perdagangan mata uang pasangan rupiah dengan dollar dengan mengambil posisi beli, itu namanya bunuh diri. Sudah pasti kurs mata uang  rupiah akan terjun bebas dan posisi yang tepat seharusnya dengan mengambil posisi jual.

Bila keadaan seperti ini menimpa anda bahwa apa yang diduga di awal tidak berjalan sempurna,  maka anda dapat segera melakukan penutupan perdagangan agar terhindar dari kerugian yang parah.   

Prinsip lain perdagangan kurs mata uang  juga menggunakan istilah lot yaitu menunjukan seberapa besar volume transaksi jual beli mata uang yang akan dilakukan.

Jumlah lot ini akan anda isikan pada form order saat mengambil posisi dagang (beli/jual).  

Untuk dapat mengisi form order ini, maka yang pertama kali wajib dilakukan adalah menandatangani  besar kontrak yang sesuai keuangan anda miliki.

Ada 3 jenis kontrak yang disediakan oleh perusahaan pialang kurs mata uang dan dapat  anda pilih sesukanya :

  • Pertama kontrak standar. jenis kontrak ini  membuka ruang pada anda untuk melakuan perdagangan mata uang hingga 100,000 USD 
  • Kedua kontrak mini, jenis kontrak ini mengijinkan anda melakukan transaksi perdagangan mata uang hingga 10,000 USD.
  • Ketiga kontrak mikro, jenis kontrak ini mengijinkan anda melakukan transaksi perdagngan mata uang hingga 1,000 USD.
Mendapat Keuntungan Transaksi Kurs Mata Uang

pikiranku
Setelah panjang lebar mengupas kurs mata uang di awal, maka saatnya kita masuk pada bagian yang ditunggu-tunggu para pemburu rejeki.

Di pasar uang, mata uang tiap negara di dunia diperjualbelikan layaknya disebuah pasar tradisional. Tujuannya, cuma satu ingin meraup untung  dari setiap perubahan harga kurs mata uang itu sendiri.
 
Untuk bisa meraup untung dan mengisi pundi-pundi saku kiri kanan, maka seyogyanya bisa mengerti dasar-dasar perdagangan kurs mata uang itu yang disebut trading forex.

Kendati, sebentar nanti dimungkinkan anda tidak melakukan sendiri jual beli mata uang itu, tapi hanya menggunakan jasa seorang broker. Namun asupan pengetahuan dasar perihal kurs mata uang wajib dimiliki.

Sedikit terasa unik dalam dunia jual beli kurs mata uang ini adalah keuntungan bisa didapat saat harga mata uang naik dan harga mata uang turun.
 
Kenapa bisa begitu ?

Musababnya, dalam kurs mata uang ini dilakukan dengan pola berpasangan.

Biar tidak bingung, coba perhatikan ilustrasi dalam gambar ini :
pikiranku

Pada gambar pertama, saat mengambil posisi beli untuk pasangan mata uang rupiah terhadap dolar, itu berarti yang kita beli rupiah dengan menjual dolar .

Kita berharap rupiah yang kita beli, nilainya akan naik dari nilai awal perdagangan 1.00.  Kalau tidak aral melintang sehingga perkiraan itu bisa berjalan mulus  misalnya ke posisi 1.25 maka selisih sebesar 0.25 itu yang merupakan keuntungan.

Baca juga

 
Adapun bila mengambil posisi jual pasangan mata uang rupiah terhadap dolar,  itu berarti  kita hendak menjual mata uang rupiah dengan membeli Dolar.

Apa yang kita lakukan di posisi jual ini, tentu karena insting bisnis berbicara kurs mata uang dolar akan naik terhadap rupiah sehingga jelas nilai mata uang rupiah akan turun dari posisi pembukaan perdagangan 1.00 ke 0.85. Selisih 0.15  itulah yang merupakan keuntungan dan dibilang 0.15 pip (Pip adalah harga terkecil dalam mata uang).

Bagaimana mencairkan  0.15 pip ini menjadi uang ?

Saya asumsikan saja bahwa saat melakukan melakukan perdagangan mata uang asing, dengan posisi jual (untung 0.15 pip) anda memesan sebanyak 2 lot dengan besar nilai kontrak sebanyak 100.000 lot.

Maka keuntungan bisa dihitung dengan formula :

Keuntungan = Nilai Pip  X Besar kontrak X jumlah Lot
 
Jadi cukup mudah untuk mengetahui berapa keuntungan yang kita bisa dapat. Seorang anak SD pun sanggup menghitung kalau cuma menggunakan formula hitung-hitungan seperti ini.

Baca juga

Kabar bagusnya, anda punya peluang sangat besar untuk melipatgandakan keuntungan dalam perdagangan kurs mata uang  ini karena lokasi pasar tidak pernah tutup 1 x 24 jam selama 5 hari.

Kenapa bisa seperti itu ?

Jawabnya, karena ada perbedaan waktu di lokasi- lokasi pasar uang beberapa negara.

Hingga saat ini ada 4 lokasi perdagangan mata uang yaitu Sydney (Benua Australia),  Tokyo (Benua Asia),  London (Benua Eropa),  New York (Benua Amerika).

Akhirnya, saran saya untuk mendapat keuntungan maksimal dari perdagangan kurs mata uang ini, mulai dulu dengan tahap belajar. Gunakan saja aplikasi meta data yang dapat di download melalui play store dan mulailah bertransaksi dengan menggunakan uang virtual.

Baca juga
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...