-->

Minggu, November 20, 2016

8 LANGKAH JITU MEMULAI BISNIS ONLINE

MEMULAI BISNIS ONLINE Bisnis online sudah menjadi model bisnis yang banyak diminati para pelaku usaha. Tak bisa ditampik, ini disebabkan makin merebaknya penggunaan internet sebagai sarana berkomunikasi.
 
Namun sayangnya tidak banyak orang yang bisa sukses dalam melakukan bisnis online. 

Jika diamati, persoalan ini lebih disebabkan ketidaktahuan mereka tentang cara melakukan bisnis online secara benar dan meyakinkan.

Cara Mulai  Bisnis Online

Untuk dapat memulai bisnis online dengan benar sehingga dapat menghasilkan uang maka ada 8 langkah penting yang perlu anda tahu dan kerjakan. 

Kalau ada salah satu yang tidak dikerjakan bagaimana ?

Pertanyaan yang kritis, kalau anda tidak mengerjakan salah satunya maka saya cuma bisa bilang jangan timpakan ke kepala saya masalah itu kalau suatu saat nanti anda tidak mendapat apa apa dalam bisnis online.

Lantas apa 8 langkah itu ?

1. Kenali  Pasar Anda

Pasar merupakan tempat bertemunya antara kelompok penjual dan pembeli. Mengingat fungsinya seperti itu maka  kunci penting untuk sukses dalam  bisnis online adalah dengan mengenali apa yang dibutuhkan pasar anda.  

Semakin anda tahu betul apa yang dibutuhkan pasar maka boleh dikata 70 persen anda sudah sukses. Sisanya 30 persen tinggal menyangkut hal-hal teknis yang cukup mudah diatasi. 
 
Baca juga 
Tips Membuat Website Bisnis Anda Bekerja

Untuk tahu apa kebutuhan pasar, maka coba perhatikan dan amati mendalam produk apa yang dibutuhkan orang namun tidak tersedia di pasar, atau kalaupun tersedia jumlahnya hanya sedikit.

Inilah peluang yang sangat bagus untuk dimanfaatkan. Anda dapat mengambil posisi ini secara tepat, menyediakan kebutuhan pasar yang tidak mampu disediakan orang lain.
 
#2. Daftar Nama Domain Anda

Bisnis online tidak pernah terpisah dengan namanya domain yang menunjukkan  alamat anda di internet. 

Ada banyak penyedia domain di dunia internet apakah dengan berbayar atau gratisan.

Salah satu penyedia domain tersebut adalah rumahweb.com.  Silahkan anda berkunjung langsung ke tempat kejadian perkara,


Bisa juga sebenarnya anda menggunakan subdomain yang gratisan seperti blogspot atau wordpres, namun ini akan berakibat :
  • Url website anda akan terlihat begitu panjang
  • Saat akan dipindahkan ke domain berbayar maka potensi kehilangan arus kunjungan ke website akan terbuka lebar.
#3. Sediakan Hosting

Hosting merupakan tempat dimana anda akan menyimpan file (gambar, video) yang diunggah pada domain anda. Fungsinya tidak berbeda dengan sebuah hardisk yang akan menampung seluruh data-data yang disimpan

Biasanya penyedia domain sebagaimana pada poin nomor 2 sudah membuat domain dan hosting itu menjadi  1 paket produk dengan metode pembayaran beli satu gratis 1.

Maksudnya, kalau anda memesan domain atau hosting maka hanya salah satunya yang dikenakan biaya/tahun .

#4. Membuat Website Bisnis Online

Tampaknya begitu sulit ketika kita bicara soal membuat website. Pikiran kita sudah pasti dipenuhi rupa-rupa pertanyaan, apakah saya harus tahu bahasa program lebih dulu.


Tidak seperti itu, anda punya dua pilihan untuk membuat website tersebut  :
  • Kalau anda sudah mahir dengan utak-atik template maka anda dapat membuat sendiri website tersebut
  • Kalau pengetahuan anda tidak mampu menjangkau kearah itu, maka pilihan kedua adalah dengan menyewa jasa desainer website. Soal biayanya bisa dinegosiasikan, cukup murah.
Ada banyak website yang menawarkan jasa untuk membuat website bagi anda, cukup ketik kata kunci "jasa membuat website" di mesin pencar i maka seketika j uga akan muncul ratusan situs penyedia jasa website.
 
Baca juga
9 peluang terbaik mendapatkan uang dari blog

#5.  Membuat Metode Pembayaran

Sangat lucu dan konyol jika suatu bisnis online masih menggunakan pola pembayaran manual seperti melakukan transfer uang via bank langsung.

