[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: RAHASIA KERJA SAMPINGAN YANG BERPELUANG SUKSES
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Minggu, Oktober 29, 2017

RAHASIA KERJA SAMPINGAN YANG BERPELUANG SUKSES

RAHASIA  KERJA SAMPINGAN YANG BERPELUANG SUKSES
Kerja sampingan tampaknya masih menjadi kebutuhan pemburu pekerjaan dewasa  ini. Pasalnya, walau sudah memiliki pekerjaan utama yang bisa meraup pendapatan, tapi faktanya itu belum cukup. Banyak alasan yang biasa disampaikan ketika seseorang di tanya mengapa harus cari kerja sampingan lagi. Namun   alasan   paling masuk akal yang  selalu di bilang ekonomi saya masih payah.

Mungkin saja ada target-target tertentu yang ingin di capai oleh orang yang membutuhkan kerja sampingan  itu, seperti beli mobil. Bisa jadi juga pendapatan di pekerjaan utamanya masih  memprihatinkan. 

Baca juga
Kumpulan ide bisnis, peluang usaha terbaik
Semua alasan itu sah-sah saja, bagi yang berniat memilih dan menjalankanna namun yang pasti kerja sampingan akan selalu membutuhkan tambahan waktu bagi pelakunya.

Pertimbangan Mencari Kerja Sampingan

Kerja sampingan di luar pekerjaan utama kalau dipikir-pikir kabar buruknya  sangat mengandung resiko semisal karir menjadi mangkrak di perusahaan tempat bekerja, beban kerja semakin meningkat atau mungkin modal melayang.

Kabar baiknya, kerja sampingan membuka peluang besar untuk menjadi bos bagi diri sendiri. Kita bisa mengatur pekerjaan kita semau-maunya, kapan jam kerja di mulai dan berakhir, kapan harus istirahat.

Tapi pada posisi ini cuma layak dinikmati bagi orang yang kerja sampingannya sudah sukses. Bagi pendatang baru, tunggu dulu, kerja keras sekeras-kerasnya masih jadi tuntutan yang tidak dapat ditawar lagi.  
 
Ada berbagai pertimbangan sebelum memutuskan mencari kerja sampingan agar bisa sukses nantinya   :  

   a. Apa yang menjadi motivasi terkuat anda  
Banyak orang sering menyepelekan soal motivasi kerja ini padahal ini menjadi alasan satu-satunya kita bisa serius dan bisa bertahan selama mungkin ketika mulai bekerja. Mungkin kondisi keuangan anda saat ini begitu sangat terjepit, di tambah hutang yang berhamburan di mana-mana. Anda merasa malu selalu di tagih hutang maka ini layak dijadikan motivasi untuk mencari kerja sampingan.  
   

    b. Pertimbangan Waktu
Kenalilah waktu-waktu luang yang anda miliki karena kerja sampingan ini akan dikerjakan di sela-sela waktu pekerjaan utama.
  
    c. Siapa yang melakukan
Ada dua pilihan ketika hendak mencari kerja sampingan, pertama apakah anda yang akan melakukannya sendiri atau kedua, cukup menggunakan jasa orang lain. Jika memilih menggunakan jasa orang lain, perlu di pertimbangkan soal besaran gaji yang akan diberikan.
  
 d. Kekuatan Modal
Sudah menjadi lumrah dalam membangun usaha akan selalu beriringan dengan modal. Sekecil apapun usaha itu yang menjadi sandaran kita untuk kerja sampingan guna meraup pundi-pundi keuntungan akan butuh modal.

Jadi pastikan modal anda sudah tersedia dulu sehingga akan tahu pasti  jenis  usaha seperti apa yang hendak di rintis. Sebaiknya hindari modal yang menggunakan sumber dana dari hutang, karena terlalu beresiko tinggi.    

Jenis Kerja Sampingan

Bekerja di luar kantor atau dengan kata lain kerja sampingan mempunyai varian yang sangat beragam. Salah dalam memilih pekerjaan sampingan akan berakibat fatal, waktu anda tersita banyak, jadi hendaknya perlu berhati-hati mempertimbangkan pokok perkara ini.

