[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: 8 CIRI-CIRI WEB HOSTING TERBAIK DAN BERKUALITAS TINGGI
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Kamis, November 30, 2017

8 CIRI-CIRI WEB HOSTING TERBAIK DAN BERKUALITAS TINGGI


8 CIRI-CIRI  WEB HOSTING TERBAIK DAN BERKUALITAS TINGGI

Di era digital yang semakin tidak memiliki warna bendera, ternyata keberadaan web hosting terbaik dan berkualitas tinggi ikut serta meramaikan kancah  lalu lintas informasi di dunia digital. Informasi seukuran tubuh semut saja begitu mudah berterbangan dan pindah antar satu daerah ke daerah lain, antar satu negara ke negara lain, bahkan menjadi viral. 

Tentu kita bersepakat, itu terjadi karena terlalu kuatnya pengaruh teknologi dalam menyebarkan informasi  lintas batas melalui sebuah website.

Baca juga
Mengeliatnya dan begitu maraknya penggunaan website sebagai basis dan pusat penyebaran informasi keseluruh penjuru dan pelosok dunia, ternyata telah membawa  angin segar bagi pelaku pelaku bisnis digital.

Mengapa ?

Ternyata di balik itu, ada celah ruang-ruang usaha  yang menunggu untuk disentuh oleh pelaku-pelaku bisnis digital.

Moment seperti ini  tentu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, dan tampaknya  cukup jeli  dimanfaatkan oleh pelaku usaha digital dengan membuka lapak usaha  sewa menyewa web hosting terbaik dan berkualitas.

Apa sebenarnya web hosting itu ?    

pikiranku
Web hosting sebetulnya jenis usaha yang menyewakan tempat untuk menampung  data secara online, persis sama dengan sebuah gudang. Anda gunakan gudang itu untuk menampung barang, maka wajib membayarnya.

Tempat penyimpanan data online itu  disebut banyak orang dengan istilah server, yaitu merupakan sebuah peralatan komputer yang terdiri dari  beberapa perangkat keras yang salah satunya hardisk sebagai tempat penyimpanan data.

Baca juga
Jadi ketika anda membuat sebuah website maka sejatinya yang harus ditanyakan ke diri kita, dimana data-data website itu harus di simpan ?
   
Ada dua alternatif yang bisa anda pilih

1.  Disimpan dalam server  sendiri, atau
2.  Disimpan pada server orang lain  (sewa web hosting)


Bagi yang punya uang melimpah, maka pilihan pertama dapat anda pilih, tapi bagi yang masuk kategori kaum dhuafa dengan modal seadanya maka mau tidak mau harus mengambil pilihan yang kedua.

Baik, saya akan urai satu persatu dua pilihan itu, dan apa-apa saja yang mesti dilihat dan dipertimbangkan secara matang.

Pilihan Membeli Server Sendiri

Jenis dan Fungsi Server  

pikiranku
Merk dan Jenis server yang tersedia di pasaran sangat banyak dengan berbagai merk ternama. Saya mencatat tidak kurang  ada 15 merk server yang di jual dipasaran. 3 diantaranya yang cukup bagus dan biasa dibeli orang seperti  :

1.  1.IBM System X3500-M4 Tower Server
2.  Asus  Server Tower INTEL REDSTONE E31231S-S1,
3.  Server Asus TS500-E8-PS4. 

Soal harga ketiga server itu pun berbeda-beda, dari kategori paling murah sampai paling mahal semuanya tersedia komplit di pasaran dengan kisaran harga antara Rp.10.000.000 hingga Rp. 85.000.000.

Biar merasa puas, saya sarankan menuju saja langsung ke tempat kejadian perkara http:/www.bhinneka.com

Apa tugas server itu ?

Tanggung jawab server selain sebagai tempat menyimpan data, juga melayani semua permintaan client online yang terhubung, maka dari itu spesifikasi teknis dari server itu sangat menentukan.

