[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: RAHASIA STRATEGI PEMASARAN ONLINE PALING AMPUH
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Sunday, October 30, 2016

RAHASIA STRATEGI PEMASARAN ONLINE PALING AMPUH

<alt img src='gambar.jpg' width='100' height='100' alt='rahasia strategi pemasaran online paling ampuh'/>
Pemasaran online melalui media internet adalah sebuah cara yang cukup cerdas dan terukur  bagi anda agar mampu melihat posisi bisnis yang anda miliki. Takarannya sederhana, yaitu dilihat dari seberapa banyaknya konsumen menemukan keberadaan anda. 


Tinggi rendahnya lalu lintas konsumen ini merupakan syarat mutlak dari sebuah proses penjualan, tapi sayangnya lalu lintas itu tidak secara bersamaan menggambarkan telah terjadi juga proses transaksi jual beli.  .

Sialnya masa sekarang ini,   sudah banyak toko online yang muncul ke permukaan hingga mau tidak mau anda akan terlibat dalam arus persaingan antar toko online tersebut. 

Saya yakin anda tentu ingin cepat-cepat keluar dari roda persaingan itu, bukan?

Kuncinya cuma satu yaitu adalah lalu lintas pemasaran. Banyak cara yang dapat diterobos pelaku-pelaku bisnis online dalam mendongrak lalu lintas di web onlinenya. 

Beberapa cara tersebut yang umum dilakukan adalah semisal  dengan optimasi situs dan konten blognya untuk mesin pencari, menggunakan system bayar per klik, atau membuat iklan-iklan kampanye melalui fans page pada media sosial.

Artikel lain
Panduan Optimasi konten blog untuk pembaca dan mesin pencari

Setelah tuntas menyelesaikan   urusan lalu lintas itu maka langkah selanjutnya, anda harus fokus untuk melayani pengunjung anda yang masuk ke situsnya, kendati itu hanya sebuah pertanyaan dan komentar-komentar sepele. Mengapa pengunjung situs harus dilayani ?
 
Tidak semua pengunjung yang datang ke situs anda tertarik 100 persen dengan produk yang ditawarkan, jadi dititik inilah  anda harus pintar membujuk mereka.
 
Tidak harus anda mengarahkan mereka untuk membeli produk. Meminta mereka berlangganan newsletter anda melalui email adalah bagian dari strategy pemasaran yang cukup baik.


Ada beberapa metode dan taktik yang terbukti secara online mampu  meningkatkan arus kunjungan pelanggan ke web online anda.  

Oleh karenanya anda harus mengambil waktu guna  merencanakan secara matang strategi pemasaran online di Internet.  

Jika tidak dilakukan juga, maka anda sudah membuat kesalahan fatal yang tak termaafkan yang bakal menguras  waktu, tenaga bahkan biaya yang dimiliki.   

Bahwa pemasaran di internet  berbeda dalam banyak segi dengan model pemasaran konvensional, tetapi tidak menutup kemungkinan juga ada beberapa   strategi yang tetap sama dan harus hadir dalam rangka pemasaran online. 

Komponen Kunci Pemasaran Online

Ketika sebuah transaksi pemasaran hampir terjadi dan kemudian tiba-tiba hilang begitu saja tak berbekas.  Apakah anda tahu apa musababnya terjadi hal seperti itu ?

Jawabannya adalah jalinan interaksi manusia anda yang mungkin kurang memuaskan atau bahkan mungkin buruk. 

Coba anda bayangkan sedetik saja, bagaimana ketika seorang konsumen memasuki toko dalam artian fisik,  mereka bertemu dan berinteraksi dengan karyawan di bagian penjualan.  

Saling bertatap muka secara langsung  dan lebih dari 90% membangun  komunikasi normal di antara keduanya. Namun situasi itu berbeda dan sulit didapatkan dalam model pemasaran online. 

Komunikasi verbal tidak bisa dilakukan, dan sebagai gantinya  dibantu dengan menggunakan sebuah aplikasi. 

Pertanyaan kuncinya yang harus anda tanyakan pada diri sendiri  adalah Bagaimana cara anda membangun interaksi  dengan  pelanggan potensial anda sehingga  memberikan efek balik dalam proses penjualan ?
 
Strategi Pemasaran Online

Mengingat keterbatasan dalam model pemasaran online dibanding model pemasaran konvensional, maka beberapa senjata pamungkas yang wajib anda kerjakan adalah :

#1. Menyediakan Foto/Video tentang produk
Bagian ini sudah tidak perlu diperdebatkan dan sah meyakinkan bahwa komunikasi  dapat terbentuk melalui alat indera mata. 