Bisa-bisa yang semula konsumen anda sudah tertarik membeli produk anda namun kembali mengurungkan n iatnya ketika sampai di bank melihat begitu padat merayap orang antri melakukan transaksi keuangan.

Ada tiga pilihan yang bisa anda pakai dalam transaksi bisnis online.

a . Kartu kredit 

Saat ini metode pembayaran dengan kartu kredit sudah bukan barang baru lagi. Banyak orang menggunakan fasilitas perbankkan ini untuk melakukan transaksi.

Jika anda jalan-jalan ke situs amazon, apple store, google store, ebay maka fasilitas pembayaran kartu kredit ini telah mereka sediakan.


b. Paypal
 
Metode pembayaran ini sang at populer dan banyak digunakan dalam transaksi internasional. Kelebihan utama metode pembayaran paypal terletak pada keamanan yang begitu tinggi. Sudah demikian bebas pula biaya administrasi bulanan.
 
c . Kartu debit online
 
Metode yang ketiga ini sebetulnya belum begitu banyak diketahui banyak orang. Alasannya, bank di indonesia sendiri belum mengembangkan produk satu ini sebagai   salah satu metode pembayaran online.
 
Namun berbeda dengan bank luar negeri, metode kartu debit online sudah banyak digunakan.  Jadi tidak ada salahya anda siapkan juga metode pembayaran seperti ini.  
 
Saya anjurkan anda menggunakan metode pembayaran kartu debit payoneer.
#6. Siapkan Cara Mengirim Produk
Mengirim produk pesanan konsumen dalam bisnis online adalah wajib hukumnya. Reputasi anda akan dipertaruhkan secara hebat dalam hal ini . Jangan ada syak wasangka konsumen yang mengatakan anda adalah salah satu penipu online.


Mungkin saja produk yang dipesan itu, benar anda telah kirim tapi apakah sampai dengan selamat ke tangan konsumen itu perkara lain.

Boleh jadi juga barang itu sampai dengan selamat tapi apakah kondisinya masih bagus seperti di awal pengiriman.
 
Ini yang menjadi sebuah catatan penting, bahwa jangan sembarang menggunakan  metode pengiriman yang kurang memberikan jaminan keamanan produk anda.

Sejauh yang diketahui, metode pengiriman produk melalui JNE adalah masih yang terbaik. Sudah begitu dilengkapi juga dengan fasilitas  kontrol secara online posisi barang saat dikirimkan.
 
Tarif pengiriman ke seluruh wilayah pun tersedia secara terbuka dan tidak ditutupi. Jadi tidak ada salahnya, anda mencantumkan metode pengiriman produk menggunakan jasa JNE ini 
 
#7. D apatkan Traffic ke Website Anda

Website bisnis online sudah tersedia, tampilannya pun oke, berkilau bagai malaikat turun dari langit. Tapi kalau sepi pengunjung maka website bisnis online anda tidak ada artinya sama sekali. 

Sebagai langkah awal untuk menjaring pengunjung itu maka anda harus mendaftarkan website anda ketiga mesin pencari yakni Google, Bing dan Yahoo Namun itu belum cukup, masih ada upaya lain yang perlu anda lakukan agar  traffic ke website anda bisa me roket.

Ini sudah pernah saya ulas dalam posting sebelumnya.

Baca juga
Kumpulan Cara Blogger Meningkatkan Traffic Blog
 
#8 . Pantau bisnis anda 
 
Sudah menjadi rahasia umum, bisnis itu akan menjadi besar tidak serta merta terjadi begitu saja. Semuanya diawali dari kecil yang lambat laun mulai menggurita.

Poin ini anda harus garisbawahi, sehingga itu anda perlu memonitor statistik pergerakan dan pertumbuhan bisnis online anda.

Apa yang harus di monitor itu ?

Jumlah pengunjung, jumlah klik adalah bagian utama yang harus menjadi titik fokus pemantauan anda.

Anda tidak perlu galau bagaimana melakukannya. Cukup gunakan saja fitur webmaster tool yang disediakan mesin pencari google dan bing maka masalah itu akan terjawab.

Kesimpulan

Bisnis online sudah marak terjadi dan banyak dikatakan para ahli pemasaran terkemuka sebagai model bisnis paling populer abad 21.

Namun jika ditelusuri, tidak banyak orang bisa sukses dengan model bisnis online ini. Penyebabnya, mereka tidak menggunakan cara-cara yang benar untuk membangun bisnis onlinenya


8 langkah yang sudah d i urai sebelumnya merupakan jawaban bagi pelaku usaha yang ingin terjun ke dunia bisnis online. Saya bisa pastikan anda bakal sukses jika konsisten melakukannya.
 
Bagikan artikel ini