-->

Minggu, Juni 05, 2011

PENYEBAB DAN CARA MENYEMBUHKAN PENYAKIT ASAM URAT

Pikiranku
Pernahkah merasa ngilu di persendian ? jangan langsung kita menganggap penyakit asam urat, ini rupanya sudah menjadi semacam mitos dalam masyarakat, lebih lebih lagi keadaan ini diperkuat dengan adanya iklan dari pabrik jamu dan untuk memastikan gangguan kesehatan ini apakah asam urat, diperlukan pemeriksaan laboratorium.

Jadi tidak  semua nyeri sendi atau sendi bengkak itu adalah penyakit asam urat. Yang dimaksud penyakit asam urat adalah kristal-kristal asam yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin, purin ini terdapat pada tubuh kita secara normal dan dapat dijumpai pada makanan yang terutama berasal dari tanaman atau hewan. 

Apa saja makanan itu ?

Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa meningkatkan asam urat, nanti akan saya golongkan dibagian akhir tulisan ini.

Yang paling inti sebetulnya setiap orang  mempunyai asam urat, karena asam ini merupakan hasil dari metabolisme normal, tetapi kadarnya harus dijaga dan tidak boleh sampai kelebihan. 

Normalnya tubuh kita hanya memerlukan sekitar 15% tambahan purin, sedangkan sisanya tubuh bisa menyediakan sendiri.

Kalau kita terlalu banyak makan makanan yang mengandung purin, maka kadar asam urat akan melebihi kadar normal, yaitu diatas 7 mg/dl.  

Ini akan mengakibatkan sendi ngilu dan bengkak, yang paling khas adalah sendi yang terkena yaitu sendi ibu jari kaki (podagra).
 
Makanan penyebab asam urat

Tentang penggolongan makanan yang mengandung asam urat seperti sudah saya utarakan tadi, dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu

I. Golongan Makanan yang mengandung purin tinggi :
Jerohan ( Hati, Ginjal, Otak , Jantung, Paru, Usus, dll ), Golongan Ikan Laut ( Udang,tongkol, sarden, tengiri, kerang, kepiting, lobster, cumi cumi, remis,dll ), Ekstrak Daging (abon, dendeng ), Ragi/ tape, Makanan kalengan dan makanan yang mengandung alkohol.

II. Golongan makanan yang mengandung purin sedang :
Daging sapi, kacang kacangan, kol, bayam, kangkung, buncis, daun singkong, daun pepaya, jamur, asparagus.

III. Golongan makanan yang mengandung purin rendah :
Buah buahan, sayur mayur, susu, telur, keju.

Jadi bagi anda yang mempunyai kadar asam urat lebih dari 7 sebaiknya menghindari makanan yang mengandung purin tinggi dan membatasi/mengurangi makanan yang mengandung purin sedang, sehingga sendi sendi anda akan selalu ok 

Menyembuhkan Penyakit Asam urat 

Persoalannya sekarang dalam dunia medis, penyembuhan penyakit yang satu ini tidak ada. Kalau cuma sekedar meringankan, itu banyak obatnya. 

Pilihan satu-satunya untuk mengatasi  penyakit ini hanya lewat pengobatan alternatif atau biasa diistilahkan dengan herbal.  
Bagikan artikel ini