Foto atau video yang berkualitas oke, tentu akan memberikan pencitraan visual kepada pelanggan tentang bentuk, warna produk yang ditawarkan. Karenanya pastikan, foto / video itu dipaparkan secara jelas, tidak kabur serta apa adanya.

#2.Berbagi ke Sosial Media
Berkembang pesatnya pertumbuhan pengguna sosial media di jagat planet ini, maka menjadi daya ungkit yang sangat kuat dalam pemasaran online.

Tercatat di Kementerian Komunikasi dan Informasi bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sampai tahun 2015 sudah mencapai angka 63 juta orang dan 95 persen menggunakan internet untuk mengakses sosial media semisal, facebook dan twitter.

Jadi sangat konyol dan bodoh jika fasilitas sosial media tidak dilirik sebagai  pasar potensial yang memiliki peluang menjanjikan untuk meningkatkan pemasaran online.

Bagaimana caranya ?

Cara paling umum adalah dengan memperbanyak jumlah pertemanan di akun media sosialnya. Tetapi sayangnya, jumlahnya dibatasi sampai angka 5000 orang. 

Namun jangan kehilangan akal, cara gratisan lainnya adalah bisa juga dengan bergabung sebanyak mungkin lewat grup-grup sosial media yang sudah banyak berserakan.

Untuk cara paling efektif dan mampu menjangkau lebih banyak lagi calon pelanggan maka  anda sebaiknya menggunakan cara berbayar yakni membuat fans page  di akun media sosialnya yang kemudian membuat materi iklan yang mengarah pada situs online miliknya.
        
#3.Subcribe Email
Email dapat juga dijadikan pintu masuk untuk memperluas akses pemasaran online produk anda. Terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan oleh RR.Vidyawati NN dkk, disimpulkan  pemasaran melalui email internet memiliki signifikan terhadap pemrosesan informasi produk.

Artikel Lain
Kumpulan Skripsi

#4. Review Produk Pihak Ketiga
Review atau ulasan tentang produk anda dari pihak ketiga jangan disepelekan. Faktanya ulasan mereka ternyata dapat mempengaruhi keputusan seorang konsumen, jadi membeli atau tidak.

Ini terungkap dari sebuah hasil penelitian dimensional research sebagaimana diunggah di situs resminya, bahwa 90 persen keputusan konsumen  adalah akibat dari membaca ulasan dari sebuah produk.

<alt img src='gambar.jpg' width='100' height='100' alt='dimensional research'/>

Hal yang sama ditemukan juga pada hasil riset brigth lokal yang berlokasi di Amerika Serikat dan Kanada bahwa 79 persen opini konsumen dipengaruhi oleh sebuah ulasan bisnis.
<alt img src='gambar.jpg' width='100' height='100' alt='bright lokal'/>
Dengan mencermati fakta-fakta ini, maka strategi yang anda dapat terapkan adalah mintalah kepada seseorang untuk melakukan review produk anda. Akan lebih bagus lagi jika orang itu sudah menggunakan produk anda secara langsung.

#5. Membumikan Merk Dagang
Orang lain tidak akan pernah tahu apa merk dagang produk anda jika tidak ada yang memberitahukannya.
   
Dalam ilmu psikologi sosial proses ini disebut mere-exposure effect (efek paparan)  yaitu sebuah fenomena yang mana orang-orang cenderung mengembangkan pilihannya untuk memilih suatu merk karena mereka merasa familiar dan akrab.

Menurut hasil riset di sejumlah sumber dikatakan orang akan memilih sebuah merk dagang apabila terpapar sebanyak 4 kali. Kalau begitu tidak ada alasan lagi untuk tidak rajin-rajin mengiklankan produk anda.

Kesimpulan

Geliat model pemasaran online sudah bukan hal baru lagi di dunia marketing digital. Banyak pebisnis profesional berlomba-lomba untuk memasarkan produknya secara online. Bukan karena alasan sebuah gaya hidup, tapi alasan utamanya  modal yang dibutuhkan hanya kemampuan olah dua jari saja.

Namun di balik itu, anda harus disiplin menjalankan 5 strategi  seperti sudah dibeberkan sebelumnya agar diperoleh sebuah pemasaran online  yang betul-betul optimal.   

Baca juga
Trik Membuat Konsumen Tertarik Bisnis Online  Anda
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 comment:

  1. Yuk Gabung Di Indomonopoly http://bit.ly/2c8G2QW
    Tersedia Bonus Promo Menarik
    -Minilam Deposit 20.000 Idr & Withdraw 50.000 Idr
    - Komisi referral 50% (syarat ketentuan berlaku)

    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Live Chat Kami
    - Web : indomonopoly http://bit.ly/2c8G2QW
    - Facebook : http://bit.ly/2ckBw1t
    - BBM Pin : 5649B320
    - Line : hermilyrostan

    ReplyDelete

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...