[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: LOWONGAN PEKERJAAN TANPA IJAZAH SARJANA
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Wednesday, November 08, 2017

LOWONGAN PEKERJAAN TANPA IJAZAH SARJANA

Pikiranku
Di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, mencari lowongan pekerjaan sangatlah sulit. Bagaimana tidak, dukungan pengunaan teknologi dalam pekerjaan ternyata telah mempersempit kebutuhan akan tenaga kerja. Akibatnya, pengangguran terbuka semakin meroket, kejahatan pun ikut-ikutan meningkat.

Menariknya, setiap tahun pertumbuhan lapangan kerja sangatlah lambat. Sampai tahun 2014, tercatat setiap 1 persen pertumbuhan ekonomi   hanya mampu membuka lowongan kerja berkisar 160.000. 

Sedangkan di sisi berbeda setiap tahunnya terjadi penambahan jumlah yang mencari lowongan  kerja sebesar 2 juta orang, belum lagi di tambah 23 juta orang yang hanya bekerja paruh waktu.


Artinya, pertumbuhan orang yang mencari pekerjaan sangatlah tinggi, tidak seimbang dengan jumlah lowongan kerja  nasional yang tersedia di pasar bursa kerja.

Dampak lebih jauhnya, muncul  persaingan yang begitu ketat antar pencari lowongan pekerjaan  dalam memperebutkan lowongan kerja yang tersedia.

Situasi yang sangat tidak bagus ini, tentu merupakan masalah bagi pemerintah dan lebih khusus lagi bagi pencari pekerjaan. Duduk perkaranya, karena biasanya persyaratan yang diminta saat mencari lowongan kerja itu cukup  berat, misalnya,   harus lulusan S1 dengan IPK 2.75, harus punya pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Baca juga

Kalau anda tidak punya dengan semua persyaratan itu, jangan dulu patah semangat. Seolah-olah duniat kiamat karena besok tidak makan lagi. Kata pepatah bijak, semut saja bisa cari makan, masa manusia tidak.

Ada banyak peluang kerja di luar sana yang tidak menuntut anda memiliki selembar ijazah sarjana atau lulusan perguruan tinggi. 

Apa saja pekerjaan itu ?

Peluang Kerja 

1. Satpam
pikiranku
Peluang kerja sebagai seorang satpam identik dengan masalah keamanan sehingga pas sekali kalau anda memberi pengertian seperti itu. Kalau kita pergi ke bank kita akan banyak menjumpai mereka yang berprofesi satpam ini. Pun di lokasi-lokasi pintu masuk perumahan, kawasan pertokoan, perusahan petugas satpam banyak  bertebaran di sana.

Nah bagi anda yang tidak  punya ijazah sama sekali atau hanya punya ijazah SMA sederajat tidak ada salahnya melamar pekerjaan ini. Syaratnya, postur badan bagus, punya nyali kuat.

2. Sopir pribadi/bus/taksi

pikiranku
Peluang kerja sebagai supir, baik itu supir pribadi pada seorang bos, supir bus atau taksi merupakan peluang berikutnya bagi yang hendak mencari pekerjaan. Syaratnya, anda punya keahlian mengemudi kendaraan yang dibuktikan dengan surat ijin mengemudi (SIM A) dari kepolisian.

Soal postur tinggi atau pendek, tidak dibutuhkan saat melamar pekerjaan sebagai supir ini. Pun dengan soal ijazah tidak pernah  diminta atau tanya saat melamar.

3. Marketing Finance / dealer kendaraan

pikiranku
Bagi yang sudah pernah membeli kendaraan tentu tidak asing peluang kerja yang satu ini. Kita banyak diberikan penjelasan oleh seseorang yang berprofesi sebagai marketing saat mau membeli kendaraan. 

Baca juga
Kumpulan Lowongan Pekerjaan di Indonesia dan Luar Negeri

Pun tak berbeda jauh saat butuh uang, dan mau menggadaikan BPKB kendaraan di perusahaan finance maka akan dilayani oleh seorang marketing finance.

Syarat untuk melamar pekerjaan ini tidak rumit, hanya butuh ijazah SMA sederajat saja, namun terkadang ada perusahaan tertentu menambah juga dengan syarat harus punya motor dan SIM C.

4. Asisten rumah tangga/rumah makan

pikiranku
Tugas utama seorang asisten hanya membantu pekerjaan baik di dalam rumah tinggal, rumah makan atau restoran. Umumnya pekerjaan yang dilakukan itu tidak bersifat spesifik, misalnya kalau asisten rumah tangga, menyapu, memasak, pel lantai.  

Baca juga
Rahasia Kerja Sampingan yang Berpeluang Sukses

Sedikit berbeda dengan asisten rumah makan/restoran, pekerjaan sehari-harinya cuma melayani pelanggan yang makan. Bagi yang serius ingin mencari lowongan pekerjaan sebagai asisten rumah tangga, mendaftar saja di situs olx.co.id. Saya  garansi 100 persen, saat daftar anda tidak diminta dengan ijazah apapun.   

5. Ojek online

pikiranku
Uber, go-jek merupakan 2 pekerjaan jenis baru yang akhir-akhir ini begitu menggeliat di dunia transportasi Indonesia. Mirisnya, peluang kerja ini masih banyak ditentang oleh sesama profesi, ojek individu.

Tapi itu soal lain, biarlah menjadi urusan pemerintah untuk membereskannya. Untuk mendapat lowongan pekerjaan ini, syaratnya anda harus memiliki kendaraan sendiri dan sebuah smartphone. Ijazah ? biar jadikan saja  itu sebagai pembungkus kacang.

6. Operator Alat Berat


pikiranku
Kalau anda sudah pernah mengoperasikan salah satu alat berat seperti excavator, loader, truk, fibro, maka jangan sia-siakan keahlian itu. Ada banyak perusahaan yang menawarkan lowongan kerja ini, mereka butuh keahlian anda sebagai operator alat berat dengan gaji rata-rata dihitung dalam jam. Biar lebih meyakinkan dan masuk akal, kunjungi situs jobstreet.co.id.
 
7. Pengembang jaringan


pikiranku
Sudah marak menjadi trend dalam dunia bisnis menerapkan metode Multi Level Marketing atau pemasaran berjenjang. lowongan kerja ini masih dipandang remeh dan sebelah mata sebagian besar orang. Dianggap peluang kerja ini jual menjual produk tertentu saja.

Padahal kalau otak mereka padat berisi, inti peluang kerja di dunia multilevel marketing sebenarnya adalah mengembangkan jaringan pemasaran, bukan berjualan produk.

Ada banyak perusahan yang menawarkan lowongan kerja ini, silahkan saja bergabung, syaratnya cuma butuh kartu tanda penduduk  di tambah membayar sejumlah biaya administrasi. 

Biar tidak kecolongan, ada baiknya anda jalan-jalan dulu ke situs ojk.go.id, pastikan perusahaan yang menjadi target sasaran anda tidak masuk dalam kategori investasi bodong di otoritas jasa keuangan.

Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...