Mengapa spefisikasi teknis itu menentukan ? 

Jawaban atas pertanyaan besar ini, sederhana saja, karena fungsi server digunakan untuk berbagai kepentingan, semisal melayani email saja, menyimpan dan transfer data atau eksekusi program.  

Tentu karena fungsinya berbeda-beda, maka otomatis kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunaknya pun akan berbeda.

Nah bagi yang berniat ingin membeli  server sendiri untuk digunakan secara pribadi, maka spesifikasi server yang dibutuhkan  cukup yang kelas Rp.10.000.000 seperti server tower intel red stone E31231S-S1.

Pilihan Disimpan pada server orang lain (Sewa web hosting)

pikiranku
Pilihan kedua ini relatif lebih gampang dan mudah dieksekusi. Tinggal siapkan uang dan cari perusahaan yang ikhlas menyewakan servernya untuk anda pakai untuk menyimpan data. 

Kalau ditelusuri melalui mesin pencari google, ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa sewa web hosting terbaik dan berkualitas tinggi. Tawaran tarif sewanya pun bersaing super ketat murah, bahkan hampir-hampir tidak masuk akal sehat.

Tapi apakah tawaran harga yang murah itu, lengkap dengan fasilitas dukungan tehnical support, terbukti ? tunggu dulu. Kita harus pandai memilih dan memilah mana penyedia web hosting terbaik dan berkualitas tinggi serta layak dipercaya 100 %.

Sebelum kecewa berat di kemudian hari, ada beberapa tanda-tanda kalau itu adalah web hosting terbaik dan berkualitas tinggi.  

1.  Layanan 24 jam
Umumnya fasilitas ini selalu menjadi bagian dari promosi   pemilik web hosting, dengan mencantumkan beberapa nomor kontak admin atau sebuah alamat email. Mari kita uji, benarkah fasilitas ini berfungsi dengan baik, jangan-jangan ditelepon tapi tidak pernah diangkat, pun dengan kiriman email kita tidak pernah dibalas sama sekali.
    
2.  Domain murah atau gratis
Soal harga domain murah cukup banyak diburu penyewa web hosting, dan tampaknya cukup sengit pertarungan harga antar pemilik web hosting terbaik.  Rata-rata harga sewanya tiap bulan di bandrol diangka di bawah Rp.10.000. Tapi lucunya, masih ada juga yang bertahan di atas angka Rp.10.000 di tengah kancah persaingan harga sewa web hosting. 

Namun, saya sontak sempat kaget juga, ternyata ada web hosting yang berani menawarkan domain gratis. Saya sedikit curiga, ini sebuah jebakan, pasalnya domain gratis belum tentu milik kita sendiri.

Saya pikir, untuk bagian ini anda bisa buktikan sendiri dengan menghubungi langsung penyedia jasa sewa web hosting. Tanyakan juga, status kepemilikan domain itu, apakah menjadi milik kita atau tidak.

Masalahnya, akan muncul saat kita berniat pindah ke web hosting lain. Jika domain itu bukan milik kita maka mudah saja pemilik web hosting itu menutup akses ke website kita. Itu artinya, di web hosting berikutnya anda harus kerja dari awal lagi.

Apa tanda-tanda kalau domain milik kita sendiri ?

Tandanya, kita akan diberikan domain manager oleh pihak pemilik web hosting  di mana kita bebas sesuka hati mengatur dan mengelola domain.
 
3. Buat website gratis
Kalau anda merasa tidak cukup pintar membuat sebuah website, maka gunakan saja fasilitas layanan web hosting yang satu ini. Fasilitas ini sangat bagus sekali kalau anda ambil, mengingat diluaran sana jasa untuk membuat sebuah website dipatok dikisaran Rp.300.000 hingga Rp. 500.000.

Ini sebuah penghematan luar biasa, anda menyewa sebuah web hosting dan sekaligus meminta mereka untuk membuatkan website milik anda.

