[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: TIPS MENGATASI BAU MULUT
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Saturday, June 04, 2011

TIPS MENGATASI BAU MULUT

Pikiranku
Banyak sekali orang yang mengalami keluhan gangguan kesehatan ini, yaitu bau mulut tidak sedap (Halitosis), bau mulut ini biasanya disebabkan adanya gangguan didalam rongga mulut, rongga hidung atau didalam tenggorokan. Bila gangguan tersebut tidak dihilangkan tentunya bau mulut yang timbul tadi tidak akan bisa hilang sendiri.


Penyebab mulut berbau
 
Gangguan yang sering terjadi didalam rongga mulut adalah Karang gigi (Calculus ), meskipun sudah disikat berkali-kali karang gigi ini susah hilangnya, selain dicongkel dengan alat khusus oleh dokter gigi:). 

Karang gigi ini dapat mengakibatkan gangguan gigi dan gangguan gusi dan seringkali memancarkan bau yang tidak sedap. Gangguan lain yang sering terjadi pada rongga mulut adalah sariawan atau Stomatitis dan gigi berlubang( Caries Gigi ).

Gangguan pada rongga hidung yang sering terjadi adalah hidung tersumbat karena pilek menahun (Polip)


Biasanya gejala yang sering timbul adalah bersin-bersin dan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sedangkan pada rongga tenggorokan yang paling sering terjadi adalah Radang amandel atau amandel yang terinfeksi sehingga mengeluarkan bau busuk.

Penyebab lainnya yang berasal dari pencernaan adalah buang air tidak teratur atau adanya penyakit di lambung juga bisa menyebabkan keluarnya bau mulut yang tidak sedap.

Jadi kira-kira mana penyebabnya diantara sekian banyak penyebab. Tentunya harus memeriksakan diri ke dokter sehingga anda akan tahu apa penyebabnya dan bau mulut akan hilang dengan sendirinya. 


Mengobati bau Mulut

Untuk mengobati penyakit bau mulut tidaklah terlalu sulit tapi tidak juga terlalu gampang. Beberapa cara yang dianjurkan oleh para dokter seperti :
  1. Berkumurlah dengan cairan kumur yang kadar alkoholnya di bawah 25%.  
  2. Selalu konsumsi air putih, minimal 8 gelas/hari
  3. Jangan merokok
  4. Selalu konsumsi buah-buahan dalam porsi banyak, semisal apel, anggur
  5. Minum teh hijau 2 gelas/hari. Diketahui teh hijau mengandung catechin yang berfungsi dapat menghilangkan karang gigi serta membunuh kuman bau mulut. 
  6. Rajin pergi ke dokter gigi untik memeriksa kesehatan  gigi anda.
Baca juga : Tips mengobati susah BAB
Share artikel to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg

No comments:

Post a Comment

BERIKAN KOMENTAR SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...