-->

Kamis, September 08, 2016

KUMPULAN IDE BISNIS, PELUANG USAHA TERBAIK

ide bisns, peluang usaha
Kalau anda mau kaya jangan jadi karyawan dan sejenisnya tapi pilihlah pekerjaan sebagai pengusaha, atau dunia bisnis begitu kalimat yang selalu saya dengar selama bertahun-tahun. Masalahnya untuk jadi seorang pengusaha setidaknya anda harus ada niat dan ide bisnis atau peluang usaha yang kuat.

Kenapa harus ada niat ?

Niat akan mewakili motivasi terkuat dalam diri sehingga akan mampu bertahan lebih lama untuk menjalankan usaha yang ada sudah tekuni.   

Setelah punya niat, maka langkah selanjutnya mencari ide bisnis atau peluang usaha  yang kira-kira menjanjikan untuk dapat meraup keuntungan.

Baca juga :  
17 cara konyol mencari ide 

Penilaian Blog

Ada banyak sumber ide yang dapat anda ketahui untuk melihat ide bisnis dan peluang usaha itu, salah satunya melalui informasi lewat situs atau blog yang banyak bertebaran di internet. 

Kalau mau diikuti, tidak semua blog  membahas secara lengkap dan terinci ide bisnis dan peluang usaha yang mereka tawarkan. 

Kebanyakan tulisan yang mereka sajikan hasil copy paste dari situs sejenis, bukan murni hasil pemikiran atau pengalaman sendiri sehingga rata-rata isi artikel ulasannya tidak mendalam.

Nah disini, anda perlu berhati-hati, jangan termakan informasi sesat yang berkesiuran itu. 

Saya akan membantu anda dengan memberikan referensi yang masuk akal, blog mana yang layak untuk dipercaya ide bisnis, peluang usaha yang ditawarkan.

Ini merupakan sebuah hasil pengamatan mendalam yang saya lakukan selama kurang lebih sebulan dengan melihat  tingkat popularitas blog, jumlah kunjungan serta tingkat kedalaman content atau isi artikel yang mereka tulis

Kriteria penilaian isi artikel mendalam atau tidak, akan dilihat apakah sampai membahas analisa biaya manfaat ide bisnis atau peluang usaha yang ditawarkan itu, yaitu suatu ukuran yang sering dipakai para ahli ekonom un

10 blog  Ide Bisnis, Peluang Usaha

1. Portal-Uang.com
Situs yang satu ini dalam kacamata alexa menempati rangking sangat bagus, 66.576 secara global dan untuk di indonesia berada di posisi 1.156. Artinya situs ini sangat populer, banyak dikunjungi dan memiliki ribuan pembaca setia, 11.050/hari (statshow.com)

Kenapa banyak dikunjungi ?
Ini ada pengaruhnya dari niche yang diusung dan tanpa membacanya lebih jauh, jelas memberikan signal bahwa pemiliknya (Gee Jhon) sering menulis seluk beluk yang berkaitan dengan uang.

Menariknya, tata cara penyajian artikelnya sangat tajam dan mendalam seolah-oleh memberi kesan bahwa sang pemilik situs ini adalah kalangan profesional.
 
Sayangnya di menu label peluang usaha belum ada satupun artikel yang menyajikan artikel menyangkut ide peluang usaha secara offline. Sudah begitu analisa ke layakan usaha yang ditawarkan belum ada sama sekali.

Namun pada label bisnis online dan bisnis afiliasi, ada rupa-rupa artikel yang membahas ide bisnis. Tampaknya, pemilik situs ini cenderung lebih tertarik  dengan ide bisnis berbasis online.

Kalau anda punya minat menekuni bisnis online , situs ini layak anda baca dengan sungguh-sungguh.

2. Panduanim.com

Dalam pandangan alexa, situs ini rangkingnya lebih baik dari situs sebelumnya 51.662 secara global dan di indonesia mendapat rangking 916. 

Artinya status situs ini sangat populer juga dengan pengunjung yang berjubel kurang lebih 9444 orang/hari (statshow.com).

Masih tidak berbeda jauh dengan situs pada point nomor 1, situs ini juga condong membahas berbagai panduan termasuk untuk  bisnis online. 

Namun dari segi jumlah artikel yang ditulis pemiliknya masih relatif kurang bila dibanding situs portal-uang.com. Namun diujung lain materi ide bisnis online yang disajikan cukup mendalam dan tajam juga disertai contoh-contoh yang masuk akal.

