-->

Sabtu, Juni 11, 2016

HEBOH BINATANG ANEH


HEBOH  BINATANG ANEH
Tagline luwak kopi, sudah bukan hal baru yang kita dengar. Hampir disudut manapun kota maupun bangunan, kita akan sangat  mudah menemukan propaganda produk yang satu ini.  Memang  diakui, begitu gencar dan  hebatnya   sang empu pemilik usaha luwak kopi itu berbusa-busa mempromosikan produk luwak kopi.  Lantas, apa sih hebatnya luwak kopi itu dibanding kopi kapal api atau produk kopi lainnya ? 

Konon katanya yang membedakan luwak kopi dengan kopi dengan merk dagang lain adalah pada proses pengolahan kopi itu sendiri. Luwak sendiri merupakan nama sebuah hewan atau binatang dari keluarga musang  yang punya kebiasaan suka makan buah kopi. 
 
Binatang satu ini memang terkenal dengan insting memilih biji-bijian yang baik sehingga bisa diklaim biji apapun yang dimakan oleh hewan ini tentunya sudah pasti adalah biji terbaik termasuk untuk biji kopi sendiri.
 
Baca juga

Namun saat saya jalan-jalan ke perkebunan kopi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ternyata tidak hanya hewan luwak saja yang suka makan buah kopi, ada juga hewan yang oleh masyarakat pemilik kopi menyebutnya dengan hewan kuse sebagaimana pada foto yang nampak. 
 
Alih-alih saya berpikir mungkin ini yang disebut binatang kus-kus, tapi ternyata secara fisik cukup berbeda. Lantas hewan apa ini yang punya kebiasaan mengulum buah kopi yang sudah merah dimulutnya.  Ini merupakan tantangan bagi ahli fauna untuk meneliti lebih lanjut. Yang jelas campur tangan hewan ini dalam proses pengolahan biji kopi  sangat membantu sekali dan bisa masukkan sebagai bagian dari kegiatan pengolahan kopi organik.

Jangan lewatkan baca juga  apa sih pertanian organik itu
Bagikan artikel ini