[Valid Atom 1.0] PIKIRANKU: MANFAAT JAMUR TIRAM
IKUTI KAMI DI SOSIAL MEDIA

Selasa, Mei 10, 2011

MANFAAT JAMUR TIRAM

Pikiranku
Kandungan protein jamur tiram rata-rata 3,5-4% dari berat basah. Ini berarti jumlahnya dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Bila dihitung dari berat kering jamur tiram kandungan proteinnya adalah 19-35%, sementara beras 7,3%, gandum 13,2%, kedelai 39,1% dan susu sapi 25,2%.

Jamur tiram juga mengandung sembilan asam-asam amino esensial yang tidak bisa disintesis dalam tubuh yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin. Kandungan lemak jamur tiram setidaknya 72% dari total asam-asam lemaknya adalah asam lemak tidak jenuh. 

Jamur tiram juga mengandung sejumlah vitamin penting terutama kelompok vitamin B, vitamin C dan provitamin D yang akan diubah menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Kandungan vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol)-nya cukup tinggi.Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jamur seperti kolesterol dan asam urat.

Jamur juga merupakan sumber mineral yang baik karena dibudidayakan pada umumnya dengan pola organik, Kandungan mineral utama yang tertinggi adalah kalium (K), kemudian fosfor (P), natrium (Na), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). 

Namun, jamur juga merupakan sumber mineral minor yang baik karena mengandung seng, besi, mangan, molibdenum, kadmium, dan tembaga. Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Mg mencapai 56-70 persen dari total abu, dengan kandungan kalium sangat tinggi mencapai 45 persen. 

Jamur tiram ini pada prinsipnya mudah dimasak menjadi berbagai jenis hidangan, dari tumis, salad, tempura, sup sampai hidangan lain yang lebih kompleks. 

Baca juga Pemasaran jamur tiram 

Share artikel to: Facebook Google+ Linkedin Digg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERIKAN KOMENTAR YANG SOPAN DAN SESUAI ISI ARTIKEL YANG ADA,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...