[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: TEHNIK NEGOSIASI
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Thursday, June 02, 2011

TEHNIK NEGOSIASI

Mungkin anda terkadang banyak terlibat aktivitas bisnis sehari-hari entah itu bersifat transaksi langsung maupun tidak langsung. Tentunya anda menginginkan keuntungan dalam transaksi bisnis tersebut walau terbilang kecil nilainya. Untuk itulah perlu di pahami kiat kita khusus dalam memenangkan sebuah transaksi apakah anda posisinya sebagai penjual maupun sebagai seorang pembeli. 


Pentingnya hal ini di ketahui agar di peroleh posisi harga yang menguntungkan, seorang penjual pasti mengingingkan harga jual yang setinggi-tingginya dan di sisi lain seorang pembeli menginginkan harga yang serendah-rendahnya. Untuk mempertemukan kedua keinginan yang berbeda ini bagia langit dan bumi tentunya di perlukan trik khusus yaitu :
1. Pengenalan produk
Saat melakukan transaksi sebaiknya anda mempunyai informasi awal tentang produk yang akan anda jual ataupun anda beli, baik itu bentuknya, bahan bakunya, fungsinya dsb. Dengan mengetahui secara pasti tentang produk tersebut maka pada saat transaksi hal-hal tersebut dapat menjadi bahan untuk di negosiasikan. Dari sudut penjual dalam mengemukakan kelebihan kelebihan produk yang di miliki di banding produk sejenis sehingga tentunya mampu mendongkrak harga jual barang tersebut. Adapun dari sudut pandang pembeli dengan mengetahui misalnya kekurangan produk tersebut dapat menjadi bahan penawaran kepada penjual guna menurunkan harga jual yang di tawarkan.
2. Pangsa Pasar.
Cakupan pangsa pasar meliputi siapa pengguna terbanyak dari produk yang akan di transaksikan, di mana biasanya dapat di peroleh, serta jenis produk sejenis apa saja yang banyak beredar. Prinsipnya dengan menguasai tiga informasi tersebut maka seorang penjual tentunya akan meminalisir informasi seputar tiga hal tersebut sehingga akan terbangun opini pada pembeli bahwa produk ini tersedia dalam jumlah yang sedikit dan sangat susah di peroleh. Akibatnya memberikan peluang bagi penjual untuk mempertahankan harga jualnya. Namun bagi seorang buyer yang mampu menguasai ketiga informasi tersebut akan memungkinkan melakukan penawaran terhadap harga yang di tawarkan dan pada akhirnya akan di peroleh harga kesepakatan.

Demikian sekilas trik bernegosiasi yang baik, semoga bermanfaat sob.



Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...