[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: CARA MEMBANGUN AFILIASI PEMASARAN PRODUK YANG BENAR
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Thursday, November 10, 2016

CARA MEMBANGUN AFILIASI PEMASARAN PRODUK YANG BENAR


Pikiranku
Banyak cara dilakukan orang yang menekuni bisnis online untuk meningkatkan omzet pemasaran produk mereka. Salah satu cara tersebut yang kerap menjadi primadona pelaku bisnis online adalah apa yang disebut  afiliasi pemasaran. 

Apa itu Afiliasi pemasaran

Secara sederhana, afiliasi pemasaran adalah suatu bentuk kerjasama antara pihak pemilik toko online dengan agen pemasaran dengan imbalan komisi tertentu. 

Baca juga

Jadi selaku pemilik toko online, tidak lagi direpotkan dengan urusan promosi produknya, agen pemasarlah yang berusaha mendatangkan konsumen ke website pemilik toko online. 

Contoh sederhana dari bentuk afiliasi pemasaran sebagaimana dipraktekan oleh amazon.com, tokopedia, oxl,  bukalapak. 

Cara Membangun Afiliasi Pemasaran 

Membangun sebuah bisnis berbasis afiliasi pemasaran sebenarnya cukup mudah. Anda cukup punya sebuah website dulu. 

Apakah menggunakan domain berbayar atau gratisan itu tidak masalah. Namun sangat disarankan menggunakan domain yang berbayar, biar anda memiliki kontrol penuh terhadap website anda.

Ada  beberapa langkah untuk membangun sebuah platform afiliasi pemasaran : 

1. Anda tentukan terlebih dahulu nama  afiliasi pemasaran bisnisnya. 

Apakah menggunakan merk pribadi dengan nama nada sendiri atau menggunakan  nama sebuah perusahaan. Misalnya, jika anda berniat dengan produk kesehatan, maka itulah yang menjadi niche afiliasi pemasaran anda. 

Niche itu hanyalah sebuah   langkah awal   yang biasa disebut para ahli pemasaran digital dengan sebutan  platform.

Baca juga

Ada beberapa alasan mengapa anda harus membangun platform ini   yaitu

Pertama, platform membuka peluang bagi anda untuk mengontrol merk dagang bisnis Anda, apakah itu nama produknya atau mungkin nama pribadi Anda sendiri.

Masalahnya muncul ketika afiliasi pemasaran yang anda luncurkan ke ruang publik semisal facebook, twitter guna mendulang traffic. 

Baca juga

Disini sangat beresiko sekali afiliasi pemasaran milik anda akan diganti atau diubah oleh pihak-pihak yang nakal dengan memasang nama mereka.

Kedua platform afiliasi pemasaran Anda berguna untuk meningkatkan rasa percaya calon konsumen anda. Orang-orang yang secara sengaja atau tidak mengunjungi website bisnis anda memiliki peluang kesempatan untuk melihat-lihat.  

2. Gunakan akun sebuah domain dan hosting. 

Ini sudah pasti harus dilakukan, karena menjadi cikal bakal munculnya sebuah website yang di dalamnya akan ditempatkan sejumlah produk, lengkap dengan ulasannya.

3. Bangun Daftar Email Anda. 

Ada pepatah mengatakan   Uang itu dalam daftar email.  Hubungan kerjasama dengan banyak orang adalah modal utama dari sebuah afiliasi pemasaran.  Tanpa itu, dalam jangka panjang bisnis online akan akan meredup dan mati kutu.

Daftar email pelanggan adalah salah satu bukti nyata  bahwa anda mendapat kepercayaan dari orang lain untuk bekerja sama.   

Sebenarnya anda bisa saja mencoba meningkatkan penjualan produk anda dengan mempromosikan secara sendiri. Tapi itu butuh kerja keras yang berlipat-lipat ganda.

Afiliasi  pemasaran lewat email bisa mengatasi masalah promosi produk itu. Dengan sistem pembagian komisi yang adil, maka pemasaran produk anda akan dibantu  oleh orang lain, tapi itu tidak gratis.

Baca juga

Jadi kata kuncinya, semakin banyak peluang anda terhubung dengan banyak orang  maka anda memiliki ruang yang lapang dan longgar untuk mengajak mereka mengikuti link afiliasi pemasaran milik anda. 

4. Bangun Kerjasama dengan Nota Kesepakatan

Membangun kerjasama tidak bisa hanya berdasar air liur dan propaganda kalimat rayuan dengan iming-iming komisi yang besar.  

Selaku pebisnis profesional, maka anda wajib menawarkan kerjasama afiliasi pemasaran itu dalam sebuah dokumen kesepakatan. 

Isinya akan mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing, larangan, tenggang waktu kerjasama serta pembagian komisi di kedua belah pihak.

Tawaran ini sangat baik untuk membangun reputasi dan citra anda bahwa anda punya komitmen dan serius untuk hubungan bisnis yang saling menguntungkan dengan siapa saja.

Skema Afiliasi Pemasaran 

Menukil dari pendapat para ahli digital marketing maka  sistem afiliasi pemasaran dipilah menjadi  5 macam  :

#1. Pay Per Sales (PPS), 
Metode PPS ini merupakan sistem pemasaran afiliasi yang menggunakan pembagian komisi jika sudah terjadi penjualan  produk. 

#2. Pay Per Click (PPC), 
Metode PPC merupakan sistem afiliasi pemasaran yang menggunakan pembagian komisi pada setiap terjadi klik pada iklan yang dipasang agen pemasar di websitenya.  

Salah satu metode PPC itu yang sangat terkenal dan banyak diburu blogger  adalah Google Adsense. 

#3.Pay Per Leads (PPL), 
Metode PPL  merupakan sistem afiliasi pemasaran yang menggunakan pembagian komisi untuk setiap lead  atau link yang diberikan agen pemasar anda. 

#4.Pay Per Review (PPR), Metode PPR ini merupakan sistem afiliasi pemasaran yang menggunakan pembagian komisi berdasar  hasil review atau ulasan yang ditulis seseorang. Review atau ulasan itu  berupa sebuah produk atau jasa.  

#5.Recurring. 
Metode kelima ini adalah sebuah metode afiliasi pemasaran yang menggunakan pembagian komisi  jika agen pemasar sukses memikat  calon konsumen  untuk menggunakan  produk atau jasa yang ditawarkan  

Cara Pembayaran Komisi

Pembayaran komisi yang bagi seorang agen pemasar umumnya tidak dilakukan begitu setelah terjadi transaksi. Namun biasanya dikumpul dulu sampai jumlah tertentu kemudian dibayarkan. 

Alasannya, karena hal ini terkait dari biaya administrasi yang ditimpakan oleh bank tertentu pada proses transfer komisi sendiri. 

Kesimpulan

Metode afiliasi pemasaran adalah metode lawas yang berkembang jauh sebelum dunia bisnis online itu ada. Amazonlah inisiator pertama yang membumikan metode ini di tahun 1994. 

Belakangan metode ini pun sudah marak diadopsi pelaku bisnis online dan itu merupakan metode super cerdas yang tidak ada alasan untuk tidak  kita gunakan. 

Asalkan anda serius mengikuti langkah-langkah yang sudah dituturkan tadi di awal, maka percayalah anda pasti akan sukses.

Baca juga


Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...