Namun, tidak berbeda jauh dari situs sebelumnya,  ide bisnis online yang ditawarkan belum cukup mendalam dan sampai pada analisa biaya manfaat.

Kalau sekedar membaca, ide bisnis, tidak ada salahnya anda pertimbangkan untuk mengunjungi situs yang satu ini.

3.sugeng.id

Situs ini lebih populer lagi dengan rangking 47,957 secara global menurut versi alexa. Adapun untuk Indonesia 997.

Jumlah pengunjung setiap hari yang membuka situs ini mencapai 10.254 (statshow.com) 

Sayangnya, titik berat ide bisnis yang banyak ditulis masih berkutat seputar bisnis online juga. Untuk ide berbisnis secara off line hampir tidak ditemukan dalam semua artikelnya.

Artinya, jika anda tertarik berbisnis secara online, maka situs ini juga dapat anda kunjungi. Tata cara penyajiannya sih, tidak terlalu menyengat dan mendalam, seperti juga yang saya temukan pada dua blog sebelumnya, masih datar-datar saja. 

4. juragancipir.com

Kalau dibilang tidak populer situs ini, anda salah besar. Coba lihat rangking globalnya menurut ukuran alexa 45.475, adapun untuk Indonesia 1.018.

Terbukti dengan jumlah pengunjung hariann ya yang membludak hingga mencapai 11.880 (statshow.com).

Artinya banyak orang menyukai blog ini padahal usianya baru 2 tahun sejak dirilis 2014 silam.

quot;helvetica" , sans-serif"> Untuk masalah ide bisnis, banyak d ikupas dalam dengan tags, bisnis modal kecil , bisnis rumahan, wirausaha modal kecil. Ragam ide bisnis yang ditawarkan cukup banyak, namun sayang tidak cukup mendalam, detail dan rinci.

Kalau anda sekedar mencari ide bisnis, tidak mengapa juga untuk membaca ide bisnis yang dibeberkan  dalam blog ini.

5. kampungwirausaha.com

Dari namanya saja, orang akan mahfum situs ini banyak membahas seputar wirausaha. Dan benar sekali, sebagaian besar artikel yang ditulis diblog ini menyangkut kegiatan wirausaha.
 
Jumlah kunjungan blog ini, cukup lumayan, ada di angka 739 orang/hari dengan rangking global versi alexa 880.637 dan rangking Indonesia 17.336

Ada yang menarik dari blog ini, yaitu menyediakan kategori ide bisnis dan peluang usaha.  Sayang, artikel yang diangkat, ulasannya masih tidak begitu mendalam juga.

Jadi, kalau hanya sekedar meraba-raba peluang usaha dan ide bisnis maka blog ini bisa anda kunjungi. 

Namun dengan catatan, setelah membaca artikel dii blog ini,  anda saya sarankan harus menambah asupan pengetahuan dengan mencari tambahan informasi di blog lain.

6. idepeluangbisnis.info


Ini di blog yang benar-benar memfokuskan penulisan artikelnya pada ide bisnis. Niche atau jargon yang diusung sudah terpapar seterang matahari siang bolong dari domainnya.

Bagaimana dengan soal  popularitasnya ?


Hasil penelusuran di alexa, popularitasnya cukup menjanjikan ada di  1,154,621 untuk rangking global dan  30,517 untuk rangking Indonesia. Pengunjung hariannya cuma 269 orang. 

Tingkat kedalaman artikel yang ditulis menyangkut ide bisnis atau peluang usaha dalam kategori menengah.

Rata-rata isi artikel di blog ini tidak dijelaskan secara rinci sampai pada level cara membuatnya, tehnik pemasarannya atau bahkan peluang pasar yang terbuka.


7. infopeluangusaha.org

sepintas domain blog yang ini hampir sama dengan yang ada dipoint nomor 6, itu benar, tapi sesungguhnya ada yang berbeda.

Rangking  blog
yang diawaki anton sunaryo ini cukup bagus, secara global menurut versi alexa 390.793, adapun untuk Indonesia 7.515. Artinya bisa diasumsikan blog ini cukup populer dan ramai dikunjungi orang.

Sayang saat ditest lewat statshow, jumlah kunjungan hariannya tidak terlacak. 


Menu yang dikemas dalam blog ini tidak banyak,hanya inspirasi usaha, bisnis online dan usaha kuliner.

Tapi walau sedikit, cara penyajian dan sudut pandang penulisannya sangat mendalam sampai pada level kelayakan usaha.


