[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: 3 PILIHAN MODEL BISNIS ONLINE
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Friday, October 28, 2016

3 PILIHAN MODEL BISNIS ONLINE

Pikiranku
Ketika sobat membuat sebuah produk, katakan prototipe kain dari limbah tahu kemudian salah seorang sahabat menganjurkan harus dipasarkan melalui bisnis online, kira-kira model bisnis seperti apa  yang akan sobat gunakan ?



Coba luangkan waktu sedikit saja guna mempertimbangkan beberapa pilihan model bisnis online yang terbaik berikut ini.


Artikel lain
Cara bisnis online tanpa modal

Model Bisnis Online 

Berbisnis online tak ditabukan lagi sejalan perkembangan dunia teknologi informasi sudah dianggap menu santapan  setiap hari. 

Sejauh diketahui ada tiga pilihan model bisnis  online yang kerap digunakan, seperti :
  1.     Menjual produk
  2.     Menjual Jasa layanan
  3.     Menjual informasi produk
Dari ketiga model bisnis online ini, sobat    bisa meraup untung dari ketiganya melalui  program afiliasi atau kerjsama. 

Menjual Produk 


Biasanya ketika disentil soal bisnis, maka setiap orang yang terbersit pertama kali dipikirannya adalah menjual produk. 

Ada benarnya, dan ini model bisnis online pertama yang bisa menjadi pilihan.  

Salah satu caranya dengan membuat  toko e-commerce  sendiri, bisa juga melalui situs lelang, atau bahkan bekerjsama dengan   pihak ketiga di mal online (seperti tokopedia, oxl, amazon).
 
Baca juga
Trik Membuat Konsumen Tertarik Bisnis Online Anda
Beberapa keuntungan menjual produk secara online jika dibandingkan melalui cara tradisional adalah :

Pelanggan atau pembeli dapat memeriksa langsung semua tawaran yang terkait dari produk sobat tanpa repot-repot ke tempat tinggal sobat. 
 


Untuk itu pastikan navigasi pendukung semisal video dan foto produk sobat harus disediakan.   

Namun kelemahan menjual produk seperti ini, produk itu harus benar dibuat (jangan menipu), butuh juga tempat penyimpanan seperti gudang. 

Belum lagi masalah soal tenaga kerja yang akan membantu pada saat pengepakan produk.
 
Menjual Jasa Layanan 


Ada dua cara dasar menjual jasa layanan dalam bisnis online. 

Proses penjualan model bisnis ini adalah dengan memperlakukan situs sebagai tempat untuk menampung informasi apa saja yang kira-kira dibutuhkan pelanggan. 

Artinya situs itu berfungsi sebagai sebuah etalase dan brosur bagi sebuah perusahaan tertentu. 

Sobat cukup menginformasikan kepada pelanggan di mana mereka akan menemukan barang yang mereka cari, lengkap dengan ulasan kelebihan, manfaat  barang tersebut serta nomor kontak atau emailnya.

Contoh sederhana,  menjual jasa  layanan ini seperti situs pemasaran tiket pesawat, tujuan wisata, hiburan, sewa domain/hosting.  
 
Keuntungan menjual jasa layanan online adalah dari segi biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan cara pertama menjual produk fisik.

Terlepas dari biayanya yang murah itu, model bisnis seperti ini lebih cepat dan lebih mudah untuk diterapkan dari pada harus  menjual barang.

Soal kerugian dari jasa layanan online, adalah hanya menyangkut tingkat persaingan yang tinggi terutama dari penggunaan kata kunci. 

Sehingga itu langkah awal untuk model bisnis jasa layanan online adalah melakukan riset kata kunci terlebih dulu untuk dipasang sebagai judul produk jasa yang ditawarkan.

Menjual Informasi Produk 

Menjual informasi sebuah produk   adalah model bisnis yang kebanyakan digunakan  para desainer atau  internet marketer. 

Bila sobat menggunakan model bisnis online dengan cara menjual produk atau jasa layanan maka biasanya akan selalu dijumpai pelbagai masalah.

Berbeda dengan model bisnis online yang ketiga ini,  seorang pemilik usaha  hanya dibatasi oleh kapasitas server web host miliknya. 

Produk informasi yang disediakan cukup  dikirim secara elektronik dan otomatis. Pun pembayaran dan faktur belanja secara otomatis ditangani hanya lewat keranjang belanja dan gateway pembayaran. 

Ada dua model penjualan informasi  yang biasa digunakan: 

#1 Download Bahan: 
Bentuk penjualan informasi tipe pertama berbentuk  e-book. Ada juga  bentuk lainnya seperti penjualan audio lagu  (MP3), video (MP4), lembar kerja berbentuk PDF maupun hasil-hasil penelitian. 
 
#2 Situs Keanggotaan: 
Kategori penjualan informasi seperti ini bisa sobat lihat pada beberapa situs koran nasional, semisal kompas.com yang menawarkan e-paper untuk berlangganan koran secara online.

Ada juga beberapa situs perjodohan yang menawarkan keanggotaan berbayar dari versi gratisan sampai ke tingkat premium.


Keuntungan menggunakan model bisnis tipe ketiga ini, adalah selain biayanya yang rendah, juga sobat mampu menangani sekaligus  jumlah pelanggan yang besar. 

Adapun kelemahannya,  menjual informasi produk membutuhkan usaha keras untuk meyakinkan pelanggan bahwa informasi produk yang diberikan itu adalah bermanfaat.

Kelemahan lainnya,  disebabkan  konten produk berbentuk digital maka akan sangat mudah untuk disalin atau dicuri orang lain. 

Untuk itu  sobat perlu  berpikir tentang bagaimana melindungi konten produknya dari aksi pencurian keji.
 
Yang perlu sobat pahami pelanggan  tidak bersedia membayar untuk sebuah informasi ecek-ecek yang tidak mampu memecahkan masalah mereka.

Hingga itu menjadi begitu penting sobat menyediakan informasi yang berkualitas, utuh menyeluruh sampai ke taraf pemecahan masalah.

Jadi kembali ke pertanyaan soal kain dari limbah tahu tadi. Apa model bisnis yang akan sobat gunakan ? 

Apakah menjual produk berupa kain yang dikemas, digudangkan dan akhirnya dikirim ke pemesan di seluruh dunia. 

Konsekuensinya sobat membutuhkan dana segar yang cukup guna   mendirikan pabrik walau itu cuma berskala mini.

Pilihan kedua apakah sobat hanya menjual jasa layanan saja seperti resep atau cara membuat kain dari limbah tahu.  Dengan tambahan pelatihan secara gratis ke mereka tentunya tentang cara membuatnya.

Pilihan ketiga apakah sobat berniat menjual produk informasi saja. Mungkin ini agak sedikit rumit  karena sobat harus menulis sebuah ebook sederhana yang isinya akan mengajarkan proses dan bahan-bahan tentang cara membuat kain dari limbah tahu itu.

Kesimpulan

Bisnis online tak bisa dinafikan sudah menjadi trend yang banyak digeluti pebisnis era masa kini. 

Ada 3 pilihan model bisnis online yang kerap mereka gunakan, yang kesemuanya memiliki keuntungan  dan kelemahan masing-masing.

Bagi seseorang yang cukup tajir dan memiliki modal melimpah ruah maka pilihan model bisnis yang pertama layak dipertimbangkan.

Akan tetapi bagi yang tidak memiliki modal sama sekali maka cukup gunakan model bisnis online tipe kedua atau ketiga saja.

Baca juga
Kumpulan Ide Bisnis, Peluang Usaha Terbaik
   
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...