Biar lebih menciut dan tidak membuat anda bingung saya rangkum ke dalam dua bagian besar kerja sampingan:

    1. Kerja konvensional
Tipologi pekerjaan ini banyak memiliki warna dan rupa-rupa jenis usaha. Jumlahnya bisa ratusan ribu jenis usaha semisal, warung kelontong, rumah makan, jasa laundry, sewa mobil, penitipan anak, counter pulsa, kost-kostan, service  elektronik, warung kopi, katering, sewa alat musik, sewa pakaian pengantin, perbengkelan, pembuatan roti, ojek online, kursus mengemudi.

Apapun pilihan kita untuk menjalankan kerja sampingan itu, sukses tidaknya akan sangat tergantung kondisi ekonomi di mana kita berdomisili di tambah pola kerja diterapkan.   

    2. Kerja online
Dewasa ini dengan semakin menggeliatnya dunia digital yang menjadi wabah di semua negara dunia, maka tak terelakan lagi pilihan bekerja secara online sudah menjadi trend baru yang banyak dipilih pemburu kerja sampingan.

Alasannya sederhana saja, modal sedikit, pangsa pasar begitu lapang tanpa batas bendera,  bisa dikerjakan bersamaan dengan pekerjaan utama di kantor.

Nah disini anda harus tahu  rupa-rupa kerja online yang bisa mendatangkan penghasilan.
a.   Youtuber/blogger
Syarat utama menjadi seorang youtuber Cuma 1 yaitu harus memiliki akun di chanel youtube kemudian di tambah anda rajin membuat video-video yang di unggah di akun yang sudah dibuat. Nanti kalau video yang dibuat mampu mendatangkan pengunjung yang banyak  segera daftarkan ke google adsense untuk mendapatkan iklan. Iklan inilah yang menjadi sumber penghasilan anda.

  Tidak berbeda jauh juga dengan seorang blogger, modal utamanya adalah sebuah website dengan berbagai platform. Kata kunci di kerja sampingan ini anda harus rajin menulis yang mampu menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Bila berhasil, segera bermohon  ke google adsense untuk mendapatkan iklan.

b. Freelance
Dalam dunia online saat ini banyak ditawarkan berbagai jasa  seperti design grafis, menulis artikel. Anda boleh saja memilih pekerjaan ini dengan catatan harus memiliki keahlian khusus karena persaingannya sangat keras dan tajam. Saya referensikan anda untuk berkunjung ke www.freelance.co.id, www.projects.co.id untuk mengambil berbagai tawaran pekerjaan.
 
c. Media berita online
Sudah marak dan berjamaah terjadi, mempublikasikan suatu berita cukup lewat sarana media online. Dibanding lewat media cetak yang membutuhkan dukungan sarana yang kuat, maka media online yang dibutuhkan cuma keterampilan olah dua jari saja.  

Baca juga

d. Konsultan media sosial
Menjadi seorang konsultan daring adalah pekerjaan tidak umum dan hampir-hampir tidak saya temukan ada orang yang berani menawarkan jasa di bidang ini. Pasalnya menjadi daya tarik tersendiri, karena penggunaan media sosial itu sendiri yang mayoritas digunakan orang  hanya untuk sekedar berkomentar. 

Fungsi lain sebagai sarana promosi bisnis tidak cukup banyak diketahui orang. Inilah peluang kerja sampingan yang layak anda pertimbangkan untuk diambil.

Baca juga

Kesimpulan

Pilihan untuk bekerja sampingan sangat terbuka lebar, siapapun dia terutama yang sudah memiliki pekerjaan tetap dapat mengambil dan memulai kerja sampingan ini. Tapi untuk mengawalinya, ada 4  hal yang musti dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil kerja sampingan.
  1. Motivasi terkuat dimiliki
  2. Pertimbangan waktu
  3. Siapa yang melakukan
  4. Kekuatan Modal   
Jika ke empat hal itu sudah beres anda pertimbangkan, langkah berikutnya memilih jenis kerja sampingan apakah dilakukan secara konvensional atau cukup saja dilakukan secara online. Anda bisa sukses di semua jenis pekerjaan itu karena semuanya berpulang kembali ke diri pribadi.  

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...