Ini cara yang sangat disarankan para ahli ekonom ketika hendak memilih usaha, pastikan usaha itu cukup layak dengan menggunakan beberapa formula rumus, terutama menyangkut analisa biaya manfaat atau benefit cost ratio.


Kalau anda, ingin benar-benar serius membangun usaha maka pilihan ide-ide bisnis di blog ini layak anda baca sepuas-puasnya.


8. marketing.co.id
Blog yang satu ini niche utamanya ada dalam dunia marketing atau pemasaran.

Tingkat popularitasnya sangat bagus, setelah ditelusuri melalui alexa. rangking blognya secara global ada diposisi 187.481 dan untuk Indonesia 3.299. Adapun jumlah kunjungan tiap hari mencapai angka 3.978 (statshow.com)

Khusus untuk bagian ide bisnis atau peluang usaha sudah tersedia yang dikemas dengan kategori dunia UKM menu ide bisnis.


Setelah saya coba cermati, ternyata ide-ide bisnis yang dibahas belum juga begitu mendalam sebagaimana saya temukan di blog atau situs lainnya.


Dipaparkan secara sederhana dengan basis logika sehat yang mudah dicerna manusia waras.


Apakah ini cukup layak di baca ?


saya pikir, bisa juga, tapi anda mesti menghitung sendiri untuk urusan kelayakan usahan ya.


9.bisnisusaha.info

Blog yang satu ini membuat saya tercengang-cengang. Pasalnya, saya yang diawal begitu pesimis ada blog yang mau membahas analisa suatu usaha, tetapi akhirnya saya temukan juga.

Blog ini membagi 6 kategori atau label penulisan artikel yakni bisnis online, bisnis jasa dan sewa, peluang usaha, bisnis makanan dan minuman, bisnis pertanian dan peternakan serta modal dan kredit.

Penampilan blog layoutnya sangat sederhana dan tidak menarik, hitam putih. Tapi jangan di kira tidak populer.

Ini terbukti dari hasil investigasi saya di alexa, rangking blog globalnya mencapai 141.866, adapun untuk rangking di Indonesia 4.266. Jumlah kunjungan tiap hari baru 814 orang karena blog ini baru dibuat setahun silam.


Bagi anda yang sudah kepincut untuk memulai bisnisnya, saya pastikan anda tidak akan kecewa berat jika membaca dulu artikel dalam blog ini.


Usaha yang akan anda rintis nantinya kemungkinan besar bisa berhasil.


10.pugago.id

Situs ini terfokus ulasannya di ranah usaha dan turunannya. Jadi seluk beluk usaha bagi kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar baik itu yang tinggal di desa dan di kota banyak diangkat di blog ini.

Soal populer,  lumayan.  Pasalnya menurut alexa.com rangking globalnya 642.360  adapun rangking Indonesia 14.481.  Menurut statshow.com jumlah pengunjungnya 648/tiap hari.

Soal kedalaman pembahasan artikel ide bisnis atau peluang usahanya, setelah klik sana sini tidak ditemukan sama sekali.

Artinya saya mau bilang disini, ide bisnis atau peluang usaha belum tentu dapat memberikan hasil maksimal kalau tidak ada hitung-hitungan diawal menyangkut kelayakan usahanya.

Masih sama dengan blog lainnya, ide-ide yang ditawarkan di blog ini layak anda baca tapi masih butuh informasi tambahan di situs lainnya kalau sudah punya niat merintis usaha.

Kesimpulan

Mencari ide bisnis dan peluang usaha yang bagus, menjanjikan dan terutama dapat membantu keuangan sangatlah tidak mudah.

Informasi yang tersedia di dunia maya sebetulnya cukup banyak, tapi apakah itu layak untuk kita ikuti, tunggu dulu. Perkaranya ada resiko yang harus kita tanggung.

Untuk itu setiap informasi yang kita terima entah di baca atau didengar harus disaring terlebih dahulu. 

Begitupun halnya untuk perkara ide bisnis atau peluang usaha yang ditawarkan, disar ing menggunakan  pisau bedah study kelayakan yang banyak disarankan ahli ekonom.

10 blog papan atas yang sudah secara lugas dan gamblang saya papar kan  sebelumnya lengkap kelebihan dan kekurangannya masing-masing layak untuk anda baca.

Setelah membacanya, kalau sudah yakin 100 persen ide bisnis dan peluang usaha bisa menopang hidup anda, mulailah. 
 
Baca juga
Bagikan artikel ini