-->

Kamis, November 30, 2017

CARA KELUAR DARI GOOGLE SANDBOX,

"cara keluar dari google sandbox"
Saat saya menulis posting pada blog ini masih dalam  google sandbox alias masuk dalam perangkap pasir hisapnya search engine nomor wahid. Memang cukup membuat pening kepala mencari trik yang tepat untuk keluar dari google sandbox, dan umumnya trik yang di tawarkan para komunitas bloger rada beragam. 

Apa penyebabnya sehingga masuk dalam google sandbox ini dia yang mau saya bagikan disini. Namun sebelum melangkah ke sumber penyebabnya itu, penting untuk kita tahu darimana kita tahu blog kita masuk ke google sandbox.

Sebab masuk google sandbox
 
Pangkal soalnya karena baru belajar membuat blog, tersebab keingintahuan yang besar untuk dapat membuat blog sendiri maka banyak hal yang suka saya utak-atik, seperti :
  1. Mengedit template dengan tambah kurang rupa-rupa script,
  2. Merubah warna tampilan blog.
  3. Posting artikel sebanyak mungkin
  4. Mencari backlink gratisan 
  5. Merubah judul posting semau-maunya
  6. Copy paste artikel orang lain
6 hal itu saya lakukan kurang lebih sebulan dan pada bulan berikutnya, saat saya coba search alamat blog saya di google, alhasil tidak muncul lagi dan pindah ke google sandbox.

Kaget luar biasa mengetahui hal ini dan saya bingung apa penyebabnya sampai hilang begitu saja alamat blog saya. Ibarat pasir yang dihantam banjir bandang, hilang tak berbekas.

Keluar Google Sandbox
   
Akhirnya setelah membaca sekian banyak artikel yang berhubungan dengan sandbox maka beberapa langkah yang saya lakukan adalah :

 Mencari tahu posting mana saja yang tidak terindeks google (manfaatkan diagnosis crawl error webmaster)
  1. Hapus url link dengan menggunakan google console
  2. Hapus url blog pada sitemap  dan submit kembali beberapa hari kemudian (4 hari)
  3. Lakukan perubahan pada posting yang masuk dalam sandbox google dengan mengedit ulang tulisan dan memperbanyak inbound link (link internal antar posting)
  4. Membuat halaman utama blog 
  5. Melakukan ping kembali pada beberapa search engine 
  6. Mencari backlink berkualitas untuk di arahkan pada halaman utama blog
  7. Membuat posting baru untuk di buat link pada artikel yang masuk dalam sandbox
  8. Melakukan blogwalking pada situs yang memiliki niche yang sama
Baca juga
Dilema blogger memilih tips dan trik terbaik

Itulah beberapa trik yang saya gunakan untuk keluar dari masalah google sandbox. Berapa lama saya bisa keluar ? cukup lama juga berkisar 6 bulan.
 
Bagi para bloger yang budiman dapat belajar dari beberapa kesalahan yang saya lakukan sehingga tidak akan masuk dalam google sandbox.

Hindari 3 hal penting berikut ini yang menjadi sumber petaka masuk dalam google sandbox.
  1. Melakukan optimasi blog habis-habisan seperti melakukan posting yang berlebihan dan mencari backlink yang banyak pada blog yang memiliki PR tinggi
  2. Sering merubah judul (title) blog yang sebelumnya sudah di iklankan pada berbagai jasa periklanan gratis
  3. Sering mengutak-atik script keyword meta tag
  4. Mengambil artikel orang lain yang sudah di posting
Semoga kesalahan yang telah saya lakukan jangan terjadi pada blog anda, apa gunanya melakukan posting artikel tapi tidak terindeks search engine. Kesabaran membangun blog adalah kunci utamanya.
    Bagikan artikel ini