4. Performa cepat
Tawaran  performa yang cepat kepada calon client saya pikir bukan main-main dan asal melompat dari mulut pemilik web hosting. Pasalnya, ini taruhan harga diri dan rasa percaya dari client. Kalau di belakang hari tidak terbukti bahwa server mereka memiliki performa cepat, bisa-bisa client hengkang dan tidak pernah kembali lagi.

5. Garansi Uang Kembali
Ada rasa ragu-ragu biasanya ketika baru pertama kali hendak menggunakan jasa sewa web hosting. Takutnya apa yang mereka promosikan di website mereka, tidak terbukti yang ujung-ujungnya kita merasa dipermainkan.

Saya akui, layanan garansi uang kembali ini merupakan solusi cerdas yang akan menjawab rasa ragu-ragu calon client tadi.

Kalau mereka berbohong, tinggal capture saja bukti pengiriman uangnya dan diunggah ke media sosial.

6. Bebas Iklan
Iklan merupakan hal yang sangat mengganggu sekali saat-saat kita hendak membuat posting artikel di sebuah website. Banyak web hosting suka melancarkan serangan iklan promosinya dengan menempelkan dalam domain kita.

Pelajarannya, cari web hosting terbaik yang benar-benar bebas iklan tanyakan saat ingin menyewa sebuah web hosting, apakah web hosting mereka bebas iklan atau tidak. 

7.Memberikan bandwidth dan ruang penyimpanan yang besar    

Bandwidth merupakan besarnya arus data saat yang bisa diangkut  server saat ada permintaan yang masuk. Semakin besar bandwidth sebuah server web hosting maka akan semakin bagus kecepatan akses sebuah website.

Orang cenderung tidak suka berlama-lama menunggu website yang kinerjanya bak keong, lama terbuka saat kita butuh  sebuah informasi. Nah, bagi anda yang tidak ingin performa websitenya seperti ini, maka cari web hosting yang menawarkan bandwitdh besar. 

Sebaiknya bandwitdh itu ukurannya diatas 100 GB sehingga ketika terjadi lonjakan traffic website kita, maka server itu selalu mampu melayaninya dengan baik dan stabil.

Pun sama pentingnya dengan bandwidth tadi soal  ruang penyimpanan data. Cari web hosting terbaik yang menawarkan ruang penampungan  file website kita yang cukup longgar, kira-kira 2000 GB. Ingat, saat mengelola website, kita akan sering sekali menggunakan file gambar, foto, video dengan ukuran yang besar.    

8. Mendukung Payment Gateway
Layanan payment merupakan sebuah layanan yang biasa kita sediakan dalam sebuah website bisnis online. Nah, tanyakan saat menyewa web hosting apakah server mereka mendukung terhadap payment gateway seperti , visa, master card, paypal,  BCA, bank mandiri, BRI, bank mega, BNI 46.

Sangat ironis, semisal anda berniat membangun website bisnis online tapi tidak mencantumkan layanan payment gateway ini, lantas darimana transaksi itu akan terjadi ?

Kesimpulan

Belakangan, dunia digital banyak diramaikan dengan berbagai tawaran web hosting terbaik dan berkualitas tinggi pada pelaku-pelaku bisnis online untuk mau menggunakan fasilitas yang mereka sediakan. Tapi sayangnya ada beberapa web hosting  yang cuma jago dalam promosi, tapi nol besar dalam prakteknya.

Jadi, kenalilah dulu 8 ciri-ciri  web hosting terbaik dan berkualitas tinggi berikut  

1.  Layanan 24 jam
2.  Domain murah atau gratis
3.  Buat website gratis
4.  Performa cepat
5.  Garansi uang kembali
6.  Bebas iklan
7.  Bandwidth dan ruang penyimpanan besar
8.  Mendukung payment gateway

Baca juga
7 Hal tidak boleh di bagi ke media sosial, sangat bahaya

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...